Tingkatkan Keselamatan Kerja, Gunakan Lem untuk Laminasi Kayu Tanpa Formalin Ini

0
1197

Keselamatan para pekerja bagaimanapun juga adalah hal yang sangat krusial untuk diperhatikan. Karena itulah kami menyarankan penggunaan lem untuk laminasi kayu tanpa formalin Crossbond X4.


Apa itu formalin? Mengapa bahan ini demikian ditakuti?

Formalin pada dasarnya adalah senyawa organik yang mudah menguap pada suhu udara ruangan. Zat ini bisa ditemukan secara alami maupun pada berbagai limbah kegiatan manusia. Salah satu karakteristik khas formalin adalah baunya yang sangat menyengat dengan aroma pedas. Warnanya sendiri biasanya transparan atau tak berwarna. Kerap, bahan ini diaplikasikan untuk membuat berbagai perlengkapan rumah tangga. Cat-cat yang digunakan di dinding dan furniture pun tak lepas dari senyawa ini. Anda bisa mendeteksi keberadaan formalin dengan sangat mudah pada tembok atau mebel yang baru dicat dengan cat solvent based.

Dampak Formalin

CS Lem Kayu

Meski banyak digunakan dalam kehidupan manusia, formalin sebenarnya sangat membahayakan. Senyawa ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan ringan seperti iritasi hingga gangguan kesehatan. Oleh sebab inilah, dewasa ini pemakaian produk berformalin mulai begitu dibatasi. Di berbagai negara maju misalnya, pemakaian cat solvent based mulai digantikan dengan cat water based yang tak mengandung formalin.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Perlahan namun pasti, regulasi serupa pasti akan segera diberlakukan di negara ini.

Awas Formalin pada Lem Laminasi!

Sebagaimana disebut di atas, pemakaian formalin telah merambah berbagai bidang. Salah satunya kandungan-kandungan formalin pada lem laminasi. Hampir sama mengkhawatirkannya dengan cat, kandungan formalin pada lem laminasi juga sangat membahayakan. Sebab, lem laminasi banyak digunakan dalam produksi mebel hingga pemasangan lantai dan wall paneling.

Lantas apa solusi yang bisa diambil?

Berhubung sudah ada adhesive bebas formalin, maka kami menyarankan penggunaan adhesive dengan kandungan tanpa zat toksik tersebut. Lem yang kami sarankan dengan kualitas itu adalah Crossbond X4. Lem untuk laminasi kayu tanpa formalin ini terbuat dari bahan sintetis yang sangat aman, PVAc atau polyvinyl acetate. PVAc telah lama dikenal sebagai bahan sangat aman dengan kualitas perekatan yang baik dan tahan lama. Meski merupakan water based glue, lem ini sangat tahan lama ketika sudah mengering. Bahkan Crossbond X4 bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor.

mengapa memilih crossbond x4

Lem untuk Laminasi Kayu Tanpa Formalin Lebih Lindungi Pekerja

Kelebihan lain yang dimiliki Crossbond X4 sebagai lem bebas formalin adalah kemampuannya memperbaiki resiko keselamatan kerja para tukang. Dengan demikian pemakaian lem ini bukan sekedar sesuai regulasi yang berlaku saja atau hanya untuk merespon pasar yang mulai menyukai bahan aman. Sebaliknya, Crossbond X4 juga akan membuat lingkungan kerja lebih aman bagi para pekerjanya. Dampak baik dari hal tersebut adalah cost of production yang lagi-lagi bisa ditekan.

Bukan Sekedar Aman

Yang ditawarkan Crossbond X4 jelas tak sekedar keamanannya. Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebut di atas, lem untuk laminasi kayu tanpa formalin ini juga unggul dalam hal:

1. Daya ikat yang baik dengan ikatan rangkap ganda
2. Resistensi yang baik
3. Cover area luas
4. Murah, hanya Rp. 50.000,- saja
5. Bisa digunakan dengan sangat mudah
6. Tak menyebabkan glue line
7. Bisa digunakan pada berbagai kebutuhan perekatan laminasi

Berbagai feature di atas, membuat Crossbond X4 memiliki kualitas lengkap sebagai lem yang ideal digunakan. Jadi, kalau ada lem untuk laminasi kayu tanpa formalin seperti Crossbond X4, kenapa harus pilih yang lain?

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here