Tips Membeli Lem untuk Laminasi Kayu (Wood Lamination)

0
1138
tips membeli lem untuk laminasi kayu

Berikut ini kami jelaskan beberapa tips penting bagi Anda yang bermaksud membeli lem untuk laminasi kayu. Masalah laminasi, tak bisa dipungkiri adalah salah satu masalah utama dalam bidang pengolahan kayu. Proses laminasi (wood lamination) sendiri diperlukan di berbagai bidang seperti saat membuat panel kayu (wood panelling), multipleks, lantai kayu, dll. Untuk kebutuhan ini  jelas diperlukan karakter lem yang sangat spesifik. Anda tak bisa menggunakan lem sembarangan untuk melaminasi kayu.

panel kayu dinding dan lantai

Dalam industri furniture, persoalan ini juga sangat krusial diperhatikan karena berpengaruh pada keterwujudan desain furniture yang sudah dirancang. Bukan kejadian langka mendapati para desainer furniture kurang puas dengan hasil karyanya karena masalah pengeleman yang salah.

5 Tips Membeli Lem untuk Laminasi Kayu

  1. Pilih Lem yang Tidak Terlalu Kental, Usahakan Viskositas antara 35.000-45.000

tips membeli lem untuk laminasi kayuJangan menganggap lem yang kental adalah lem yang bagus. Untuk keperluan laminasi, justru diperlukan lem yang encer. Viskositas 35.000-45.000 merupakan angka ideal untuk kebutuhan laminasi.

  1. Pilih Lem yang Memiliki Daya Sebar Luas

CS Lem Kayu

Daya sebar lem yang luas bukan sekedar membuat ongkos produksi menurun. Akan tetapi juga sesuai untuk kebutuhan laminasi yang umumnya dilakukan untuk melekatkan satu permukaan kayu dengan yang lain.

  1. Pilih Lem yang Mampu Berikatan dengan Substrat Kayu

Agar tidak tercipta gap antara kayu yang dilekatkan, pilihlah lem yang mampu meresap ke dalam kayu dan membentuk ikatan dengan substrat tersebut. Dengan demikian, antara kayu yang dilekatkan benar-benar menyatu menjadi satu kesatuan.

  1. Pilih Lem yang Mampu Membentuk Ikatan Inner Cross Linker

Ikatan innner cross linker adalah ikatan yang tercipta antara lem pada satu substrat dengan lem pada substrat lainnya. Akan tetapi sebagaimana disebut di atas, masing-masing lem pada substrat yang dilekatkan telah menyatu dengan substrat tersebut. Sehingga tercipta perlekatan sangat kuat tanpa gap berupa film lem.

  1. Pilih Lem yang Tidak Menimbulkan Warna

Tak jarang finishing dinyatakan gagal gara-gara salah membeli lem untuk laminasi kayu. Persoalan yang sering menimpa adalah terjadinya “warna” pada film lem setelah difinishing. Hal ini bisa terjadi pada lem laminasi yang menimbulkan film dan warna dari lem itu sendiri. Dengan begitu, memilih lem yang tidak menimbulkan warna dan film sangat penting diusahakan.

Informasi Pengeleman/Perekatan Kayu

Dapatkan informasi dan tips membeli lem untuk laminasi kayu lebih lanjut via telp di +62.274.388.301, sms/wa +6287839346433, atau email [email protected] Kami juga menyediakan produk-produk lem/perekatan water based baik untuk kebutuhan laminasi kayu (wood lamination) maupun konstruksi. Anda juga dapat menghubungi kami di

  1. Bio Center Yogyakarta Phone / fax: 0274 388301 Hp / WhatsApp: Klik Di Sini e-mail: [email protected]
  2. Bio Service Point Jepara Phone: 0291 598992 e-mail: [email protected]
  3. Bio Service Point Cirebon Phone: 0231 320759 e-mail: [email protected]
  4. Agen-agen kami yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here