Ikuti Ini, Cara Pemilihan Lem Kayu untuk Gitar Akustik yang Tepat

0
4770
pengeleman gitar akustik

pengeleman gitar akustikMengingat Anda bukan luthier atau orang yang ahli dalam membuat dan memperbaiki gitar, berhati-hatilah bila Anda bermaksud mengelem alat musik tersebut sendiri. Di antara yang harus perhatikan adalah pemilihan lem kayu untuk gitar akustik maupun elektrik yang tepat. Meski sebenarnya bagi luthier sekalipun, hal ini adalah salah satu faktor krusial yang pemilihannya tak bisa dilakukan serampangan.

Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih adhesive gitar terutama gitar akustik yang tepat? Silahkan simak beberapa poin berikut ini.

Untuk Pengeleman Seperti Apa?

Meskipun merupakan satu kesatuan alat musik, tetapi tipe pengeleman pada gitar berbeda tergantung jenisnya. Jadi pertama-tama yang harus Anda pertimbangkan adalah tipe perekatan yang dibutuhkan.

CS Lem Kayu

Misal, apakah perekatan itu untuk perekatan sisi lebar atau antar komponen? Kemudian, apakah perekatan tersebut untuk menambal lubang atau tidak sama sekali? Hal ini harus Anda rinci, lalu Anda rumuskan kriteria lem yang tepat. Baru setelah itu, pilih produk lem kayu untuk gitar akustik sesuai kebutuhan yang sudah terinci tersebut.

Bagaimana Daya Rekatnya?

Salah satu faktor sangat krusial yang harus Anda perhatikan saat memilih lem kayu untuk gitar akustik atau apapun adalah daya rekatnya. Faktor ini demikian penting karena juga bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan alat musik tersebut.

Lama Kering

Pilih adhesive yang setidaknya bisa kering dalam standar mesin. Jangan memilih adhesive yang tingkat pengeringannya lama. Adhesive yang terlalu lama mengering sama tidak bagusnya seperti adhesive yang terlalu cepat mengering. Keduanya riskan gagal karena hitungan waktu yang terlalu ekstrim. Adhesive yang sangat lambat kering bisa rusak apabila ada gangguan eksternal yang intensitasnya lebih tinggi karena proses yang lama. Sedangkan adhesive yang terlalu cepat kering justru beresiko gagal bila tak dilakukan hati-hati.

Perhatikan Rekomendasi Aplikasinya

Ada beberapa alat yang harus disiapkan untuk perekatan gitar. Alat-alat tersebut sebaiknya sudah dipersiapkan sejak awal. Bila tidak, perekatan yang dilakukan bisa berakhir sia-sia.

Lem PVA Masih Lebih Baik

Di antara berbagai jenis lem kayu untuk gitar akustik yang bisa dipilih, kami menganggap bahwa jenis lem PVA adalah andalan bahan perekat terbaik. Lantas merek lem PVA atau lem putih apa yang kami sarankan?

Saran Lem Kayu untuk Gitar Akustik Crossbond ™

lem kayu untuk gitar akustikProduk yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah lem putih Crossbond™. Produk ini bisa digunakan pada berbagai tipe pengeleman gitar baik dalam pembuatan hingga perbaikannya.

Crossbond™ memiliki daya rekat kuat, tahan lama, serta cara aplikasi yang tidak rumit. Crossbond™ juga telah tersedia dalam dua varian kemasan yang cocok untuk kebutuhan besar seperti luthier hingga kebutuhan kecil untuk orang awam.

Silahkan hubungi kami di nomor 082 167 600 693 untuk informasi lebih lengkap dan cara pembelian Crossbond™.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here