Cara Kreatif Membuat Kursi Meja Makan yang Bagus

0
1407
kursi meja makan

Buat ruang makan lebih semarak! Caranya? Mudah kok. Anda bisa memanfaatkan pallet untuk membuat kursi meja makan, mengaplikasikan decoupage, mengaplikasikan warna yang bagus, sampai memperbaiki kursi meja makan yang rusak.

Kehadiran perabot berupa set meja makan dan kursinya jelas berdampak pada keindahan ruang makan itu sendiri. Tak heran, banyak pelaku usaha furniture yang menjajakan set dining table and chair yang begitu menawan. Masyarakat pun selalu mengusahakan yang terbaik untuk membuat ruang makan lebih bagus. Nah kali ini, tim lemkayu.net akan secara khusus membagikan beberapa cara untuk “merombak” kursi meja makan Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti supaya ruang makan makin menawan. Eits, cara ini juga bisa diterapkan produsen dining table dan kursinya lho. Sebab dipastikan cara membuat kursi kayu dan meja makan ini akan memberikan hasil yang lebih bagus.

Pemakaian Pallet

Selain memakai kayu biasa, kita juga bisa membuat kursi meja makan dari bahan yang tak biasa! Misalnya saja pallet atau kayu peti kemas. Di industri furniture, sebetulnya pallet bukan barang baru. Malah telah sangat banyak mebel yang dibuat dari material ini dengan harga standar hingga sangat fantastis. Hanya saja, di masyarakat awam, pemakaian pallet yang biasanya terdiri atas kayu jati belanda tersebut untuk membuat furniture masih jarang dilakukan. Padahal, pemakaian bahan ini bisa memberikan kesan tersendiri. Cara pembuatannya pun tidak sulit. Apalagi ketika kemudian diaplikasikan dengan finishing yang tepat. Umumnya, tipe finishing yang cocok adalah tipe dengan kesan lawas misalnya charcoal, whitewash, blackwash, patina color, rustic, hingga recycle. Penggunaan pallet akan membuat suasana ruang makan lebih santai, unik, hangat, dan berbeda dari biasanya.

CS Lem Kayu

meja kuri pallet

Aplikasi Finishing yang Beda dari yang Lain

Jangan terpaku pada warna finishing atau pengecatan yang itu-itu saja. Perluas kreativitas Anda supaya bisa menghasilkan produk lain daripada yang lain. Misalnya saja, aplikasi warna cerah solid yang berbeda pada kursi makan. Pasti hasilnya sangat semarak dan menarik. Atau bisa juga aplikasi warna yang vintage dengan kesan lawas seperti rustic, whitewash, hingga patina.

meja kursi pallet

Bagaimana dengan warna lawas tapi tetap lembut? Anda bisa mencoba finishing dengan warna shabby chic. Shabby chic mengkombinasikan kesan yang sangat unik antara kelawasan dengan kelembutan.
Selain itu, bisa juga kita tambahkan aksen metalik pada warna kursi meja makan. Aksen atau warna metalik seperti emas, perak, hingga peruggu bisa didapatkan pada cat kayu metalik seperti Orchid.

meja makan warna-warni

Lantas bagaimana dengan warna alami? Warna natural pun tak apa diterapkan. Warna natural akan membuat furniture terlihat lebih asri dan hangat dibanding aplikasi warna lainnya.

Aplikasi Decoupage

Anda juga bisa menghias kursi meja makan dengan beberapa teknik. Ukiran misalnya. Tapi mengaplikasikan ukiran sangat sulit dan membutuhkan keterampilan ekstra. Demikian juga bila Anda ingin melukis furniture tersebut. Anda harus memiliki keahlian dulu untuk melukis terutama di mebel.

Lantas apa solusinya?

Bila Anda tak begitu menguasai berbagai keterampilan tersebut, cobalah mengaplikasikan teknik decoupage. Teknik ini dilakukan dengan:

1. Menempelkan gambar pada furniture
2. Melapisi seluruh permukaan furniture dengan cat bening atau clear coat

Dengan cara ini, furniture Anda akan terlihat seperti dilukis. Menarik bukan? Meski demikian, untuk hasil yang benar-benar bagus dan tampak seperti lukisan, jelas diperlukan keahlian yang baik. Selain itu, agar gambar terlihat natural menyatu dengan mebel pun perlu usaha khusus. Misalnya dengan membuat gambar memiliki warna yang berpadu dengan warna furniture. Tapi secara umum, aplikasi decoupage termasuk salah satu cara termudah untuk membuat kursi meja makan kita menarik.

meja makan decoupage

Make Over dengan Semir Kayu

Tampilan kursi meja makan terlihat tua dan kusut tapi Anda tak ingin mengecat ulang? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan make over dengan semir kayu. Semir kayu seperti namanya, memiliki fungsi serupa dengan semir sepatu, yakni untuk membuat media yang disemir terlihat lebih bagus. Biasanya, semir juga memberikan proteksi dan memperbaiki kerusakan yang ada. Tapi tentu saja fungsi semir kayu sangat tergantung pada jenis semir yang Anda pakai.

Rekomendasi kami adalah semir kayu Biopolish. Mengapa semir ini? Sebab bahannya terbuat dari beeswax atau lilin lebah dengan campuran minyak alam (natural oil). Ketika diaplikasikan, produk tersebut ternyata mampu membuat warna kayu lebih tajam dan mengkikap. Kayu juga lebih halus karena semir ini dapat membuat serat kayu lebih fleksibel dan tidak mudah rusak.
Kursi meja makan Anda yang tak terpakai pasti akan terlihat senantiasa baik dengan perawatan memakai semir seperti ini. Pun demikian bagi Anda yang menjual produk serupa. Supaya produk Anda lebih laku, tentu kondisinya harus selalu bagus setiap saat. Karenanya, pemakaian semir kayu atau wood polish sangat dianjurkan.

Tapi bagaimana cara memakai semir kayu?

Jangan khawatir. Memakai produk seperti ini tak ubahnya mengaplikasikan semir sepatu. Yang diperlukan hanya alat untuk menggosokkan semir kayu pada furniture Anda. Tak sulit, tapi hasilnya signifikan.

Memperbaiki Kursi Meja Makan Rusak dengan Crossbond

Tips terakhir dari kami ini dikhususkan bagi furniture yang mengalami kerusakan. Kerusakan yang dimaksud bisa berupa bagian kursi yang goyah, adanya elemen yang lepas, dan berbagai jenis kerusakan lainnya. Untuk mengatasi berbagai kerusakan tersebut, tentu identifikasi permasalahannya harus diutamakan. Barulah setelah itu dicari solusi yang tepat.

kursi patah

Nah, bagi yang kursi meja makannya mengalami kerusakan seperti:

1. Elemen atau komponen lepas
2. Elemen atau komponen furniture patah
3. Bagian goyah sehingga kursi atau meja menjadi tidak kokoh

Kerusakan-kerusakan seperti itu bisa diperbaiki dengan lem yang tepat, yakni Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem berbahan dasar Polyvinyl Acetate atau PVAc yang di pasaran biasa disebut lem putih. Lem ini memiliki kekuatan yang sangat baik karena didesain dengan inner cross linker. Selain itu, adhesive ini juga sangat awet, mudah digunakan, tak menyebabkan warna, bau lebih rendah, aman dipakai karena tak mengandung zat-zat toksik, cepat kering, solid content tinggi, dan cover area luas yang membuatnya lebih hemat digunakan.
Crossbond X3 juga sangat mudah dipakai oleh orang awam sekalipun. Untuk perbaikannya, Anda tinggal mengoleskannya saja pada bagian yang akan dilem.

crossbond x3

Sedikit tips dari kami:

1. Pada bagian yang sambungannya lepas, bersihkan dulu lapisan lem yang lama baru kemudian aplikasikan Crossbond X3.
2. Pada bagian yang patah, potong secara simetris bagian patahan lalu sambung dengan kayu pengganti yang bentuknya cocok. Setelah itu aplikasikan Crossbond X3 dengan penyambung lain seperti paku (bila dirasa perlu saja).

Nah, itulah kurang lebih pembahasan kali ini mengenai kursi meja makan. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here