Tips Membuat Kayu Laminasi dan Lem Kayu Laminasi yang Bagus

0
2606
membuat kayu laminasi

Tak semua kayu solid memiliki kualitas seperti jati. Daripada menggunakan kayu-kayu dengan kualitas yang kurang baik tersebut, lebih baik kayu laminasi dipilih. Namun tentu saja untuk menghasilkan kayu laminasi yang bagus diperlukan kiat khusus dan rekomendasi lem kayu laminasi yang bagus.

membuat kayu laminasi

Perbandingan kualitas antara kayu laminasi dan kayu solid tak bisa digeneralisasikan untuk semua tipe kayu. Beberapa kayu solid seperti jati jelas memiliki kualitas yang bagus baik dari sisi ketahanan pada hama maupun kekokohannya. Akan tetapi bagaimana dengan kayu kelas IV atau yang lebih rendah? Terkadang, daripada memanfaatkan kayu berkualitas buruk, ada baiknya kita mencoba memanfaatkan kayu laminasi. Apalagi untuk kebutuhan dengan beban berat.

Jangan salah. Beberapa kayu laminasi sebenarnya memiliki kekokohan yang sangat baik dibanding kayu-kayu solid. Hanya saja, kekuatan kayu laminasi sangat tergantung pada lemnya. Ketika dilakukan uji kekuatan belah, lemlah yang berperan menentukan aspek tersebut. Sedangkan pada kayu solid, kekuatan belah ditentukan densitasnya. Sehingga pada kayu solid dengan kualitas buruk, kecenderungan mudah dibelah lebih tinggi karena densitasnya yang rendah.

Dari berbagai lem kayu di pasaran, adhesive yang kami sarankan untuk laminasi adalah Crossbond X4. Lem ini memiliki daya rekat sangat baik untuk pembuatan produk kayu laminasi berkualitas. Pasalnya, berbeda dari lem kebanyakan, Crossbond didesain dengan PVAc water based yang mampu membentuk ikatan rangkap ganda. Tapi penggunaan lem saja jelas tidaklah cukup. Ada banyak hal lain yang harus dipertimbangkan. Berikut ini beberapa tips untuk membuat kayu laminasi yang bermutu tinggi.

Tips Pembuatan Kayu Laminasi

1. Pastikan kayu yang akan dilaminasi dalam kondisi yang bersih dan tak mengandung minyak.
2. Pastikan kayu rata dan halus.
3. Pastikan kayu yang dilaminasi berada dalam kondisi MC atau Moisture Content rendah (5-8%).
4. Pelaminasian sebaiknya dilakukan pada kayu dengan karakter mirip. Dengan demikian, kami merekomendasikan laminasi untuk spesies kayu yang sama dan jenis kayu yang sama (gubal dengan gubal, teras dengan teras).
5. Kekentalan lem yang baik. Crossbond X4 sebagai lem kayu laminasi sudah memiliki viskositas atau kekentalan ideal.
6. Lakukan pengeringan sesuai waktu yang direkomendasikan.
7. Beri tekanan pada proses laminasi sesuai rekomendasi alat dan produk kayu laminasi yang akan dihasilkan.

Jika tips-tips di atas Anda aplikasikan dan lem kayu laminasi yang bagus seperti Crossbond digunakan, pastikah produk yang dihasilkan akan memiliki mutu tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here