Ciri Lem Aman untuk Mainan Anak yang Perlu Anda Tahu

0
819

memainkan mainan

Pada berbagai artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai pentingnya menggunakan lem aman untuk mainan anak. Tetapi bagaimana sebenarnya cara untuk memilih produk tersebut? Bagaimana membedakan lem yang aman dengan yang toksik? Setidaknya ada dua ciri yang bisa kita andalkan dengan mudah.

2 Ciri Lem Aman untuk Mainan Anak yang Aman

Dilarutkan dengan Air

Berbagai zat yang ada di alam, baik sintetis maupun non sintetis bisa dibedakan menurut kelarutannya, yakni larut air dan larut solvent (pelarut sejenis thinner, spiritus, bensin, dan sejenisnya). Ditinjau dari keamanannya, solvent jauh lebih membahayakan dibanding air. Solvent mengandung zat-zat seperti benzena yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Oleh sebab itulah salah satu cara mudah membedakan lem yang aman dan yang tidak adalah dengan mendasarkan pada pelarutnya. Meski demikian, harus diperhatikan juga bahwa tidak semua lem berbasis air aman digunakan. Namun secara umum, lem jenis tersebut lebih baik dibanding lem solvent based.

Tidak Berbau Menyengat

Salah satu zat membahayakan yang dikenal manusia adalah volatile organic compound (VOC) atau senyawa organik mudah menguap. VOC banyak terkandung dalam pelarut solvent maupun secara terpisah digunakan dalam lem. Untuk mengenali keberadaan VOC salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencium baunya. Bila lem berbau menyengat, ada kemungkinan adhesive tersebut mengandung solvent sehingga berpotensi membahayakan kesehatan. Namun agar lebih meyakinkan, ada baiknya Anda menyelidiki lebih lanjut. Misal dengan membaca keterangan pada labelnya.

Selain Ciri Fisik

CS Lem Kayu

Selain ciri-ciri fisik yang bisa kita perhatikan secara langsung, kita juga bisa mengandalkan beberapa hal di bawah ini.

  1. Ada label yang menyatakan aman
  2. Tidak terdapat substansi berbahaya seperti formalin pada keterangan produk.
  3. Lem PVAc. Lem PVAc dan turunannya (misal resin alifatik) secara umum lebih aman meski tingkatannya berbeda-beda. Misal Crossbond yang memiliki standar keamanan food grade. Lem PVAc lain belum tentu memiliki tingkat keamanan food grade (aman untuk mengelem alat makan dan produk seperti mainan anak).

crossbond lem aman untuk mainan anak

Masih ragu mengenai kepastian ciri lem aman untuk mainan anak? Bila perlu tanya langsung pada manufaktur yang membuatnya. Bila lem yang diproduksi benar-benar aman, maka informasi yang diberikan pasti jelas dan memuaskan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here