Memasang HPL Membutuhkan Alat Lem HPL yang Tepat

0
9991
edging

Selain ketepatan cara memasang HPL, dibutuhkan juga ketepatan pemilihan alat lem HPL yang digunakan. Apa saja alat, bahan, serta adhesive yang cocok untuk perekatan ini? Mari simak informasinya di bawah ini.


Sebagai bahan pelapis, HPL bisa digunakan untuk berbagai media. Dengan warna serta coraknya yang sangat beragam, pelapis ini memberikan pilihan yang mudah, efisien, dan sangat berguna untuk bahan olahan seperti particle board. Kita tidak perlu mengaplikasikan serangkaian teknik finishing yang sulit, namun hanya merekatkan sebuah pelapis saja.

Akan tetapi, sebaik apapun pilihan yang disediakan HPL, bukan berarti aplikasi pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah. Untuk memasang HPL diperlukan perlengkapan serta bahan yang tepat. Berikut ini alat dan bahan tersebut.

Alat Lem HPL yang Dibutuhkan

Alat

Router

CS Lem Kayu

router

Router diperlukan untuk meratakan pemasangan HPL terutama di bagian pinggirnya.

Alat Woodworking Standar dan Meja Pemotong

Sediakan alat woodworking standar mulai dari meteran, alat tulis, hingga siku. Jangan lupa sediakan juga meja serta mesin pemotong.

Kuas dan Amplas

kuas

Sediakan kuas untuk mengoleskan lem. Gunakan juga amplas untuk meratakan media sebelum dilapisi HPL.

MC Meter

Salah satu syarat pemasangan HPL yang baik adalah pemasangan ketika media dalam kondisi kering. Jadi kalau bisa, usahakan untuk mengetahui terlebih dahulu kelembaban substrat media menggunakan alat seperti MC Meter.

Bahan

HPL

laminateswatches

HPL terdiri dari beragam warna serta pola. Kualitasnya pun berlainan antar brand yang memproduksinya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Media

Siapkan media yang akan dilapisi dengan HPL. Biasanya, media-media yang dilapisi HPL adalah mdf, hdf, particle board, hingga plywood.

Lem Eva Phaethon

harga lem hpl surabaya

Adhesive yang cocok untuk pemasangan HPL adalah adhesive yang bisa merekatkan media dengan porositas besar (kayu olahan) dengan media yang porositasnya sangat kecil (HPL). Formulasi terbaik lem berjenis ini ditawarkan lem ethylene vinyl acetate atau EVA. Contoh lem dengan formulasi EVA adalah Eva Phaethon.

Edging

edging

Edging merupakan pelapis untuk bagian sisi media yang sulit dilapisi dengan HPL. Fungsi edging sangat fundamental karena tanpanya, pemasangan HPL tak akan pernah selesai dilakukan. Pasang edging sebagaimana Anda memasang HPL. Jangan lupa pilih yang secara visual menyerupai corak serta warna HPL.

Demikian alat dan lem untuk memasang hpl yang diperlukan. Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here