Lem untuk Serat Alam yang Bagus dari Jute hingga Wol

0
3674
serat alam adalah

Pemanfaatan serat alam untuk berbagai kebutuhan sudah begitu banyak diaplikasikan. Lantas apa lem untuk serat alam yang bagus digunakan? Apakah tiap jenis serat alam membutuhkan bahan perekat yang berbeda?

Pertanyaan di atas, wajar saja diajukan. Sebab, dalam penggunaan serat alam, kita sering harus berjibaku dengan persoalan pengeleman. Misalnya saja dalam pembuatan tas atau bahkan sepatu dengan memanfaatkan serat alam. Lem perlu digunakan bukan hanya untuk merekatkan serat alam satu dengan yang lain saja namun juga dibutuhkan untuk merekatkan serat alam dengan bahan lain atau menguatkan serat alam. Tak mengherankan bila persoalan lem untuk serat alam yang bagus harus benar-benar diusahakan. Apakah perekat yang bagus untuk material ini? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak dulu bersama-sama penjelasan mengenai natural fiber dan jenis-jenisnya.

Mengenal Serat Alam dan Jenis-jenisnya

CS Lem Kayu

Dari pengertiannya, natural fiber atau serat alam bisa didefinisikan sebagai serat yang dihasilkan makhluk hidup baik itu tanaman, hewan-hewan, atau proses geologis alam. Bahan-bahan seperti ini mencakup banyak varian dan telah lama dimanfaatkan untuk membentuk suatu produk tertentu. Natural fiber harus dibedakan dengan serat sintetis. Yang terakhir disebut adalah serat-serat yang diproduksi oleh manusia.

Apa saja jenis serat alam yang banyak digunakan? Berikut ini beberapa di antaranya.

Jute

Jute adalah natural fiber dari tanaman Corchorus capsularis dan Corchorus olitorius. Jute sudah lama dipakai di mesir dan kini, penanaman jute telah berkembang hingga ke Asia. Jute memiliki karakter mirip linen dengan elastisitas rendah namun kuat. Serat ala mini banyak dipakai untuk karung, pembungkus, pelapis permadani, tali, hingga terpal.

Kapas

Kapas adalah serat alam yang sangat populer digunakan dalam industri tekstil. Serat ini dihasilkan dari biji buah kpas yang memiliki sel memanjang yang datar, berongga, seperti pita, dan bengkok. Serat kapas memiliki kekuatan yang baik, fleksibilitas kurang, kurang tahan kerutan, daya serap baik, dan lembut digunakan. Serat ini juga mudah mengalirkan panas dan mudah rusak ketika terlalu lama terpapar matahari. Kapas banyak digunakan untuk pembuatan kebutuhan harian misalnya saja untuk handuk, jubah, sprei, dan lainnya.

Linen

Linen adalah natural fiber dengan kualitas yang baik dan karenanya sering dipatok dengan harga mahal. Linen dihasilkan dari tanaman lenan dan memiliki serat yang kuat. Serat ini juga memiliki fleksibilitas buruk, daya serap tinggi, berkilau, rapuh, dan nyaman digunakan dalam cuaca panas. Banyak pakaian yang dihasilkan dari linen baik itu gaun, rok, setelan, kemeja dan sebagainya. Bahan ini juga kerap dipakai dalam industri craft, misalnya pembuatan taplak meja, sprei, dan tirai dengan decoupage.

Wol

Wol adalah serat alam yang berasal dari domba dan memiliki tekstur relatif kasar dengan kerut pada permukaannya. Wol mengandung banyak protein dan berbeda dari serat tanaman yang lebih banyak mengandung selulosa. Tampilan serat wol sendiri beragam tergantung dari jenis domba asalnya. Meski demikian, secara umum wol memiliki sifat mudah menyerap kelembaban, tahan terhadap listrik statis, dan tingkat penyebaran panas yang lebih rendah. Bahan ini kerap digunakan untuk membuat pakaian, selimut, karpet, kain pelana, hingga berbagai jenis kerajinan tangan (handicraft).

Sutra

Sutra adalah serat dengan untaian lembut yang berasal dari kepompong ngengat. Sutra mengandung banyak protein dan tampilannya glossy karena memiliki struktur mikroskopis mirip prisma. Sifat bahan ini antara lain halus, tidak licin, ringan, kuat, cukup elastic, dan kurang tahan sinar matahari. Sutra banyak digunakan untuk membuat pakaian, gaun, hingga dasi.

Goni

Goni adalah serat dari tumbuhan tinggi dengan nama yang sama (Goni). Serat ini tergolong serat dengan harga paling murah dan diproduksi dalam jumlah sangat besar. Secara umum, goni kurang tahan lama, tak bisa diputihkan, dan sebagai bahan pakaian kurang nyaman digunakan. Natural fiber ini banyak digunakan untuk pengikat karpet hingga kantong berat.

Kapuk

Kapuk merupakan serat dengan bulu putih yang banyak dihasilkan dari kapsul biji tanaman dan pohon Ceiba pentandra. Kapuk dihasilkan banyak di Indonesia, Meksiko, hingga Amerika Tengah dan Selatan. Dari serat ini, bisa dihasilkan katun sutra yang memiliki karakteristik halus, sangat berkilau, lemah, dan tahan kelembaban. Kapuk banyak dipakai untuk kasur, furniture berlapis, hingga bantal.

Rami

Rami merupakan serat kayu rumput rhea dari China. Tami memiliki karakter kaku, rapuh, berkilau, dan banyak digunakan sebagai kanvas, kain pelapis, akaian, dan lain sebagainya.

Lem untuk Serat Alam yang Bagus

Dari berbagai bahan serat alam di atas, apa lem untuk serat alam yang bagus digunakan? Apakah tiap jenis serat alam membutuhkan adhesive yang berbeda-beda?
Saran kami, untuk kualitas yang baik sekaligus pemakaian yang praktis, Anda bisa memanfaatkan lem serat alam, Eva Phaethon. Lem ini kami rekomendasikan khusus untuk Anda yang ingin merekatkan produk-produk ini pada media dengan karakter sangat berbeda. Misalnya saja untuk merekatkan serat alam pada permukaan seperti gelas. Atau mengaplikasikan kerajinan decoupage dengan napkin pada botol dan kaleng.

eva phatehon

Eva Phaethon sendiri adalah lem natural fiber yang terbuat dari ethylene vinyl acetate. Lem ini merupakan water based pain yang memang unggul dalam hal ketahanan. Eva Phaethon juga memiliki daya rekat sangat kuat dan jauh lebih aman digunakan.

Ringkasnya, feature-feature yang membuat kami merekomendasikan lem untuk serat alam Eva Phaethon adalah:
1. Daya rekatnya yang baik
2. Tahan lama
3. Resistensi bagus
4. Jauh lebih aman digunakan
5. Merupakan lem EVA yang cocok untuk perekatan media beda karakter

Untuk harganya, lem untuk serat alam yang bagus ini bisa Anda beli dengan harga Rp. 148.000,- untuk kemasan 4 Kg. Jadi pemakaiannya akan cocok digunakan untuk kebutuhan industri baik UKM maupun industri skala besar yang perlu mengelem bahan serat alamnya.

Mau Pesan Lem untuk Serat Alam yang Bagus ini?

Yuk, pesan Eva Phaethon sekarang juga! Saat ini, dengan berbagai feature menarik yang ditawarkan, Eva Phaethon menjadi sangat diandalkan pelaku usaha.

Untuk membeli adhesive ini, Anda bisa menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan. Anda bisa melakukan pemesanan pada CS kami dan memberitahukan alamat pengirimannya. Kami akan melayani Anda dengan profesional dan memproses pesanan Anda secepat mungkin.

Bagi Anda yang terbiasa belanja di online shop, kami juga telah hadir di berbagai marketplace. Misalnya saja Tokopedia dan Bukalapak. Dapatkan lem untuk serat alam yang bagus ini pada online shop langganan Anda. Di manapun Anda melakukan pembelian, Eva Phaethon tetap akan hadir dengan kualitas terbaiknya. Sedangkan bagi yang ingin mendapatkannya secara konvensional, silahkan kunjungi kami di Bio Industries dan agen-agennya. Anda bisa mendapatkan alamat agen-agen kami dengan menghubungi nomor CS terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan gunakan selalu Eva Phaethon!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here