Sekilas Proses Laminasi Kayu atau Wood Lamination Process

0
4575
proses laminasi kayu

Proses laminasi kayu atau wood lamination dilakukan dalam beberapa tahapan. Tiap satu langkah dalam proses ini memainkan peran besar pada hasil yang didapat. Berikut ini dijelaskan sekilas mengenai proses laminasi atau perekatan pada kayu.

4 Langkah Proses Laminasi Kayu

  1. Pengamplasan Kayu

proses laminasi kayuPengamplasan dilakukan untuk memperhalus serta meratakan permukaan kayu yang akan dilem. Dengan demikian, lem dapat tersebar secara merata di seluruh permukaan substrat tersebut tanpa ada pengumpulan di satu titik dan kekurangan di titik yang lain.

  1. Pemberian Lem atau Perekat

Aplikasi lem bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dikuas hingga discrape. Tiap produk lem biasanya memiliki rekomendasi aplikasi masing-masing.

  1. Penekanan

Penekanan atau pemberian tekanan dilakukan sesegera mungkin setelah lem diaplikasikan. Penekanan umumnya dilakukan dengan plat penjeptit. Sistem yang digunakan bisa dalam bentuk mekanik maupun hidrolik. Setelah ditekan, kayu dibiarkan dalam rentang waktu 6 hingga 24 jam. Tapi pada penjepit tertentu yang lebih modern, proses curing dapat dilakukan dalam hitungan beberapa menit saja. Pada tahap tersebut, 90% ikatan telah terbentuk, meski untuk beberapa hari berikutnya, proses masih berjalan dalam waktu lebih lambat.

  1. Pengujian

CS Lem Kayu

Kekuatan perekatan diuji menggunakan uji geser. Pengujian dilakukan pada sampel yang diambil dari bagian ujung laminasi.

Pentingnya Kualitas Lem Laminasi Kayu

lem untuk laminasi Crossbond X4
lem untuk laminasi Crossbond X4

Faktor kualitas lem menjadi salah satu kunci krusial keberhasilan proses laminasi kayu di atas (tanpa mengabaikan proses lainnya). Pasalnya, lem menjadi satu-satunya bahan yang digunakan.

Lem laminasi yang bagus akan mampu merekatkan kedua permukaan kayu tanpa menimbulkan lapisan film maupun warna di antaranya. Rincinya, belilah lem kayu dengan spesfikasi sebagai berikut:

  1. Lem PVAc yang aman dan ramah lingkungan
  2. Daya rekat kuat
  3. Daya sebar luas
  4. Mampu membentuk ikatan inner cross linker. Ikatan inner cross linker adalah ikatan antar lem pada substrat yang direkatkan.
  5. Waktu kering cepat
  6. Viskositas tidak kental agar mudah meresap ke dalam kayu
.

Informasi Pengeleman dan Produk Lem Kayu

Silahkan hubungi kami di +62.274.388.301, sms/wa +6287839346433, atau email [email protected] untuk informasi pengeleman dan produk lem kami, Crossbond X4. Anda juga dapat menhubungi kami di

  1. Bio Center Yogyakarta Phone / fax: 0274 388301 Hp / WhatsApp: Klik Di Sini e-mail: [email protected]
  2. Bio Service Point Jepara Phone: 0291 598992 e-mail: [email protected]
  3. Bio Service Point Cirebon Phone: 0231 320759 e-mail: [email protected]
  4. Agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here