Berbagai Macam Cara Menyambung Kayu

0
2885
cara menyambung kayu biscuit joint

Terdapat beberapa cara menyambung kayu yang bisa kita aplikasikan. Masing-masing cara memiliki karakter dan fungsi khusus. Saat diaplikasikan pun, perbedaan karakter ini bisa diperbandingkan. Terdapat cara atau metode yang lebih baik untuk kebutuhan tertentu, tetapi menjadi lebih buruk untuk kebutuhan lainnya. Di antara berbagai metode tersebut, berikut ini 7 di antaranya.

7 Ragam Cara Menyambung Kayu

Butt Joint

Butt joint merupakan teknik penyambungan paling sederhana dengan satu sisi lem. Tipe ini dihasilkan dengan menempelkan masing-masing sisi kayu secara langsung. Gunakan cara ini pada keperluan sambungan yang tidak memerlukan kekuatan besar.

Biscuit Joint

Tipe sambungan biscuit umumnya diterapkan tukang kayu untuk membuat mortise. Caranya dilakukan dengan menyambung kayu menggunakan kayu lain berbentuk oval seperti biskuit yang telah diberi lem sebelumnya.

CS Lem Kayu

cara menyambung kayu biscuit joint

Dovetail Joint Woodworking Joints

Dovetail joints adalah salah satu cara menyambung kayu paling rumit yang telah ditemukan sejak dulu. Kekompleksan tipe perekatan ini bahkan membuatnya tak perlu lagi dikuatkan dengan paku, melainkan hanya dengan lem. Umumnya, tipe penyambungan ini diterapkan pada laci dan keperluan sejenisnya.

dovetail-joint

Finger Joint

Teknik finger joints dilakukan dengan membuat struktur kayu menyerupai jari yang selanjutnya dipasangkan membentuk struktur dua jari saling menggenggam. Sekilas teknik ini mirip dengan dovetail, tetapi sebenarnya lebih sederhana. Finger joint juga merupakan tipe sambungan paling populer dan banyak diterapkan.

Bridle Joints

Cara menyambung kayu dengan teknik bridle joint umum ditemukan pada kaki perabot seperti meja. Metode ini memiliki kemiripan dengan mortise tenon joint dan hanya memiliki 3 sisi pengeleman.

Dado Woodworking Joints

Dado Woodworking Joints diaplikasikan dengan menciptakan alur sepanjang kayu yang akan disambung. Selanjutnya, penyambungan dilakukan dengan menempatkan kayu yang akan disambung tersebut pada bagian tengah atau alur kayu lainnya. Perekatan tipe ini bisa dilakukan menggunakan lem dan paku.

Half lap joint Woodworking Joints

Half lap joint diaplikasikan dengan cara memotong dua media kayu yang akan disambung setengah tebalnya. Selanjutnya, kedua kayu disambung seperti ilustrasi di bawah ini.lap-joint-wood

Demikian 7 macam sambungan kayu. Semoga informasi ini bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here