Sambungan Kayu: Pengertian, Macam, dan Tips untuk Keberhasilannya

0
5790
sambungan kayu dovetail
sambungan dovetail

Sambungan kayu adalah salah satu hasil proses pengolahan kayu yang melibatkan penggunaan sedikitnya dua bagian kayu untuk disambungkan agar menghasilkan bentuk atau sistem yang lebih kompleks. Beberapa jenis sambungan memerlukan lem atau adhesive sedangkan beberapa yang lain hanya memerlukan elemen kayu saja.

Sifat-sifat sambungan kayu sendiri ditentukan oleh material dan sistem penyambungan yang dilakukan. Misalnya karakter sambungan yang terdiri dari kekuatan, fleksilibitas, hingga penampakannya tak pernah lepas dari faktor jenis kayu hingga adhesive yang dipakai. Dengan kata lain, untuk memenuhi kebutuhan penyambungan yang memerlukan karakter tertentu, kita juga harus memperhatikan faktor-faktor tersebut. Sebagai contoh, tipe penyambungan kayu untuk konstruksi rumah jelas akan berbeda dibanding sambungan untuk mainan kayu baik dari segi kayu yang digunakan, teknik, sampai lemnya.

Variasi Sambungan Kayu

Penyambungan kayu dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan sambungan yang dihasilkan:

Sambungan Tradisional

sambungan kayu dovetail
sambungan dovetail
kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Sebagaimana namanya, penyambungan kayu tradisional adalah penyambungan kayu yang didasarkan pada pekerjaan masa lalu. Umumnya, tipe sambungan yang dihasilkan tidak begitu memperhatikan faktor mekanis lem kayu. Jenis kayu yang disambung pun tak jarang memiliki karakter yang berbeda. Meski secara teknis didasarkan pada pengetahuan yang lebih rendah pada masa lalu dibanding penyambungan non tradisional, akan tetapi beberapa tipe menunjukkan kekompleksan sistem wood joinery tersebut. Misalnya tipe sambungan Dovetail yang ditemukan 5000 tahun lalu. Hingga saat ini pun, tipe sambungan tradisional masih sering diaplikasikan dengan pemahaman yang lebih baik agar hasilnya jauh lebih efektif dan prosesnya lebih efisien.

Baca juga : Macam Sambungan Bambu yang Anda Harus Tahu

Baca Juga:  Apa itu Lem Putih? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
sambungan kayu Pocket hole joint
Pocket hole joint

Sambungan Non Tradisional

Tipe sambungan non tradisional adalah tipe sambungan yang dihasilkan dari proses modern yang secara umum bertujuan menyederhanakan proses penyambungan itu sendiri. Contoh hasil penyambungan non tradisional adalah sambungan biscuit dan lubang dompet atau “pocket hole joinery”.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Sambungan Kayu Berkualitas

Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi keberhasilan penyambungan kayu. Prinsip 3A yang terdiri dari Adherent atau kayu yang disambung, Adhesive atau lem kayu, dan Aplikasi atau cara aplikasinya harus diperhatikan betul-betul.

Terkait adherent misalnya, kita harus mengingat karakter kayu yang bersifat  anisotropic atau sifatnya berbeda pada tiap dimensinya. Di masa lalu, di mana pemahaman ini belum ditemukan, seringkali dihasilkan furniture berkualitas bagus tetapi rusak pada bagian sambungannya. Contoh yang paling sering ditemukan adalah kegagalan penyambungan pada kaki kayu dari kursi-kursi mewah abad ke-18 dari Eropa.

Baca juga : Grosir Lem Kayu Konstruksi Crossbond untuk Berbagai Sambungan Kayu

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here