Tekan Biaya Pengeleman Kayu dengan Lem Terjangkau

0
757
biaya pengeleman kayu

biaya pengeleman kayuPengeleman adalah tahapan dalam industri pengolahan kayu yang sifatnya niscaya. Hampir semua produk kayu yang kita kenal telah “menyentuh” lem. Karena itu, persoalan biaya pengeleman kayu pun bukan tema asing yang dibahas pelaku usaha di bidang tersebut. Masalah ini demikian krusial karena terkait dengan profit yang nantinya akan diperoleh.

Tetapi bukan berarti kita lantas asal menerapkan proses perekatan dengan prinsip“yang penting murah”. Cara berpikir seperti itu sangat salah dan malah menjerumuskan kita pada kerugian bahkan kebangkrutan. Apalagi bila cara berpikir tersebut dilandasi dengan pikiran bahwa “produk yang berkualitas, pasti harganya lebih mahal!” Lantas secara asal kita membeli lem dengan harga murah meski kualitasnya sangat buruk.

Ingat, pilihan bahan perekat di pasaran sangat banyak. Menemukan bahan perekat kayu yang murah tapi kualitasnya terjamin bukanlah perkara sulit. Asalkan, kita mau terbuka dengan berbagai produk adhesive yang dijual. Misalnya saja Crossbond™.

Hingga hari ini, Crossbond™ masih menjadi primadona industri woodworking karena kualitasnya yang sangat bagus tapi harganya yang terjangkau. Memanfaatkan lem ideal seperti Crossbond™ tentu akan menekan biaya pengeleman kayu menjadi lebih rendah sehingga akan memaksimalkan profit yang kita peroleh.

CS Lem Kayu

Crossbond™ sendiri terdiri dari dua jenis dan harus Anda pilih sesuai kebutuhan perekatan yang diperlukan. Pemilihan lem dengan spesifik seperti ini pun perlu diicermati. Sebab salah membeli lem berarti harus mengulangi proses perekatan dan dengan begitu malah membengkakkan biaya produksi.

Crossbond™ X4

Adalah lem untuk tipe perekatan laminasi seperti pengeleman panel kayu (wood paneling), lantai kayu decking, HPL, multipleks, dll. Harga produk ini adalah Rp. 50.000,-. Kemasan 4 Kg harganya Rp. 355.000,-

Crossbond™ X3

Adalah lem untuk tipe perekatan konstruksi misalnya perekatan kayu finger joint, dll. Harga produk ini Rp. 50.000,-. Kemasan 4 Kg harganya Rp. 165.000,-

Faktor Lain yang Berpengaruh pada Biaya Pengeleman Kayu

Selain pemilihan bahan perekat yang terjangkau tapi kualitasnya bagus, banyak faktor lain yang juga harus kita pertimbangkan. Misalnya saja, keahlian kita dalam melakukan proses tersebut.

Jangan salah. Faktor seperti ini justru demikian penting. Biasanya, faktor ini dialami mereka yang baru membuka usahanya, baik itu di bidang furniture atau kerajinan kayu. Karena masih pemula tak jarang kita membuat proses pengeleman menjadi amat mahal karena kegagalan dan ketidakefektifan yang terjadi.

Tetapi seyogyanya kita tidak mudah menyerah. Untuk kesuksesan di masa depan, pengorbanan awal memang harus dilakukan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here