Cara Lem Akrilik Memang Tak Mudah, Tapi Kami Punya Solusinya

0
443
cara lem akrilik
Image source: munizplastic.com

Akrilik adalah material transparan yang bisa digunakan untuk membuat meja hingga rak buku. Namun karena sifat khasnya, cara lem akrilik menjadi persoalan tersendiri.

Akrilik dan Fungsinya

Akrilik adalah suatu material menyerupai plastik. Benda ini sejak pertama kali ditemukan telah dipakai dalam pembuatan furniture, aneka perabot rumah tangga, hingga kerajinan (craft). Akrilik memiliki tampilan menyerupai kaca, namun sifat seperti plastik.

Dalam penggunaannya, terutama untuk mebel, bahan ini bisa memberikan kesan “glass” yang unik, namun menawarkan keuntungan yang tak dimiliki bahan gelas. Misalnya, sifat yang lebih ringan dan aman. Untuk furniture anak, penggunaan material ini lebih disarankan dibandingkan dengan penggunaan kaca.

Cara Lem Akrilik

Sebenarnya, proses perekatan akrilik tidak berbeda dengan bahan yang lain. Anda pun tinggal membeli lem yang tepat, mengoleskannya, lalu kemudian merekatkannya. Untuk produk yang besar, bisa digunakan klem atau clamp press supaya perekatannya lebih baik.

CS Lem Kayu

Namun, karena beberapa karakter, pengeleman menjadi sesuatu yang lumayan menantang untuk bahan ini. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Sifatnya yang transparan
  2. Porositasnya yang rendah bahkan 0

Kedua hal itu kemudian menimbulkan masalah dalam proses pengeleman yang akan dijelaskan di bawah ini.

Yang Jadi Masalah dalam Cara Lem Akrilik

cara lem akrilik

Masalah pertama, seperti disebut di atas bersumber dari karakter bahan yang transparan. Kenapa ini menjadi suatu persoalan tersendiri?

Sebab, bila yang kita lem terlihat bening, maka idealnya pun lem juga harus bening. Bayangkan, bila Anda mengelem meja atau wadah akrilik yang transparan, namun lemnya berwarna kehitaman. Jelek, bukan?

Dus, lem juga harus terlihat bening atau bagus warnanya. Persoalannya, tidak mudah mendapatkan lem yang seperti ini di pasaran.

Masalah kedua terkait dengan porositas bahan akrilik. Porositas merujuk pada kemampuan suatu permukaan atau substrat untuk menyerap cairan. Produk yang porositasnya tinggi bisa menyerap cairan lebih banyak dibanding produk yang porositasnya rendah.

Di pasaran, kebanyakan lem yang beredar adalah lem kayu dan kertas. Keduanya tidak bisa dipakai untuk aplikasi cara lem akrilik. Sebab baik lem kayu ataupun kertas adalah lem yang didesain untuk permukaan berporositas sedang dan agak tinggi.

Untuk akrilik, kita harus mencari lem khusus untuk bahan serupa plastik. Selain itu, bisa juga kita mencari lem serbaguna yang dapat dipakai untuk merekatkan bahan porositas tinggi atau rendah. Idealnya, lem juga harus tahan lama. Sebab bila lem sekadar cocok saja, tentu produk yang direkatkan pun tak akan bisa awet dipakai.

Perlu Lem yang Tepat

Untuk menerapkan cara lem akrilik yang benar sudah pasti kita harus memilih lem yang benar terlebih dahulu. Dan kami di lemkayu.net menyediakan produk yang bisa Anda gunakan. Produk tersebut adalah Eva Phaethon.

Eva Phaethon bukanlah lem kayu atau lem kertas. Eva Phaethon adalah lem berbasis ethylene vinyl acetate. Lem ini merupakan lem serba guna atau multipurpose. Sebab, Eva Phaethon bisa digunakan untuk merekatkan bahan berporositas rendah, tinggi, atau perpaduan keduanya.

Dengan lem Eva Phaethon, cara lem akrilik dengan bahan serupa lain akan lebih mudah. Selain itu, adhesive ini juga bisa digunakan untuk merekatkan akrilik dengan bahan non akrilik. Misalnya, untuk membuat furniture meja dengan papan bahan ini.

Kelebihan Eva Phaethon untuk Aplikasi Cara Lem Akrilik yang Mudah

  1. Memang cocok untuk kebutuhan perekatan ini
  2. Bukan hanya bisa merekatkan akrilik dengan akrilik, namun akrilik dengan bahan lain seperti kayu
  3. Lem yang tidak menyebabkan glue line
  4. Aman digunakan. Produk dibuat dengan semangat eco friendly
  5. Hemat dan harganya terjangkau
  6. Cara aplikasi yang mudah
  7. Tersedia dalam kemasan yang budget friendly untuk kebutuhan usaha
lem eva phaethon

Bisa Dipakai untuk 3 Jenis Bahan Akrilik

Aplikasi Eva Phaethon bisa ditujukan untuk 3 jenis bahan akrilik sekaligus, yaitu:

Cast Acrylic

Cast acrylic atau akrilik cetak adalah tipe yang proses produksinya melibatkan bahan-bahan yang wujudnya cairan panas. Bahan-bahan itu bereaksi kimia dalam suhu udara tinggi itu. Setelahnya, pekerja atau mesin menuangnya ke cetakan dengan bentuk lembaran sehingga tatkala suhu menurun, bahan akan mengeras menjadi lembaran.

Extruded Acrylic

Akrilik ekstrusi memiliki proses pembuatan yang berlainan dibanding akrilik cetak. Untuk jenis ini, tidak digunakan suatu alat cetak khusus. Proses produksinya melibatkan sebuah mesin penekan yang ditujukan ke bahan akrilik. Ketika bahan dikenai tekanan, bahan juga mengalami reaksi kimia. Setelahnya akan terbentuk bahan yang bisa digunakan. Harga extruded acrylic ini umumnya lebih murah dari yang tipe cetak. Tapi keduanya bisa mengandalkan Eva Phaethon dalam aplikasi cara lem akrilik yang optimal.

Akrilik Lembaran Berwarna atau Colored Acrylic Sheeting

Akrilik lembaran berwarna atau colored acrylic sheeting dalam pembuatannya memanfaatkan bahan pewarna. Sehingga kemudian dihasilkan colored acrylic sheeting. Anda bisa memanfaatkannya sekiranya memerlukan tampilan glassy yang tidak bening saja. Silahkan pilih yang paling sesuai dengan selera. Toh, pilihan untuk tipe ini sangatlah banyak.

Cara Lem Akrilik dengan Eva Phaethon

Aplikasi Eva Phaethon untuk merekatkan akrilik sangat sederhana. Anda tinggal mengoleskannya saja secara merata dan secukupnya di area yang hendak direkatkan.

Setelah itu, tahan perekatan hingga stabil. Gunakan clamp atau alat lainnya yang bisa menggantikan. Tunggulah sampai perekatan mengering dan cukup kuat, baru setelah itu bersihkan noda-noda bekas pengeleman.

Cara Beli Lem Eva Phaethon

Lem Eva Phaethon adalah lem unggulan kami. Bagi Anda yang ingin membeli adhesive ini, ada beberapa cara pembelian yang bisa Anda pilih.

Pertama ialah pembelian konvensional atau biasa. Anda bisa ke agen kami, toko, atau Bio Service Point. Bio Service Point adalah lokasi di mana kami menyediakan berbagai produk woodworking Bio Industries. Bio Service Point berlokasi di Yogya, Jepara, Cirebon, dan masih akan berkembang ke kota lainnya. Sedangkan agen kami tersebar lebih meluas. Jadi, silahkan hubungi dan tanya ke CS kami, agen yang paling dekat dengan domisili Anda.

Bagaimana bila tak mau repot dan ingin membeli produk secara online saja? Well, kenapa tidak? Pembelian secara daring juga amat mudah dilakukan. Prosedurnya pada dasarnya serupa dengan prosedur belanja online di toko daring terpercaya.

Penutup

Akrilik adalah bahan serba guna yang menarik karena memiliki sifat transparan dan ringan. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat furniture, akuarium, hingga perabot rumah. Jenisnya pun beragam, dengan 3 di antaranya adalah akrilik cetak, ekstruksi, dan berwarna.

Namun demikian, karena sifatnya yang khas, cara lem akrilik menjadi sesuatu yang tidak mudah diterapkan. Untung saja ada lem Eva Phaethon yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini.

Selalu gunakan lem Eva Phaethon untuk hasil perekatan optimal pada berbagai material! Semoga informasi ini bermanfaat ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here