Tutorial Mudah Membuat Sandal Kayu ala Jepang dari Bahan Bekas

0
281
membuat sandal kayu

Simak cara membuat sandal kayu Jepang yang mudah di bawah ini. Anda berpeluang menjualnya karena pasar yang meminati barang seperti ini jelas tidak sedikit.

Tiap budaya memiliki alas kaki sendiri-sendiri. Negeri Sakura pun memiliki suatu sandal khusus yang terbuat dari kayu. Dan di kesempatan ini, lemkayu.net akan membagikan tutorial cara membuat alas kaki negara tersebut.

Eits, bahannya tak mahal kok. Prosesnya pun sebetulnya cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan bebarapa bahan yang bahkan bisa diperoleh dari barang bekas yang Anda simpan di gudang. Tak percaya? Langsung saja simak 5 langkah tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Sandal Kayu ala Jepang Daur Ulang

Alat dan Bahan

  1. Potongan kayu tak terpakai. Silahkan gunakan semua jenis kayu, kecuali tripleks dan MDF. Anda bisa menggunakan potongan sisa tebangan kayu mangga, kayu pohon waru, kayu jambu, dan lain sebagainya.
  2. Pemotong kayu
  3. Bor kecil untuk melubangi kayu
  4. Cat atau bahan-bahan decoupage untuk menghias sandal
  5. Lem kayu yang kuat, Crossbond
  6. Tali sandal
  7. Kuas
  8. Lap
  9. Amplas
  10. Air

Langkah-langkah Cara Membuat Sandal Kayu ala Jepang Daur Ulang

Bentuk Kayunya

Pertama-tama, bentuk kayu Anda terlebih dahulu. Supaya tidak sulit, potong kayu menjadi 6 bagian dengan rincian:

CS Lem Kayu

• 2 bagian berukuran 10 x 25 cm atau sesuai selera Anda
• 4 bagian berukuran 7 x 7 cm atau sesuai selera Anda

Oh ya, ketebalan semua bagian kayu itu harus sama ya. Bila tidak sama, potonglah supaya sama.

Setelah 6 potongan kayu itu siap, kini saatnya memperhalus bentuknya. Caranya bisa dilakukan dengan mengamplas bagian pinggir kayu dan sisi-sisi sudutnya supaya tak meruncing. Agar pekerjaan Anda seragam, gambarlah pola pada potongan kayu itu.

• Buat potongan yang Anda inginkan pada kertas
• Tempelkan kertas di potongan kayu
• Gambar pola berdasarkan potongan kertas itu.

Dengan cara ini, potongan kayu akan memiliki bentuk serupa. Tapi jangan lupa untuk terus melakukan pengamplasan supaya kayu lebih halus dan indah.

Lubangi dan Bersihkan Kayu

Setelah kayu berhasil dibentuk, Anda perlu melubangi 2 potongan besar kayu untuk memasukkan tali sandal. Ada 3 lubang yang harus dibuat, yakni satu di depan dan dua di belakang sebagaimana sandal kebanyakan.

Gunakan bor kecil untuk melakukan ini. Lakukan secara perlahan supaya kayu tidak pecah atau retak. Setelah itu, bersihkanlah kayu dari noda dan serpihannya yang masih menempel. Bila perlu basuh menggunakan air dan keringkan dulu sebelum memasuki tahapan berikutnya.

Tempelkan Bagian Bawah Sandal Kayu Jepang

Langkah berikutnya dalam cara membuat sandal kayu ala Jepang ini adalah proses penempelan. Ingat, keempat potongan kecil kayu sebelumnya belum diapa-apakan. Padahal, potongan itu adalah semacam “heels” pada sandal.

Rekatkan keempat potongan itu di area yang sudah ditandai, masing-masing di depan dan belakang potongan kayu yang lebar.

Untuk merekatkannya, pastikan lem yang Anda gunakan benar-benar kuat. Lem harus tahan cuaca outdoor dan memiliki ketahanan yang baik. Dan untuk keperluan ini, kami sarankan menggunakan lem Crossbond X4.

Cat Kayu atau Decoupage

Setelah potongan kecil kayu ditempelkan, tunggulah dulu hingga lem benar-benar kering. Setelah itu, bersihkan noda lem yang tertinggal dan siapkan cat atau bahan untuk membuat decoupage.

Bila Anda sekadar ingin mengecat, aplikasikan saja cat yang sudah Anda beli tersebut. Ada beberapa tampilan cat yang bisa Anda pertimbangkan. Pilihannya adalah sebagai berikut.

  1. Clear coat atau varnish untuk warna kayu alami namun tetap terproteksi lapisan cat
  2. Cat duco kayu untuk pilihan warna pastel seperti merah, biru, dan lainnya
  3. Cat kayu atau wood stain untuk warna alami seperti warna jati, mahogany, walnut, dan lainnya

Selain mengecat, opsi dekoratif lain dalam cara membuat sandal kayu ala Jepang ini adalah opsi decoupage. Decoupage adalah teknik hiasan dengan cara menempelkan stiker untuk kemudian dilapisi dengan clear coat. Dengan teknik ini, sandal akan terlihat seolah digambari.

Cara aplikasinya:

  1. Tempelkan stiker atau gambar kertas (utamakan napkin decoupage) di permukaan sandal menggunakan lem kertas khusus, Ultra Phaethon.
  2. Biarkan kering.
  3. Olesi seluruh permukaan sandal menggunakan clear coat, sehingga gambar seolah merupakan lukisan asli

Pasang Tali Sandal

Langkah terakhir namun tak kalah penting dalam aplikasi cara membuat sandal kayu jepang ini adalah memasang talinya. Ya, betapapun indahnya alas kaki itu, bila tak ada talinya, maka ia tak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, kita perlu memasukkan tali sandal supaya benda itu lebih bermanfaat.

Mudah Bukan Cara Membuat Sandal Kayu ala Jepang?

Bagaimana? Tidak sulit lho menerapkan tutorial di atas. Sekiranya Anda sudah mahir, Anda bisa membuat alas kaki ala negeri Sakura itu dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Dan setelah itu, Anda mungkin bisa menjualnya secara online.

Banyak lho yang akan tertarik membelinya. Sebab di Indonesia banyak yang menyukai budaya Jepang. Komunitas tertentu, seperti komunitas cosplayer juga pasti memerlukan sandal khusus seperti ini apabila mereka sedang memainkan karakter jepang yang menggunakan sandal kayu tradisionalnya.

Cara Membuat Sandal Kayu ala Jepang Makin Mudah dengan Lem Crossbond

Lemkayu.net mendukung Anda membuat kreasi ini dengan menghadirkan Crossbond X4. Crossbond X4 adalah adhesive khusus kayu untuk indoor ataupun outdoor. Kandungannya diformulasikan sedemikian rupa supaya sangat kuat, tahan lama, dan tidak glue line.

Crossbond X4 akan membuat sandal Anda tidak mudah rusak, terutama di area penyambungan potongan kayu. Dan lem ini pun memiliki berbagai kelebihan lainnya seperti:

  1. Sangat mudah digunakan
  2. Tidak menyebabkan glue line
  3. Efektif dan tahan lama (sangat rekat)
  4. Viskositas ideal
  5. Harga terjangkau dan hemat
  6. Kecepatan kering yang sangat ideal
  7. Noda yang notabene mudah untuk dihilangkan

Kontak dan Pemesanan

Yuk, segera kontak kami bagi Anda yang ingin cara membuat sandal kayu ala Jepangnya lebih mudah. Anda bisa mengontak kami via email, WA, atau telepon. Silahkan tanya lebih lanjut mengenai Crossbond ke Customer Service kami.

Ingin langsung memesan? Kenapa tidak? Bila Anda ingin langsung memesan, berikan saja data pemesanan yang diperlukan seperti alamat kirim dan jumlah produk yang Anda beli. CS akan memberikan gambaran proses pengirimannya. Setelah disepakati kami akan langsung memroses pesnan Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung lho. Silahkan saja ke Bio Service Point atau agen-agen kami di berbagai kota di Indonesia.

Semoga bermanfaat! Jangan lupa gunakan Crossbond X4 sebagai cara membuat sandal kayu Jepang yang lebih mudah.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here