Alat Bantu Sederhana untuk Pengeleman Kayu Lebih Maksimal

0
1951
Roll untuk mengelem kayu

Prinsip Kerja Lem Putih

Saat diaplikasikan pada kayu, resin lem putih akan meresap ke dalam substrat tersebut dan membentuk ikatan kimia. Bila Anda menggunakan jenis lem yang harus diaplikasikan pada kedua media, maka pengolesan harus dilakukan bersamaan. Tapi akan jauh lebih praktis bila Anda menggunakan lem yang hanya perlu diaplikasikan pada satu media seperti Crossbond™.

Setelah lem diaplikasikan, tempelkan kedua media yang akan direkatkan. Pastikan tahapan ini dilakukan sebelum lem mengering. Selanjutnya, kita harus terus menghubungkan kedua media hingga lem benar-benar kering.

Baca Juga : ini dia cara pasang hpl dengan alat yang tepat

Dapat dikatakan, agar konstruksi kayu benar-benar efektif dan berfungsi dengan baik, seluruh permukaan media harus dilapisi lem. Sayangnya, faktor ini kadang tidak diperhatikan pekerja. Padahal, dengan beberapa alat bantu sederhana, proses pengeleman bisa dimaksimalkan untuk hasil yang lebih baik.

3 Alat Bantu Sederhana untuk Pengeleman Kayu dengan Kualitas Maksimal

Botol Lem

Sambungan pen dan lubang tertutup.
Sambungan pen dan lubang tertutup.

Terutama untuk pengeleman lubang dowel, Anda bisa memanfaatkan botol berujung runcing seperti botol kecap dan saus. Sebab, tipe pengeleman tersebut mencakup area yang sangat sempit.

Selain itu, kita juga bisa memodifikasi ujung botol pada kedua sisinya (bukan bagian depannya). Keluarnya lem pada kedua lubang yang dibuat tersebut akan sangat membantu dalam perekatan alur konstruksi lubang pen dan dowel. Sebab secara bersamaan, kedua sisi lubang akan terisi dengan lem.

Kuas

kuasGunakan kuas dengan ukuran maksimal 25 mm. Kuas sangat tepat digunakan pada penyambungan pen konstruksi atau untuk sekedar mengisi sela-sela lubang ekor burung, permukaan kayu yang tak begitu lebar, serta sambungan pen terbuka. Cara aplikasinya cukup seperti saat kita mengecat dengan kuas.

Roll

Roll untuk mengelem kayuAlat bantu sederhana untuk pengeleman kayu yang lain adalah roll. Alat sambungan kayu ini akan sangat Anda butuhkan untuk perekatan pada bidang lebar dengan waktu sempit. Misalnya perekatan tipe laminasi.

Menggunakan alat-alat di atas pada awalnya mungkin terkesan merepotkan. Tapi dengan mengaplikasikannya, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat daripada kebalikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here