Apa itu Lem Epoxy? Apakah Lem ini Paling Kuat?

0
2551
resin dan hardener epoxy

Apa itu lem epoxy? Berikut ini akan kami sajikan beberapa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penting mengenai lem epoksi.

epoxide dari grup resin

Pengertian Lem Epoxy

Yang dimaksud dengan epoksi adalah bahan yang dibuat dari polimerasi dua komponen, yakni resin dan hardener. Ketika resin dicampurkan dengan katalis (hardener), proses curing akan dimulai. Pada proses ini terjadi reaksi rantai molekuler pada bagian yang aktif sehingga menghasilkan reaksi eksotermik. Ikatan kovalen antara grup epoxide dari resin dan grup amin dari hardener akan terbentuk menghasilkan cross link pada polimer. Hal inilah yang selanjutnya mempengaruhi rigiditas dan kekuatan epoksi.

Apa itu Lem Epoxy Satu Komponen dan Dua Komponen?

Terdapat dua varian lem epoksi, yakni sistem 1 komponen dan sistem 2 komponen. Pada sistem 1 komponen, panas yang diperlukan untuk proses curing tidak begitu tinggi. Selain itu kecepatan prosesnya juga jauh lebih tinggi dibanding epoksi dua komponen.

CS Lem Kayu

Epoksi dua komponen sendiri dibedakan pada proses katalisasinya yang bisa ditingkatkan dengan pemberian panas. Penambahan panas juga akan menimbulkan ikatan cross linke baru sehingga mampu menghasilkan kualitas rekatan yang lebih baik.

Epoksi dua komponen cocok untuk perekatan berbagai permukaan media. Varian ini dinilai lebih stabil karena tahan terhadap tekanan serta berat dalam selang waktu yang lama. Selain itu sistem epoksi dua komponen juga memiliki resistensi sendiri terhadap faktor kimia.

resin dan hardener epoxy

Apah Epoxy adalah Lem Terkuat?

Sebagaimana disebut di atas, kualitas lem epoksi tergangung dari variannya. Secara umum, lem epoksi memang dikenal tahan air, panas, udara dingin, tekanan, dan berat. Lem ini juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan memiliki waktu curing yang cepat.

Namun apakah lem ini merupakan lem terkuat? Jawabannya tidak. Menurut uji yang dilakukan finemagazine, lem terkuat masih dipegang oleh lem PVAc waterproof (lem PVAc yang dimodifikasi sehingga lebih tahan air). Lem epoksi sendiri menempati urutan kedua dengan average joint strength 1994.

Untuk Apa itu Lem Epoxy Digunakan?

Tak bisa dipungkiri, lem epoksi telah memberikan banyak guna dalam kehidupan manusia. Adhesive ini banyak diaplikasikan pada berbagai media seperti serat carbon dan penyambungan fiberglass. Kadangkala lem ini juga sering digunakan sebagai pengisi celah, meski menurut uji dari finewoodworking, cara menggunakan lem epoxy tersebut tak sepenuhnya tepat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here