5 Alasan Mengapa Memilih Crossbond X4

0
3037
decking kayu

Mengapa memilih lem Crossbond X4? Crossbond X4 merupakan adhesive PVAc yang dibuat untuk kebutuhan pengeleman bertipe laminasi.

Di pasaran, nama Crossbond X4 telah begitu populer sebagai lem untuk pemasangan lantai kayu, pemasangan panel dinding kayu, pemasangan veneer, hingga pembuatan multipleks. Apa saja yang membuat orang-orang mengandalkan adhesive ini? Mengapa Crossbond X4 dan bukan adhesive lainnya? Yuk, simak kelima penjelasannya berikut ini.

Alasan-alasan Mengapa Memilih Crossbond X4

Sangat Kuat dengan Cara Aplikasi yang Mudah

Ikatan rangkap ganda mampu diciptakan Crossbond X4. Lem ini memiliki inner cross linker modifier dari hasil aplikasi sains dan teknologi terbarunya.  Crossbond X4 akan meresap ke dalam media di mana adhesive ini dioleskan, melakukan perekatan dengan kayu, lalu berikatan antar substratnya sendiri secara saling-silang.

Hasil dari proses ini adalah sebuah ikatan yang sangat stabil dan kuat untuk berbagai produk. Kenyamanan pun akan dirasakan dengan produk yang lebih kokoh berkat aplikasi adhesive ini. Yang mengagumkan, kekuatan terbaik yang ditunjukkan Crossbond X4 ini juga sudah teruji oleh majalah woodworking internasional, Fine Woodworking. Menarik sekali bukan?

meja kayu

Yang lebih menarik, penggunaan Crossbond X4 yang bisa menciptakan daya rekat unggul ternyata sangat mudah dilakukan. Pasalnya, adhesive ini tak memerlukan alat maupun bahan tambahan dalam aplikasinya. Yang dibutuhkan hanyalah persiapan media lalu pengolesannya saja.

Berikut ini gambaran langkah-langkah manual menggunakan Crossbond X4:

  1. Persiapan media (memastikan media bersih, kering, dan rata)
  2. Pengolesan Crossbond X4 di salah satu sisi medianya saja
  3. Menunggu hingga kering, bila perlu gunakan clamp
  4. Selesai

Proses pengerjaan di atas juga bisa diterapkan pada berbagai mesin canggih. Jalannya pengeringan pun lebih cepat dibanding adhesive laminasi kebanyakan. Inilah banyak usaha kecil, menengah, hingga besar menempatkan pilihan pada Crossbond X4. Sebab salah satu poin penting sebuah lem adalah dari cara pengerjaannya yang mudah dan tak membutuhkan waktu terlampau lama.

mengapa memilih crossbond x4

Bisa untuk Indoor hingga Outdoor

Alasan kedua mengapa memilih Crossbond X4 terletak pada fleksibilitas pemaikaian Crossbond. Anda ingin mengelem decking kayu? Furniture kebun atau garden furniture? Crossbond X4 akan membantu Anda mewujudkannya dengan kualitas terbaik. Bagaimana tidak? Selain sangat kuat, lem ini memiliki daya tahan yang sangat baik pada berbagai faktor yang bisa merusak, misalnya:

  1. Kelembaban udara, misalnya udara di bagian kebun yang sangat lembab.
  2. Intensitas matahari.
  3. Paparan berbagai faktor lainnya yang biasa terjadi di luar ruangan.

decking kayu

Crossbond X4 dengan demikian dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan heavy duty seperti:

  1. Pelaminasian meja dan mebel lainnya untuk garden furniture
  2. Pemasangan lantai decking termasuk decking dekat kolam renang maupun decking dekat dengan pantai
  3. Pemasangan lantai parket
  4. Pemasangan dinding panel eksterior maupun interior
  5. Pemasangan veneer untuk outdoor

Lem ini tentu saja juga bisa digunakan untuk keperluan indoor. Sebagai lem indoor Crossbond X4 pun menawarkan kualitas-kualitas khusus seperti:

  1. Sifatnya yang tak menyebabkan bau menyengat
  2. Keamanan produk lem yang sangat baik

Dengan demikian, adhesive ini bisa menjadi andalan Anda untuk berbagai kebutuhan. Anda pun tak perlu repot-repot lagi mencari adhesive yang tepat untuk perekatan dalam ruangan maupun perekatan luar ruangan. Inilah salah satu alasan kuat mengapa memilih Crossbond X4.

Bukan Hanya Murah, namun Juga Hemat Digunakan

Anda bisa membeli Crossbond X4 hanya dengan Rp. 50.000,- saja per 250 gramnya. Tapi jangan salah. Harga terjangkau Crossbond X4 tak hanya terletak pada nominal harganya saja. Adhesive ini pun termasuk lem yang murah karena penggunaannya sangat hemat.

  1. Pertama, adhesive ini memiliki solid content tinggi. Sering kali, lem-lem murah di pasaran dijual dengan harga rendah karena berat keringnya rendah. Akibatnya, lem-lem seperti ini menjadi boros begitu digunakan.
  2. Kedua, Crossbond X4 memiliki cover area luas. Lem inipun bisa dengan baik dioleskan secara merata ke seluruh permukaan produk. Karakternya ini pun akan membuat pemanfaatannya menjadi jauh lebih hemat.
  3. Ketiga, kualitas ketahanan dan daya rekat Crossbond X4 membuat resiko kegagalan pemakaiannya menjadi terminimalisir. Anda tak perlu lagi pusing memikirkan produk yang tak terlem sempurna akibat kualitas perekatan adhesive yang buruk. Dengan begitu dana atau budget produksi bisa lebih dihemat.
  4. Keempat, lem ini merupakan lem yang kecepatan keringnya sangat baik. Sifat ini membuat Crossbond tak hanya menjadi adhesive yang mudah digunakan, tapi juga bisa memperlancar aktivitas proses produksi. Crossbond X4 akan mempersingkat waktu pengerjaan sehingga selanjutnya dana bisa lebih dihemat.

Tingkat Keamanan Berstandar Amerika dan Eropa

desain interior

Crossbond X4 merupakan lem berbasis polyvinyl acetate. Sebagaimana yang kita tahu, jenis lem berbasis PVAc adalah lem dengan tingkat keamanan yang paling baik. Adhesive ini pun tidak dicampur dengan zat-zat berbahaya dalam formulasinya.

Bahkan karena tingkat keamanannya yang sangat baik, Crossbond X4 bisa dibilang merupakan adhesive berstandar internasional. Terbilang, lem ini sudah diformulasikan dengan tuntutan atau regulasi yang diterbitkan EPA dan ECHA.

EPA atau Environmental Protection Agency adalah sebuah lembaga perlindungan keamanan dari Amerika Serikat. Sedangkan ECHA atau European Chemical Agency adalah lembaga yang mengawasi peredaran zat-zat kimia di Uni Eropa.

Dengan dua regulasi yang diterapkan Crossbond X4, lem ini sudah pasti telah memenuhi standar keamanan pada tingkat nasional. Jadi Anda tak perlu khawatir bila ingin menggunakan adhesive ini pada keperluan-keperluan khusus yang membutuhkan tingkat keamanan terbaik.

Efeknya pada Estetika sangat Baik

Alasan mengapa memilih Crossbond X4 yang terakhir namun tak kalah penting adalah sifat adhesive ini yang berdampak bagus terhadap estetika. Crossbond X4 merupakan satu dari sangat sedikit lem yang tidak menyebabkan glue line.

Glue line sebagaimana yang kita tahu adalah fenomena munculnya warna adhesive akibat formulasi lem yang kurang baik. Biasanya glue line menampakkan warna kekuning-kuningan dan bisa membuat keindahan produk menurun drastis.

Apalagi bila produk berwarna cerah. Misalnya berwarna putih dan warna-warna pastel terang lainnya. Efek glue line bisa terlihat jelas dan menyebabkan tampilan visual produk kurang menarik.

kayu multiplek

Crossbond X4 sebagai lem laminasi berkualitas dibuat khusus oleh manufakturnya sehingga tidak menyebabkan fenomena ini. Lapisan kering film lem Crossbond bukan hanya bisa meresap dengan baik namun juga bisa tersamar pada produk kayu yang direkatkan.

Nah, demikian beberapa alasan memilih Crossbond X4. Dari paparan di atas, adhesive ini bisa dibilang menawarkan feature lengkap yang dibutuhkan untuk tiap perekatan laminasi. Crossbond memiliki daya rekat kuat, tahan lama, tak menyebabkan glue line, hemat, dan pengerjaannya juga mudah.

Tertarik mendapatkan adhesive ini? Ayo hubungi kami sekarang juga. Anda bisa bertanya lebih jauh perilah adhesive ini maupun langsung melakukan pemesanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here