Lem Kayu Terkuat

0
1706
Lem Kayu Terkuat

Seperti apakah produk lem kayu terkuat itu? Sebenarnya ada yang terlebih dahulu harus dipahami sebelum membahas mengenai kriteria terkuat.

Kekuatan Lem

Lem Kayu TerkuatYang dimaksud dengan kekuatan lem kayu atau adhesive bond adalah banyaknya kekuatan yang diperlukan untuk memisahkan dua media yang dilem. Semakin kuat lem, maka kekuatan yang harus dikeluarkan juga semakin besar. Demikian juga semakin lemah daya rekat lem, maka kekuatan yang diperlukan juga semakin rendah.

Saat media berhasil dipisahkan, perhatikanlah bagian yang rusak. Sebuah produk adhesive dikatakan berkualitas bila yang rusak bukan pada area pengelemannya. Melainkan pada wilayah non pengelemannya.

Bagaimana cara menguji kekuatan lem? Jawabannya ada beragam metode. Salah satu yang paling umum diaplikasikan adalah cross grain joint. Pada uji kekuatan lem ini, kita siapkan dua kayu terlebih dahulu. Rekatkan keduanya membentuk huruf T dengan lem yang akan diuji. Kemudian salah satu ujung huruf T tersebut diberikan tekanan. Seperti yang sudah dijelaskan, semakin besar tekanan yang harus dikenakan, maka lem akan disebut semakin kuat.

Harus Sesuai Kondisi

Uji kekuatan adhesive seperti cross grain joint memang bisa dilakukan untuk mendapatkan penilaian objektif setiap bahan perekat. Namun harus dipahami juga bahwa tidak semua kebutuhan perekatan memerlukan kriteria yang sama.

Contohnya perekatan untuk mebel yang tak bisa disamakan dengan perekatan untuk konstruksi dengan beban tinggi. Sehingga istilah lem kayu terkuat pun tak bisa serta merta menjadi patokan utama. Apalagi ketika mengingat bahwa lem bukanlah produk tunggal yang didesain untuk kebutuhan seragam. Banyak lem yang sangat kuat untuk kebutuhan tertentu namun memberikan performa berbeda untuk kebutuhan lainnya. Contohnya adalah kedua lem PVAc Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Crossbond Lem Kayu Terkuat

Lem Kayu TerkuatCrossbond merupakan produk adhesive untuk kayu, bambu, dan berbagai serat alam. Keduanya didesain dengan feature unggulan daya rekat sangat baik. Meskipun demikian, kita tidak bisa membandingkan begitu saja kekuatan Crossbond X3 dengan kekuatan Crossbond X4. Keduanya sama-sama merupakan perekat terkuat namun untuk kebutuhan berbeda.

Crossbond X3 adalah lem untuk perekatan konstruksi indoor. Sedangkan Crossbond X4 adalah lem laminasi untuk indoor maupun outdoor. Mulai dari viskositas sampai ketahanannya, kedua lem dirancang sesuai kebutuhan pengeleman yang disasar.

Jadi manakah lem kayu terkuat itu? Jawabannya adalah Crossbond namun Anda harus bisa membedakan penggunaannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here