Ide Bisnis Kursi Kolam Renang di Daerah Wisata

0
88
bisnis kursi kolam renang

Ada banyak ide bisnis yang punya peluang besar untuk bisa kita wujudkan. Salah satunya adalah bisnis kursi kolam renang yang ternyata demand-nya begitu tinggi di daerah pariwisata.

Berenang merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan selagi liburan. Birunya air di kolam dan cuaca yang cerah menjadi kombinasi ideal bagi wisatawan.

Setelah lelah, kita bisa beristirahat di dekat kolam sembari menikmati waktu yang masih luang. Kita bisa menyantap minuman yang menyegarkan atau berbincang dengan rekan mengenai berbagai hal. Kira-kira demikianlah aktivitas yang didambakan mereka yang ingin bersantai.

Keinginan tersebut jelas bukan hal yang salah dan umum kita temui di banyak sentra pariwisata. Di Bali misalnya, turis menyempatkan diri untuk bisa menikmati tempat wisata dengan kolam renang dan kursi kolam di pinggirnya.

perawatan kayu alami natural oil

Bisakah Kursi Kolam Renang Dijadikan Ide Usaha?

Turis yang suka berenang mungkin bukan hal yang terdengar menakjubkan. Namun, bila Anda adalah seorang pelaku usaha, sebenarnya ada potensi besar yang bisa Anda eksplor.

Kegemaran para turis tersebut sejatinya bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha. Khusus untuk Anda pelaku usaha mebel, salah satu ide bisnis yang patut dipertimbangkan adalah bisnis kursi kolam renang.

ide bisnis kursi kolam renang

Pasar untuk usaha kursi kolam renang tersebut cukup menggiurkan. Hotel, restaurant, taman, dan lain sebagainya biasanya membutuhkan kursi santai untuk diletakkan di area kolam renang.

Omset yang bisa Anda nikmati pun sangat mungkin mencapai puluhan juta hingga milyaran rupiah. Oleh karena industri pariwisata Indonesia terus berkembang. Kelak, selain Bali, akan ada banyak destinasi wisata populer yang lainnya.

Sebab saat ini saja, berbagai wilayah di luar Bali telah membangun sektor tersebut. Misalnya saja Lombok dan berbagai kota di NTT serta NTB.

Apalagi bila Anda memiliki orientasi untuk ekspor. Dengan produk yang bermutu dan harga bersaing, tentu produk Anda akan diterima di negara-negara maju seperti Amerika, Perancis, Inggris, Jerman, hingga Spanyol.

Begini Perawatan Agar Kursi Kolam Renang Tidak Mudah Rusak

Meski cukup menggiurkan, usaha kursi kolam renang tidak sepenuhnya tanpa persoalan. Pembuatan kursi santai memiliki tantangan seperti mebel pada umumnya. Dalam hal ini, kita harus memastikan aspek-aspek fundamental mencakup:

  1. Estetikanya: Estetika dipengaruhi oleh desain dan warna. Estetika atau keindahan penting diperhatikan sebab akan memengaruhi suasana area kolam renang yang vital untuk menggaet wisatawan.
  2. Kenyamanan: kursi seperti ini memiliki satu fungsi utama, yakni untuk berleha-leha. Kenyamanan kursi pun harus senantiasa diperhatikan.
  3. Kekuatan: kursi harus mampu menopang beban orang yang cukup tinggi. Apalagi bila kursi itu akan diletakkan di sebuah hotel di Bali. Tubuh turis asing yang lebih berat harus bisa ditopang dengan kursi ini.

Selain ketiga aspek tersebut, pada pembuatan kursi kolam renang, kita juga mesti memerhatikan keawetannya.

kursi kolam renang dari kayu dengan gaya yang estetik

Khusus untuk kursi dari kayu, tingkat keawetan kayu mengacu pada ketahanan kayu ketika terpapar faktor-faktor yang bisa merusaknya. Misalnya saja perubahan suhu, eksposi sinar matahari, hingga serangan rayap.

Aspek ketahanan sangatlah penting karena akan memengaruhi persepsi pembeli. Bila pembeli mendapati produk Anda mudah rusak, tentu ia tidak akan merasa puas. Bisa jadi ia kemudian menceritakannya dengan orang lain hingga pada akhirnnya masyarakat cenderung memandang produk Anda secara negatif.

Memastikan Kualitas Kursi Kolam Renang

Berbagai tantangan dalam usaha ini bagaimanapun juga pasti bisa diatasi dan dicegah. Caranya? Silahkan ikuti beberapa tips dari lemkayu.net di bawah ini.

1. Gunakan Kayu yang Berkualitas

Digunakan secara bergantian dan diletakkan di dekat area yang basah, kayu yang digunakan haruslah memiliki kualitas baik. Kayu harus memiliki kelas kuat dan kelas awet I atau II. Bahkan bila memungkinkan material tersebut harus sudah ditreatment terlebih dahulu.

Penggunaan kayu yang berkualitas selain bisa membuat kursi tak mudah rusak ketika diberi beban, juga bisa membua kursi lebih bebas hama. Sebab kayu yang kelas kuat dan kelas awetnya bagus memang pada umumnya tak begitu disukai oleh hama.

2. Gunakan Cat Khusus Outdoor

Berdasarkan tujuan penggunaannya, terdapat dua jenis cat. Yang pertama adalah cat indoor, dan yang kedua adalah cat outdoor. Cat indoor tidak bisa digunakan pada mebel luar ruangan. Namun cat outdoor bisa digunakan untuk mebel luar ruangan atau dalam ruangan.

Karena kursi kolam renang diletakkan di area kolam yang umumnya di lingkungan eksterior, cat yang digunakan pun harus cat eksterior. Hindari menggunakan cat interior, karena lapisan yang terbentuk tak akan bisa melindungi substrat asli kursi dari paparan air hingga panas matahari.

3. Gunakan Lem yang Tahan Lama

Terakhir namun tidak kalah penting, gunakanlah lem yang tahan lama. Lem pada pembuatan mebel berfungsi untuk merekatkan area sambungan.

Tanpa lem, kita hanya bisa menggunakan skrup dan paku. Padahal penggunaan keduanya, selain kurang bagus, juga bisa kendor seiring berjalannya waktu. Sebab terjadi gesekan pada lubang di mana keduanya dimasukkan.

Hal ini berbeda dengan aplikasi lem di mana komponen joinery disatukan menjadi satu kesatuan.

Karena fungsinya vital, sudah pasti lem yang dipilih dalam pembuatan kursi kolam renang harus benar-benar baik. Dan untuk keperluan ini, kami merekomendasikan kepada Anda lem Crossbond.

Crossbond bisa merekatkan kayu dengan begitu baik menggunakan bahan PVAc. Crossbond juga aman digunakan, kuat, dan tidak glue line sehingga sangat ideal sebagai perekat mebel kursi kolam.

perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here