Yuk, Dengar Kata Ahli Soal Peran Lem Kayu untuk Gitar yang Bagus!

0
1115
pengeleman gitar clamp

pengeleman gitar dengan lem kayu untuk gitar yang bagus

Chris Wellons, Vice President dari Taylor Guitar menceritakan pengalamannya dalam proses produksi gitar. Menurutnya dalam tahapan tersebut terdapat banyak aspek yang tak disangka orang. Salah satunya mengenai peran lem kayu untuk gitar yang bagus. Dikutip dari laman Franklin Adhesive and Polymer, lem bahkan disebut sebagai “key role” atau memiliki peran utama dalam kualitas gitar secara umum.

Wellons bahkan menyebut perusahaannya itu bisa menggunakan berbagai jenis lem pada satu gitar. Hal itu dilakukan karena tiap adhesive memang memiliki kriteria tersendiri yang hanya cocok digunakan untuk perekatan tertentu saja. Berkat ketelitian semacam ini,Taylor Guitar mencatat penjualan dengan angka fantastis hingga puluhan ribu tiap tahunnya.

Lem Kayu untuk Gitar yang Bagus juga Harus Mempertimbangkan Aspek Suara

Masih menurut Wellons, lem sebagai penyambung komponen gitar berperan dalam penyatuan hingga 175an lebih bagian alat musik tersebut. Tak mengherankan bila pada akhirnya, bahan ini memiliki efek pada berbagai kualitas gitar seperti kekokohan, estetika, hingga suaranya!

CS Lem Kayu

proses pembuatan gitar dengan lem kayu untuk gitar

Ya, produksi suara gitar tak bisa lepas dari lem yang diterapkan. Lantaran bahan ini berperan sebagai penentu bentuk, presisi, hingga kekokohan gitar. Aspek-aspek tersebutlah yang nantinya membuat suara gitar bisa dihasilkan dengan baik ataupun tidak.

Selain itu, detil-detil seperti bau gitar pun bisa terdampak oleh lemnya. Waspadalah mengenai aspek ini. Sebab, banyak lem di pasaran yang memiliki bau menyengat. Padahal, adanya bau seperti ini jelas bisa membuat orang kurang nyaman menggunakan gitar.

Memilih Lem untuk Gitar yang Tepat

Lalu bagaimana mencari lem yang tepat untuk instrument kesayangan? Untuk perusahaan-perusahaan besar seperti Taylor tentu perlu dilakukan standarisasi yang ketat. Artinya lem harus diuji terlebih dahulu sehingga tidak menimbulkan simpulan yang bias. Jangan salah. Banyak prasangka mengenai lem yang berkembang di pasaran yang sama sekali tidak tepat.

Sebagai contoh adalah anggapan bahwa lem berbahan dasar PVAc kurang kuat dibanding lem epoksi. Padahal, kenyataannya tidak selalu demikian. Sebuah majalah woodworking internasional sudah berhasil membuktikan bahwa tidak selamanya lem PVAc memiliki daya rekat yang lebih rendah. Apalagi untuk lem PVAc dengan modifikasi inner cross linking seperti Crossbond. Daya rekat lem kayu untuk gitar yang bagus ini tentu tak bisa disepelekan.

Nah, dengan cara-cara kritis seperti ini, tentu pemilihan lem bisa benar-benar menghasilkan gitar yang lebih baik. Yuk, berburu lem baik untuk gitar yang juga baik!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here