Mengenal Lebih Dekat Lem Kayu PVA

0
4236
polyvinyl acetate, bahan dasar lem kayu PVA.

polyvinyl acetate, bahan dasar lem kayu PVA.
polyvinyl acetate, bahan dasar lem kayu PVA.

Apa yang dimaksud dengan lem PVA? Lem kayu PVA atau polyvinyl acetate adalah salah satu jenis adhesive yang banyak digunakan manusia. PVA sendiri adalah material sintetis dengan rumus kimia (C4H6O2)n. Bahan ini memiliki sifat termoplastik dan biasa dimanfaatkan pada berbagai jenis adhesive, bukan hanya adhesive untuk kayu. Meski kebanyakan berwarna putih, lem PVA juga tersedia dengan warna kuning dan biasa disebut lem Carpenter. Contoh lem carpenter adalah lem kuning Phaeton

Baca Juga : ketahui bahan dasar pembuatan lem beserta fungsinya

Awal mula penemuan lem kayu PVA tak terlepas dari ditemukannya bahan polyvinyl acetate di Jerman pada 1912. Di masa itu, penemuan PVA dianggap sebagai penemuan besar, sebab sebagai bahan baku lem, produk ini tidak menimbulkan bau dan bisa larut dalam air. Pada berbagai industri pengolahan kayu termasuk industri woodworking yang membutuhkan standar keamanan tinggi seperti meja dan almari makan, keberadaan lem PVA sangat membantu.

Kelebihan dan Kekurangan Lem Kayu PVA dalam Industri Woodworking

Selain unggul karena sifatnya yang food grade, karakter lem ini juga dinilai unggul pada berbagai aspek dibanding jenis lem lain. Menurut situs Wood Finishes Direct, lem PVA memiliki durabilitas sangat lama dibanding lem resin dan hewan. Di luar itu, lem kayu PVA juga dikenal sebagai lem cepat kering dengan harga maupun ongkos produksinya lebih murah. Adhesive jenis ini juga dapat digunakan di berbagai media mulai dari plywood, substrat kayu, MDF, hingga sebagai dempul.

Tapi sebagaimana lem kayu pada umumnya, tentu produk ini memiliki kekurangan. Kekurangan lem kayu PVA antara lain adalah cara aplikasinya yang biasa meninggalkan sisa. Saat media direkatkan lem akan keluar dari area perekatan sehingga harus dihilangkan. Produk ini juga akan makin melemah dengan tingginya kelembaban udara. Meski secara umum, usia pakainya tetap lebih baik dibanding adhesive yang lain.

Informasi Lebih Lanjut Lem Kayu PVA

Kami menyediakan berbagai jenis lem dengan bahan dasar polyvinyl acetate. Produk yang dapat Anda gunakan antara lain Crossbond™ dan general adhesive Phaeton. Berikut ini daftar harga produk-produk lem kayu PVA tersebut.

Produk Adhesive Fungsi dan Kegunaan Kemasan (kilogram) Harga (Rp.)
Crossbond™ X3 Perekatan tipe konstruksi seperti dalam pembuatan mebel. 4 165.000,00
Lem Kuning Phaeton General adhesive 10 150.000,00
Ekonomi Phaeton General adhesive box 596.000,00/box
Ultra Phaeton General adhesive box 998.600,00/box
Eva Phaeton General adhesive 4 148.000,00

Harus diingat, harga yang dicantumkan di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Silahkan hubungi Customer Service kami untuk informasi paling lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here