Mengenal Mesin Jointer dari Fungsi sampai Cara Kerjanya

0
48

Mesin jointer adalah salah satu jenis mesin yang penting digunakan dalam industri woodworking. Seperti apa mesin ini dan apa saja fungsi yang bisa diberikan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Industri woodworking merupakan industri yang sangat kompleks. Dibutuhkan berbagai peralatan atau machinery dalam pengolahannya. sejak pohon ditebang hingga kayu dikemas, diperlukan alat-alat seperti gergaji hingga penyerap kelembaban.

Namun demikian, ternyata di sisi lain kekompleksan industri woodworking ini juga mampu menyederhanakan kerja para karyawan. Hasil pekerjaan pun menjadi lebih baik sebab didukung oleh alat dan bahan yang jauh lebih mumpuni. Contohnya saja pengawet kayu. Sebelum ditemukan insektisida dan fungisida pengawet yang kita kenal sekarang, proses pengawetan dilakukan dengan cara yang sangat berbelit-belit.

Biasanya, masyarakat zaman dulu akan merendam kayu-kayu mereka di sungai sehingga komposisi kimianya berubah. Tujuannya? Sederhana, agar tidak diserang hama. Namun proses ini membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Sedangkan aplikasi pengawet yang kita kenal saat ini hanya membutuhkan waktu kurang dari sehari. Sangat signifikan bukan perbedaannya?

CS Lem Kayu

Contoh lain kemajuan alat woodworking bisa dilihat dari mesin-mesinnya. Misalnya saja alat woodworking bernama mesin jointer.

Pengertian Mesin Jointer

Secara umum, jointer bisa didefinisikan sebagai sebuah alat yang didesain khusus untuk meratakan permukaan kayu. Misalnya saja, Anda baru membeli potongan kayu dari seseorang. Potongan tersebut terlihat seperti sudah sangat baik dan siap dijadikan furniture. Tapi ternyata, ketika diletakkan di suatu bidang datar, potongan kayu tidaklah rata.

Lantas apa yang bisa dilakukan? Kalau perbedaan kerataan potongan cukup besar, bisa saja Anda memotongnya. Namun bagaimana bila perbedaan permukaan kayu tidak begitu besar namun cukup signifikan? Atau, Anda sudah memotong kayu sehingga lebih rata, tapi ternyata permukaan kayu masih timpang di tiap sisinya.

Mesin Jointer

Bila demikian, mesin jointer bisa menjadi solusi yang tepat. Alat ini memiliki wujud seperti meja yang terbuat dari logam. Namun di pertengahan “meja” tersebut terdapat semacam mata pisau atau alat pemotong.

Antara kedua sisi alat pemotong memiliki ketinggian yang berbeda. Perbedaan ketinggian ini bisa disetel (diatur). Tujuannya untuk menentukan seberapa tebal kayu yang hendak dipotong. Contoh, Anda punya potongan kayu yang di satu ujungnya memiliki ukuran tinggi 20 cm, sedangkan di sisi yang satunya, tingginya 23 cm. Maka Anda bisa menyetel perbedaan ketinggian menurut selisih tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Jointer?

Mudah saja. Anda hanya harus melewatkan kayu pada mesin tersebut dari ketinggian yang rendah ke ketinggian yang tinggi. Alat tersebut harus disetel dulu. Saat melewatkan kayu, Anda juga harus menekannya agar kayu bisa terpotong oleh pisau dengan benar.

Manfaat atau Fungsi Mesin Jointer

Sekilas, sekadar meratakan kayu adalah hal yang sepele saja dilakukan. Padahal, tingkat kerataan kayu memengaruhi kualitas produk akhir mebel secara umum. Bayangkanlah apabila buffet atau meja yang Anda buat memiliki sisi-sisi yang permukaannya tidak rata. Merepotkan bukan? Keindahannya pun menjadi kurang.

Rekatkan dengan Baik Menggunakan Lem Kayu Berkualitas

Penggunaan mesin jointer akan mempermudah kerja kita. Namun selain mesin ini, tentu saja berbagai produk pengolahan kayu lainnya harus diperhatikan. Salah satunya adalah perekat yang digunakan.

Perekat atau lem merupakan bahan utama untuk terjadinya penyambungan kayu. Di pasaran terdapat berbagai jenis perekat atau lem yang bisa digunakan. Namun demikian, tentu tak semua perekat memiliki kualitas yang baik. Hanya perekat tertentu yang bisa diandalkan karena mutunya benar-benar unggul.

Memperhatikan kualitas lem atau perekat ini memang demikian penting. Pasalnya, bila kita salah membeli perekat, efeknya sangat besar. Tahukah Anda bahwa aplikasi lem berefek pada:

  1. Estetika produk kayu secara keseluruhan.
  2. Kekokohan produk kayu tersebut
  3. Keamanannya (berkaitan dengan kekokohan, misalnya mebel yang tidak kokoh tentu membahayakan penggunanya)
  4. Tingkat keamanannya
  5. Ongkos produksi secara keseluruhan

Oleh sebab itulah pemilihan lem harus dilakukan dengan tepat. Dan untuk kebutuhan ini, kami rekomendasikan lem Crossbond.

Saran Kami adalah Crossbond

Lem Crossbond merupakan lem yang sangat unggul dari berbagai aspek. Pertama dari daya rekatnya, lem ini memiliki hasil perekatan yang sangat kuat. Namun demikian, lem ini juga sangat aman digunakan. Jangan salah, di lapangan, banyak lem yang kuat ternyata mengandung zat-zat toksik yang membahayakan.

lem kayu untuk finger joint terbaik

Crossbond juga tidak menyebabkan glue line. Adhesive ini pun sangat terjangkau dan sangat hemat untuk digunakan. Crossbond juga terdiri atas dua varian yang bisa digunakan untuk kebutuhan woodworking:

  1. Crossbond X3 untuk penyambungan. Crossbond X3 bisa digunakan untuk menyambung elemen furniture di bagian wood joint. Selain itu Crossbond X3 juga didesain untuk pengeleman rangka dan juga wooden craft.
  2. Crossbond X4. Crossbond X4 adalah lem untuk pengeleman pada permukaan yang lebar. Lem ini bisa diandalkan untuk merekatkan tripleks dan media sejenisnya. Lem ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai produk kayu olahan.

Crossbond untuk Mesin Jointer

Pada penggnaan mesin jointer, kayu-kayu akan diluruskan kemudian dijadikan aneka produk. Untuk kebutuhan seperti ini, Anda membutuhkan Crossbond X4. Sebab Crossbond X4 adalah lem untuk kebutuhan laminasi yang fungsinya untuk membuat papan dari potongan kayu, tripleks, pengeleman tripleks, sampai untuk memasang lantai kayu.

Cara Membeli Lem Crossbond

Membeli lem Crossbond sangatlah mudah dan tidak merepotkan. Proses pembelian bisa dilakukan dari rumah Anda tanpa Anda perlu bertandang ke sini. Caranya:

  1. Silahkan hubungi via kontak yang disediakan
  2. Anda akan terhubung dengan Customer Service kami. Silahkan berdiskusi mengenai produk yang akan Anda beli. Anda juga boleh lho menghubungi CS kami sekadar untuk menanyakan info lebih jauh mengenai Crossbond.
  3. Pembayaran bila semua dirasa sudah fix. Pembayaran dilakukan sesuai dengan petunjuk CS kami.
  4. Konfirmasi pembayaran ke CS kami.
  5. Setelah dikonfirmasi, CS kami akan memroses pesanan Anda. Anda tinggal mneunggu nomor resi dan produk yang Anda pesan sampai di alamat yang Anda inginkan.

Pembelian juga bisa dilakukan secara langsung. Caranya, Anda tinggal mengunjungi kami di Bio Service Point atau bertemu dengan agen-agen kami.

Nah, kurang lebih itulah yang bisa kami bagikan di artikel kali ini. Mesin jointer pada akhirnya merupakan sebuah mesin yang sangat berguna. Fungsinya terkesan sepele namun begitu penting membantu para pekerja di bidang perkayuan. Tanpa mesin ini, mereka akan kesulitan menemukan cara agar membuat permukaan kayu menjadi rata. Alat-alat pemotong manual seperti gergaji, misalnya, tentu tak bisa diandalkan.

Tapi ingat, dalam pembuatan produk kayu, selain mesin jointer diperlukan pula adhesive yang bagus. Dan untuk kebutuhan ini, lem Crossbond adalah adhesive terbaik untuk kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here