Tips Menggunakan Lem Kayu Paling Kuat untuk Konstruksi Crossbond X3

0
3057
sambungan kayu

Ikatan rangkap ganda yang ditawarkan Crossbond X3 membuatnya menjadi lem kayu paling kuat untuk konstruksi. Meskipun demikian, agar pemanfaatan Crossbond X3 lebih maksimal, Anda perlu menyimak beberapa kiatnya di bawah ini.

Perekatan konstruksi sebagaimana sudah dijelaskan pada artikel yang lalu merupakan bagian vital dalam perwujudan rangka produk. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan lem atau adhesive yang kualitasnya benar-benar bagus. Crossbond X3 menjadi lem yang selalu kami sarankan untuk kebutuhan ini.

Crossbond X3 diformulasikan dengan ikatan rangkap ganda yang mampu mengikat substrat kayu dengan kuat. Lem ini berbasis polyvinyl acetate dengan inner cross linker yang membuatnya sangat stabil digunakan. Feature-feature yang disediakan Crossbond X3 antara lain:

Baca Juga : begini cara mengelem kayu agar kuat

1. Kekuatan sangat baik
2. Tingkat ketahanan terbaik sebagai indoor adhesive
3. Tidak menyebabkan glue line
4. Kecepatan kering ideal
5. Mudah dipakai
6. Murah
7. Solid content tinggi
8. Aman dan ramah lingkungan
9. Dapat digunakan untuk berbagai jenis sambungan kayu

Seperti disebut di atas, Crossbond X3 merupakan lem yang bisa mengikat produk dengan kuat. Cara penggunaan lem kayu paling kuat untuk konstruksi ini pun mudah diikuti. Pada dasarnya kita tinggal:

1. Mempersiapkan media yang akan dilem. Caranya dengan memastikan media tersebut rata, bersih, dan kering.
2. Mengoleskan Crossbond X3 pada kedua media yang akan direkatkan.
3. Menerapkan clamp.
4. Selesai.

lem putih crossbond x3

Mudah sekali bukan? Cara di atas bisa diterapkan pada aneka wood joint atau sambungan kayu seperti lap joint, sambungan temu, siku, finger joint, lidah dan mulut, dowel, serta aneka rupa sambungan lainnya. Lem ini juga bisa digunakan untuk berbagai industri mulai dari industri mebel hingga bangunan. Karena juga diformulasikan dengan tingkat keamanan yang baik, adhesive ini pun bisa Anda manfaatkan untuk mendukung industri yang eco friendly.

Tips Menggunakan Lem Kayu Paling Kuat untuk Konstruksi

Meski secara umum kualitas Crossbond X3 sudah sangat baik, namun agar penerapannya bisa benar-benar optimal, perhatikanlah kiat-kiat di bawah ini. Tips-tips di bawah merupakan tips pemakaian lem PVAc secara umum yang juga bisa diterapkan kala Anda menggunakan Crossbond X3.

  • Gunakan Crossbond X3 hanya pada material berpori. Sebab formula PVA pada Crossbond X3 memang didesain untuk bekerja pada substrat seperti itu.
  • Untuk membersihkan noda lem yang tertinggal, gunakan air hangat (bisa dengan sabun).
  • Lem PVAc seperti Crossbond X3 adalah lem yang sangat aman digunakan. Kontak langsung (dengan sentuhan) masih sangat aman dilakukan. Meskipun begitu, tentu saja adhesive ini bisa toksik bila masuk dalam sistem pencernaan.
  • Dalam pemakaiannya, aplikasikanlah lem kayu paling kuat untuk konstruksi ini pada ruangan yang sirkulasinya bagus dan dalam temperatur ruangan yang normal.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan clamp.
  • Jangan menyimpan lem PVAc Crossbond X3 pada tempat-tempat dingin.

clamp

Bagaimana? Mudah diikuti bukan kiat-kiat di atas? Dengan memperhatikan cara menggunakan lem Crossbond yang benar, tentu kualitas lem kayu paling kuat untuk konstruksi ini akan lebih optimal dinikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here