Dari Pengaruhnya pada Suara hingga Tampilan: Begini Lem Kayu untuk Gitar yang Bagus

0
956
pengeleman gitar

pengeleman gitarTak sulit untuk memahami bahwa untuk membuat gitar yang bagus, diperlukan juga lem kayu untuk gitar yang bagus. Hal itu sudah lumrah dan merupakan common sense yang juga berlaku di berbagai bidang. Yang mungkin belum kita pahami dengan baik adalah fakta seberapa besar fungsi lem tersebut.

Jangan salah! Lem yang kita gunakan untuk merekatkan gitar bukan hanya penting agar alat musik tersebut bersatu dan bisa digunakan. Lebih dari itu, lem kayu yang kita manfaatkan bahkan berpengaruh pada suara gitar.

Pengaruh Lem pada Suara Gitar

Hal di atas setidaknya diungkapkan oleh Tom Bills pemilik situs theartoflutherie yang juga merupakan pembuat gitar profesional. Dari bertahun-tahun pengalamannya membuat gitar, ia menyimpulkan bahwa kualitas suara gitar ditentukan banyak faktor. Dan di antara faktor yang sering disepelekan padahal sangat penting, ialah faktor lem yang digunakan.

CS Lem Kayu

Mengapa demikian?

Sebenarnya mudah saja untuk dipahami. Penggunaan lem pada gitar akan berdampak pada kualitas struktural alat musik tersebut. Mau tak mau, suara yang dihasilkan dari tubuh gitar itu sendiri pun akan terpengaruh kualitas struktural gitar ini. Kerapatan maupun kekuatan antar komponen gitar akan berdampak pada denting nada yang dihasilkan.

Seperti Apa Lem Kayu untuk Gitar yang Bagus?

Karena demikian besarnya dampak lem pada kualitas gitar secara keseluruhan, tentu pemilihan lem yang bagus harus diusahakan. Selain masalah suara yang telah dibahas di atas, berikut ini beberapa aspek yang tak kalah penting:

Daya Rekat

Pilih lem dengan daya rekat kuat agar gitar tidak mudah rusak.

Ketahanan

Ketahanan lem juga harus diperhatikan karena lem yang ketahanannya lemah, jelas akan mudah rusak meskipun daya rekatnya kuat.

Aplikasi

Apa gunanya membeli lem kayu untuk gitar yang bagus tapi aplikasinya sangat rumit? Terutama bagi Anda yang masih awam, pilihlah lem yang mudah digunakan.

Mudah Tidaknya Dibersihkan dan Pengaruhnya pada Keindahan Gitar

Selain kemudahan aplikasi, pilih pula lem yang mudah dibersihkan. Sehingga proses pengeleman tidak akan menurunkan keindahan artistik alat musik petik tersebut.

Efek pada Kesehatan

Gitar merupakan alat musik yang intensitas kontaknya dengan manusia tinggi bila sedang digunakan. Sehingga pemilihan bahan untuk membuat gitar yang aman harus diperhatikan. Untuk memilih lem yang aman, hindari produk yang mengandung formalin dan dilarutkan dengan solvent.

Produk Lem Kayu untuk Gitar yang Bagus

Dari kriteria yang kami terangkan di atas, produk lem yang kami rekomendasikan ialah Crossbond™. Crossbond™ terdiri dari dua varian lem yang bisa digunakan pada pengeleman untuk pembuatan gitar hingga perbaikan produk tersebut. Kedua varian itu adalah: Crossbond X3

Crossbond™ X3

Adalah lem PVA putih untuk keperluan pengeleman konstruksi.

Crossbond™ X4

Adalah lem resin alifatik untuk keperluan pengeleman laminasi.

Kedua produk Crossbond™ telah tersedia dalam kemasan besar dan kecil yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda. Silahkan hubungi kami via nomor 082 167 600 693 untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan di seluruh wilayah Indonesia.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here