5 Tips Bedakan Mainan yang Aman dari Produsen Lem Aman untuk Mainan Anak Crossbond

0
633

Bagaimana cara membedakan mainan anak yang aman dan yang bahaya? Untuk pembaca yang khawatir dengan kesehatan buah hatinya, yuk simak tips dari produsen lem aman untuk mainan anak Crossbond ini.

Dewasa ini, trend penggunaan mainan kayu semakin disukai masyarakat. Mainan kayu dianggap lebih aman dibanding mainan plastik. Padahal kenyataannya belum tentu demikian. Kayu yang digunakan jelas tidak membahayakan. Namun bagaimana dengan cat dan lemnya? Sebab kedua substansi tersebut juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Jadi, baik membeli mainan kayu maupun mainan plastik, ada baiknya tetap waspada. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda andalkan dari manufaktur Crossbond yang khusus menghasilkan produk-produk “green”.

5 Tips Penting dari Produsen Lem Aman untuk Mainan Anak Crossbond

SNI dan Standar yang Lebih Tinggi

Di Indonesia, regulasi mengenai mainan sebenarnya sudah diterapkan. Sehingga kita bisa memanfaatkan label-label SNI atau Standar Nasional Indonesia. Akan lebih baik lagi bila kita mengandalkan standar yang lebih tinggi seperti standar internasional atau standar dari negara-negara yang regulasi keamanannya ketat (misalnya EPA Amerika Serikat).

Bau Menyengat dari Mainan Berbahaya

CS Lem Kayu

Percaya tak percaya, seringkali bahan-bahan berbahaya memiliki bau menyengat. Terutama bahan dari golongan solvent. Sayangnya, seringkali solvent digunakan dalam pembuatan mainan anak, misalnya sebagai pelarut pada lem dan catnya. Sehingga salah satu cara termudah memilih mainan yang aman secara fisik ialah memilih yang tidak memiliki bau menyengat bahkan ketika mainan tersebut masih baru.

Simak Labelnya

Pada label mainan memang tidak selalu dijelaskan mengenai keterangan keamanan maupun bahan pembuatnya. Namun beberapa menuliskan beberapa kriteria seperti ada BPA-free (biasanya untuk mainan plastik) hingga water based.

Tanyakan pada Customer Service

Bila Anda ragu, jangan sungkan bertanya pada pihak produsen mainan kayu. Bila produk mereka memiliki standar keamanan yang baik, maka penjelasan yang diberikan pasti memuaskan dan mudah didapat

Faktor Harga

Seringkali kita tergiur dengan harga mainan yang murah. Padahal, harga tak selalu berkorelasi dengan kualitas keamanan sebuah produk. Mainan yang murah belum tentu aman. Namun mainan yang mahal pun belum tentu keamanannya terjamin. Jadi jangan terlalu fokus pada faktor ini.

mainan kayu

Demikian beberapa tips memilih mainan yang aman dari produsen lem aman untuk mainan anak Crossbond. Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here