Hindari Formalin, Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Berbahan Kayu

0
1117
mainan kayu bagus

Banyaknya lem dengan kandungan formalin perlu diperhatikan dengan serius oleh orangtua maupun industri mainan kayu (wooden toys). Sebisa mungkin perlu dihindari lem-lem tersebut dengan lebih memanfaatkan lem aman untuk mainan anak berbahan kayu.

mainan kayu

Faktor lem atau faktor perekat rupanya sangat krusial menentukan keamanan sebuah produk. Hal ini pun berlaku pada industri seperti mainan kayu yang mempersyaratkan keamanan dengan tingkat sangat tinggi.

Faktor lem perlu diperhatikan sebab kandungan lem yang beredar di pasaran memang sangat beragam. Tak jarang ada lem-lem yang mengandung formalin dalam formulasinya. Solvent based adhesive pun sudah jelas berbahaya dan tidak direkomendasikan untuk kebutuhan produk si kecil. Sebagaimana yang kita tahu, solvent mengandung banyak senyawa organik mudah menguap (benzene hingga formalin itu sendiri) yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan parah.

CS Lem Kayu

Mengapa pada industri mainan anak hal ini demikian penting?
Anak, bagaimanapun juga masih memiliki daya tahan yang lebih rendah dibanding orangtua. Di lain pihak, anak juga masih mengalami periode pertumbuhan dan perkembangan yang begitu kritis. Gangguan pada tahapan ini akan menyebabkan tidak optimalnya pertumbuhan fisik maupun perkembangan mental si kecil.

crossbond

Mencari Lem Aman untuk Mainan Anak Berbahan Kayu Tak Lagi Sulit

Untungnya, saat ini sudah tersedia banyak adhesive dengan tingkat keamanan yang baik. Kita pun bisa mendapatkan berbagai produk tersebut dengan lebih mudah. Misalnya dengan cara pembelian online yang dewasa ini kian marak dilakukan.

Untuk membedakan mana lem yang aman dan yang tidak sendiri, pada dasarnya juga tidak begitu sulit. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah membaca tabel keterangan produk terkait. Hindari langsung produk dengan pengencer solvent (pengencer berbahan minyak). Untuk ciri fisiknya, Anda bisa mencium aroma pada lem terkait. Adanya aroma menyengat adalah salah satu indikasi kandungan toksik meskipun tidak selalu demikian.

mainan kayu bagus

Pemilihan lem mainan yang aman juga bisa dilakukan dengan menghubungi langsung produsen lem tersebut. Dengan cara ini, jaminan penggunaan lem aman juga semakin besar. Contohya adalah Phaeton dan Crossbond. Phaeton yang merupakan lem putih (PVAc) bisa diandalkan untuk kebutuhan perekatan ringan. Sedangkan Crossbond untuk kebutuhan perekatan yang lebih kuat. Keduanya didesain sebagai “green product” sesuai syarat Environmental Protection Agency Amerika Serikat. Anda bisa segera menghubungi CS Crossbond untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai kedua jenis lem aman untuk mainan anak berbahan kayu tersebut.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here