Lem Kayu Konstruksi Terbaik untuk Sambungan Temu yang Lebih Kuat

0
1628
butt joint

Bisa dibilang, sambungan temu atau butt joint adalah sambungan kayu paling lemah. Meskipun demikian, dengan beberapa modifikasi dan penggunaan lem kayu konstruksi terbaik Crossbond X3, kelemahan ini bisa diatasi dengan baik.

Pengertian Sambungan Butt Joint

butt jointButt joint atau sambungan temu adalah jenis sambungan yang sangat sederhana karena hanya dilakukan dengan merekatkan ujung dua kayu. Sambungan ini merupakan sambungan dengan kekuatan paling rendah meski paling mudah diterapkan. Bagaimana tidak mudah? Aplikasi sambungan temu tak dilakukan dengan pendesainan kayu seperti pada sambungan finger joint hingga mortise dan tenon. Dua kayu direkatkan begitu saja tanpa penguncian dari desain yang diaplikasikan.

Karena sifatnya tersebut, sambungan butt joint biasanya hanya diterapkan untuk proyek woodworking ringan. Misalnya dalam pembuatan aneka jenis craft atau kerajinan. Namun dengan perkembangan dunia woodworking saat ini, telah banyak diterapkan modifiksi pada sambungan ini yang diharapkan meningkatkan kekuatannya.

Mengatasi Kelemahan Sambungan Temu

butt joint dengan tenonSebagaimana disebut di atas, salah satu kelemahan sambungan temu terletak pada kekuatannya yang rendah akibat dari desain yang terlalu sederhana. Menyadari hal ini, banyak woodworker yang kemudian mencoba mengkombinasikan butt joint dengan teknik sambungan lain.

Contohnya adalah butt joint dengan mortise dan tenon hingga butt joint dengan aplikasi biscuit joinery. Kadangkala, woodworker juga menggunakan paku di salah satu sisi ujung sambungan. Namun cara ini dinilai rentan menyebabkan kerusakan dan memberikan tampilan kayu berpaku yang kurang menarik. Penggunaan lem dengan teknik modifikasi akan memberikan tampilan yang lebih menarik.

Perlunya Aplikasi Lem Kayu Konstruksi Terbaik

lem kayu konstruksi terbaikAplikasi lem pada sambungan temu tanpa modifikasi adalah hal yang sangat krusial. Tanpa lem, kayu yang disambungkan tak akan bisa menyatu begitu saja. Pada butt joint modifikasi, lem pun berperan sama pentingnya. Misalnya pada aplikasi biscuit joinery. Agar biskuit menyatu di dalam kayu, maka diperlukan lem yang berfungsi sebagai perekatnya.

Karena pentingnya fungsi lem, tentu adhesive yang digunakan tak bisa dipilih sembarangan. Gunakanlah lem kayu konstruksi terbaik seperti Crossbond X3. Kelebihan Crossbond X3 sebagai lem PVAc berbasis air terletak pada:

1. Daya rekatnya yang tinggi
2. Ketahanannya pada kondisi indoor
3. Kestabilan pada kayu
4. Mudah digunakan
5. Tak menyebabkan glue line

Lem kayu konstruksi terbaik Crossbond X3 akan membantu Anda menghasilkan butt joint untuk berbagai kebutuhan mulai dari craft hingga furniture.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here