Jenis Lem Plastik Tahan Air yang Recommended

0
127

Tidak mudah mencari lem plastik tahan air. Makanya di kesempatan ini, kami akan membahas produk adhesive plastik mana yang memiliki ketahanan terhadap air yang baik.

Apa yang sebaiknya diperhatikan saat kita mencari lem plastik? Daya rekatnya? Tentu. Efeknya pada warna? Tentu. Selain itu, kita juga perlu memerhatikan ketahanan lem terkait terhadap paparan air.

Kenapa air? Sebab air merupakan zat yang berada di mana-mana. Air dalam jumlah yang banyak kadang menjadi faktor yang selalu kontak dengan media. Di sisi lain, partikel air berterbangan di udara dan memengaruhi derajat humiditas udara.

Pada kasus-kasus tertentu, kita juga membutuhkan perekat untuk benda yang memang mewadahi air. Contohnya, Anda membutuhkan perekat pada pintu freezer dari plastik. Pintu tersebut mungkin rusak karena terlalu ditekan kuat saat hendak dibuka. Sebagai akibatnya, Anda harus memperbaikinya dengan lem yang tepat. Dan karena pintu freezer diletakkan di area yang kontak dengan airnya tinggi, maka lem pun semestinya tidak kehilangan daya rekatnya ketika terkena air.

Memilih Lem Plastik Tahan Air Berdasarkan Jenisnya

CS Lem Kayu

Pertanyaannya, apa jenis lem plastik yang ketahanan terhadap airnya bagus? Yuk, kita bahas satu per satu berdasarkan formula atau bahan dasar adhesive-nya.

  1. Lem epoksi. Lem ini merupakan lem yang bisa digunakan untuk bahan plastik yang keras dan sulit dilem. Ketahanan lem ini terhadap air tidak perlu diragukan lagi. Dengan kata lain, bila Anda memerlukan perekat plastik dengan resistensi terhadap air yang paling bagus, maka jawabannya ialah epoxy. Hanya saja, lem ini merupakan lem yang membentuk permukaan tebal. Maka pemakaiannya harus dilakukan hati-hati.
  2. Cyanoacrylate. Cyanoacrylate atau super glue adalah jenis lem plastik tahan air lain yang kami rekomendasikan. Ketahanannya terhadp air memang tak sebesar epoksi, namun lem ini lebih murah dan lebih mudah diaplikasikan. Super glue bisa digunakan untuk merekatkan bahan plastik seperti pipa.
  3. Lem EVA. Lem EVA adalah lem berbahan dasar ethylene vinyl acetate. Lem ini tidak didesain dengan ketahanan terhadap air yang tinggi. Sebab, lem EVA memang umumnya digunakan untuk merekatkan lapisan-lapisan berbahan plastik seperti HPL dan PVC. Bagi Anda yang ingin mencari lem plastik tahan kelembaban, maka lem ini bisa menjadi pilihan.
  4. Glue stick. Glue stick adalah lem hot melt yang biasanya dijual di toko untuk lem kerajinan. Ketahanan terhadap air lem ini adalah yang paling rendah. Namun harganya juga paling murah.
  5. Lem Akrilik. Lem ini menggunakan bahan dasar akrilik. Kualitasnya termasuk baik namun ketahanan terhadap airnya di level medium saja.

Mana Lem Plastik Tahan Air yang Harus Dipilih?

Beberapa dari Anda barangkali bertanya, dari lem-lem di atas, mana yang harusnya dipilih? Apakah epoksi? Atau EVA? Atau glue stick saja?

Jawabannya sesuaikankah dengan keperluan. Apabila Anda hanya ingin membuat hiasan atau mainan di rumah, maka beli saja glue stick dan glue gun. Adapun, untuk proyek yang besar yang membutuhkan kualitas yang tinggi, beli lem plastik untuk industri, baik itu epoksi, super glue, hingga akrilik.

Berapa Harga Lem Plastik Tahan Air?

Tergantung. Namun dari jenisnya, secara umum yang paling mahal adalah lem epoksi dan PU. Setelah itu, yang lainnya tergantung pada kualifikasinya. Harga lem plastik yang tahan air kadang juga dipengaruhi oleh kemasan, di mana Anda membeli, serta faktor merk.

Namun saran kami, bila Anda ingin membeli lem dengan kualifikasi ini, janganlah melupakan aspek yang lain. Misalnya saja Anda ingin membeli lem untuk merekatkan dua buah plastik yang nantinya dipakai untuk mainan air. Maka pilihlah lem yang tidak glue line. Sebab glue line bisa membuat produk Anda terlihat sangat jelek.

lem kayu terbaik

Untuk Lem Kayu, Gunakan Crossbond Selalu

Kita sudah membahas mengenai perlunya lem plastik tahan air di atas. Kita juga sudah membahas mengenai jenis-jenis lem dengan tingkat ketahanan terhadap eksposi air yang berlainan.

Tapi bagaimana dengan lem kayu? Untuk lem kayu, maka pilihan terbaik jatuh kepada Crossbond. Crossbond adalah lem modern yang bisa digunakan pada kayu, bambu, hingga serat alam. Lem ini sangat kuat, tahan lama, dan mudah digunakan. Lebih dari itu, Crossbond adalah lem yang eco friendly karena tidak mengandung zat-zat toksik yang membayakan diri ataupun lingkungan.

Apakah Crossbond adalah lem yang tahan air? Crossbond bukan lem yang kami desain untuk digunakan pada kayu yang terus menerus terekspos air. Kami memang sengaja memformulasikan lem ini sebagai lem furniture, kerajinan, dan rangka.

Tersedia Dua Jenis Crossbond

Tersedia dua jenis lem Crossbond dengan fungsi yang berbeda. Keduanya adalah lem Crossbond dan lem Crossbond X4. Lem Crossbond X3 bisa digunakan untuk merekatkan sambungan pada rangka, baik itu konstruksi bangunan hingga furniture. Tapi lem ini adalah lem indoor, artinya tidak bisa dipakai untuk produk yang akan diletakkan di luar ruangan.

Di sisi lain, Crossbond X4 adalah lem laminasi atau pelapisan. Lem ini bisa digunakan untuk merekatkan media pada permukaan lebar. Misalnya untuk mengelem veneer dan juga tripleks. Selain itu, lem ini juga bisa digunakan untuk memasang lantai dan dinding kayu.

Ayo, Beli Crossbond Sekarang juga

Mari, segera beli dan dapatkan lem Crossbond. Lem ini dapat Anda beli secara langsung ataupun secara online. Pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami. Sedangkan pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point atau via agen kami. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Selain mendapatkan lem yang bagus, dengan membeli Crossbond, Anda juga akan mendapatkan layanan gratis konsultasi. Kami memiliki komitmen terhadap semua pelanggan. Kami selalu siap dengan informasi serta tips dalam aplikasi Crossbond. Anda bisa senantiasa menghubungi kami untuk kedua hal tersebut. Selain itu, untuk kerja sama lebih lanjut, kami juga siap dengan tim Crossbond yang terdiri atas marketing dan teknisi kami yang sangat berpengalaman.

Kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Memilih lem plastik tahan air memang sangat penting. Sebab, kita sering membutuhkan adhesive untuk plastik yang terekspos dengan air. Misalnya untuk mengelem wadah plastik, membuat mainan air dari bahan plastik, hingga memperbaiki pintu freezer yang rusak. Di pasaran sendiri, ada beberapa jenis lem yang bisa menjadi pilihan dari lem epoksi, super glue, sampai glue stick.

Bagaimana dengan lem kayu? Untuk kebutuhan pengeleman kayu, maka pilihannya adalah lem Crossbond. Lem Crossbond merupakan lem untuk mebel, kerajinan, dan konstruksi bangunan. Lem ini memiliki berbagai kualitas dari aspek daya rekat hingga sifatnya yang tahan lama.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Terus update artikel menarik yang lain di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here