Andalkan Lem Kayu Konstruksi untuk Sambungan Mortise dan Tenon Ini

0
1621
tenon bulat
Tenon bulat, salah satu variasi mortise dan tenon joint.

Banyak cara supaya sambungan mortise dan tenon lebih kuat. Salah satunya adalah aplikasi lem kayu konstruksi Crossbond X3. Mengapa demikian? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

contoh mortise dan tenonSambungan mortise dan tenon merupakan sambungan dengan struktur tenon yang nantinya akan dimasukkan ke sebuah lubang mortise. Ada banyak tipe dari sambungan ini. Berbagai varian tersebut bisa dibedakan atas desain hingga ukurannya. Yang paling umum adalah “blind mortise dan tenon”. Tipe ini umumnya digunakan dalam pembuatan kaki kabinet.

Salah satu keunggulan mortise dan tenon adalah kekuatan dan estetikanya. Dovetail memang masih menjadi sambungan terkuat untuk permukaan lebar, namun untuk permukaan yang lebih sempit, maka mortise dan tenon adalah solusinya. Sedangkan dari segi estetika, sambungan ini unggul karena sifatnya yang tidak begitu mencolok. Hanya saja memang kedua poin unggul ini akan bisa dinikmati apabila sambungan tersebut diaplikasikan dengan tepat.

Variasi

tenon bulat
Tenon bulat, salah satu variasi mortise dan tenon joint.

Sebagaimana disebut di atas, sambungan mortise dan tenon terdiri dari beberapa variasi. Varian paling umum, adalah desain sambungan di mana tenon berakhir di dalam mortise sehingga tak terlihat dari luar. Namun sebenarnya juga da sambungan mortise dan tenon yang tembus ke bagian samping untuk memberikan kekuatan ekstra atau malah untuk membuat kesan dekoratif tersendiri.
Ada juga variasi yang di mana digunakan tenon mengambang (floating tenon). Pada tipe ini, dibuat dua mortise dengan bentuk serupa dan digunakan tenon yang akan menyatukan keduanya.

Maksimalkan Mortise dan Tenon dengan Lem Kayu Konstruksi Crossbond X3

CS Lem Kayu

lem kayu konstruksi crossbond x3Sebagaimana tipe sambungan lainnya, ada banyak hal yang mempengaruhi kekuatan sambungan ini. Selain dengan meningkatkan presisi ukuran maupun tipe kayu yang digunakan, kita juga harus memperhatikan bahan lain yang terlibat. Bahan tersebut adalah lem atau adhesive.

Fungsi adhesive akan secara langsung memberikan dampak pada sambungan mortise dan tenon. Sebab adhesive merupakan bahan penyatu antara mortise dan tenon itu sendiri.

Lem yang bisa Anda andalkan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X3. Sebagai lem dengan formulasi dasar PVAc modifier dengan inner cross linker, Crossbond X3 akan menciptakan ikatan silang yang membuat sambungan sangat kuat. Lem kayu konstruksi Crossbond X3 juga sangat tahan lama sehingga ideal dipakai sebagai perekat mortise dan tenon.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here