Tutorial Cara Membuat Meja Ruang Tamu Sendiri dengan Biaya Murah

0
939
meja tamu

Sederhana dan murah! Kini Anda bisa mengganti meja ruang tamu yang rusak dengan bahan-bahan seadanya. Cukup sediakan beberapa potongan kayu dan ubahlah potongan-potongan tersebut menjadi meja tamu yang simpel namun memesona.

Ketika Meja Tamu Rusak

Meja tamu rusak jelas menjadi sebuah masalah tersendiri. Bagaimanapun juga meja tamu adalah meja di ruang di mana kita menjamu orang yang bertandang ke rumah. Segala apa yang berada di ruang tamu adalah representasi diri kita dan rumah kita secara keseluruhan. Sehingga kerusakan pada mebel yang digunakan juga harus diperbaiki. Apalagi bila meja tersebut sampai tak bisa digunakan lagi.

Secara umum, kerusakan meja tamu bisa diakibatkan berbagai faktor, antara lain:

  1. Serangan rayap
  2. Serangan jamur yang biasanya juga dibarengi dengan serangan bakteri pembusuk
  3. Kerusakan fisik akibat benturan mekanik
  4. Kerusakan pada lapisan finishing meja
CS Lem Kayu

Beberapa kerusakan bisa kita atasi dengan mudah. Namun beberapa yang lain memang akan begitu menyulitkan. Kadangkala bahkan kita harus terpaksa membeli meja ruang tamu yang baru. Tetapi tentu saja pembelian meja tamu yang baru akan membebani Anda dari segi dana. Apalagi biasanya, meja tamu dijual secara khusus dalam set bersama sofa atau kursi tamu. Jadi, Anda tak akan mendapatkan meja secara tunggal begitu saja.

Harga set sofa atau kursi tamu dengan mejanya sendiri jelas tidak murah. Setidaknya Anda harus mengeluarkan ratusan hingga jutaan ribu rupiah. Kalau Anda sedang ingin berhemat, jelas opsi ini tidak menguntunkan sama sekali. Daripada rugi, mengapa Anda tidak mencoba opsi lainnya? Misalnya membuat meja tamu itu sendiri.

Mengganti Sendiri Meja Ruang Tamu Rusak? Mungkinkah?

Membuat meja tamu sendiri mungkin dianggap hal yang tak bisa dilakukan. Apalagi bila kita masih begitu awam dengan pembuatan mebel. Tapi sebetulnya cara ini akan membuat Anda bisa menghemat banyak dana. Apalagi bila Anda memiliki potongan kayu sisa di rumah yang tak terpakai.

Tingkat kesulitan membuat meja kayu sendiri sejatinya juga tidak begitu tinggi. Malah meja merupakan salah satu tipe mebel yang paling mudah dibuat. Komponen meja secara umum hanyalah bagian permukaannya, apron, serta kaki. Selebihnya hanyalah dekorasi semata. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba membuat meja tamu. Berikut ini kami hadirkan cara sederhana membuat meja tamu khusus untuk Anda.

Cara Membuat Meja Ruang Tamu sendiri

Alat dan Bahan

  1. Potongan kayu, untuk rinciannya, baca keterangan di bawah.
  2. Gergaji
  3. Amplas
  4. Bahan finishing atau cat, dan kuasnya
  5. Lem Crossbond X3
  6. Clamp press atau peralatan yang bisa menggantikannya
  7. Skrup
  8. Paku dan pukul, serta berbagai peralatan woodworking lainnya

lem kayu untuk finger joint terbaik

Nah, untuk potongan kayunya sendiri sebetulnya ukurannya menyesuaikan dengan ukuran meja tamu yang henda Anda buat. Di bawah ini hanya contoh saja untuk meja tamu dengan ukuran lebar 50 cm, panjang 70 cm, dan tinggi 45 cm.

  1. Potongan kayu untuk permukaan meja dengan total lebar 50 cm dan panjang 70 cm. Misalnya, Anda memiliki potongan kayu dengan lebar 25 cm x 70 cm, maka Anda tinggal menggunakan 2 potongan saja.
  2. 2 buah apron dengan ukuran panjang 40 cm, dan 2 buah apron lain dengan ukuran 60 cm.
  3. 4 kaki meja dengan tinggi 45 cm. Tebal kaki meja setidaknya 3-5 cm.
  4. Penyangga permukaan meja dengan ukuran 40 cm.

Langkah-langkah Membuat Meja Ruang Tamu Sendiri

Setelah semua perlengkapan di atas disiapkan, silahkan ikuti langkah-langkah panduan dan tutorial di bawah ini.

Pembuatan Bagian Atas Meja

Siapkan semua potongan kayu yang dibutuhkan. Bersihkan dan haluskan tiap potongan kayu tersebut. Untuk membuat bagian atas permukaan meja sendiri lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Siapkan semua potongan kayu yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Aplikasikan lem Crossbond untuk merekatkan potongan kayu tersebut.
  3. Paku dengan arah miring tiap potongan.
  4. Gunakan penyangga yang diletakkan di bagian tengah permukaan meja.

Pemasangan Apron

Setelah permukaan meja selesai dibuat, kini Anda bisa memasang apron meja ruang tamu tersebut. Apron pada dasarnya adalah bagian meja yang menjadi penyambung antara permukaan dengan kaki meja.

  1. Buat pola garis di permukaan meja berbentuk persegi panjang mengikuti bentuk permukaan meja tersebut. Buatlah dengan jarak 5 cm di tiap sisi permukaan meja.
  2. Siapkan potongan kayu yang akan digunakan sebagai apron. Selanjutnya, rekatkan potongan kayu sebagai apron tersebut pada garis yang sudah dibuat menggunakan lem Crossbond.
  3. Pasang skrup siku agar makin kuat.
    Tunggu hingga lem benar-benar kering sehingga kondisi apron lebih stabil.

Pemasangan Kaki Meja

  1. Siapkan potongan kaki meja. Tiap potongan kaki meja akan dipasang di sudut apron.
  2. Caranya, rekatkan ujung potongan kaki dan bagian sampingnya menggunakan lem Crossbond.
  3. Setelah itu, rekatkan dan pakukan secara miring.
  4. Tunggu sampai lem benar-benar kering, dan bila memungkinkan gunakan clamp press.

Finishing Meja Ruang Tamu

Setelah memasang kaki meja, Anda sebetulnya sudah memiliki rangka meja yang utuh. Namun tentu saja tutorial ini tak berhenti sampai di langkah tersebut. Setidaknya, masih ada langkah tambahan yang harus dilalui, yakni aplikasi finishing.

Aplikasi finishing dilakukan dengan menerapkan cat sesuai selera Anda. Pilihlah cat yang cocok dengan kursi atau sofa yang akan jadi pasangan meja tamu tersebut. Langkah-langkahnya sendiri:

  1. Bersihkan dulu semua permukaan meja. Haluskan dan ratakan dengan amplas.
  2. Siapkan wood filler untuk finishing natural atau putty untuk finishing solid pastel
  3. Aplikasikan primer. Tunggu hingga kering. Amplas supaya halus.
  4. Aplikasikan warna cat atau wood stain. Tunggu hingga kering. Amplas supaya halus.
  5. Aplikasikan clear coat, yakni cat bening sebagai pelindung dan penentu tingkat kilau meja. Tunggu hingga kering. Amplas supaya halus.

Yuk, Segera Pesan Crossbond

Untuk pembuatan meja ruang tamu seperti dijelaskan di atas, kami menggunakan lem Crossbond. Kami tidak merekomendasikan pemakaian lem lainnya karena belum tentu hasilnya bagus. Crossbond sendiri disarankan karena selain daya rekatnya baik, lem ini juga mudah digunakan oleh orang awam. Sehingga pemakaiannnya akan membantu Anda yang ingin membuat meja tamu di atas.

Untuk mendapatkan Crossbond sendiri, sekarang sudah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah pemesanan online via website ini atau berbagai marketplace. Crossbond bisa dibeli dengan harga Rp. 45.000,- untuk Crossbond X3 dan Rp. 50.000 untuk Crossbond X4.

Nah, sampai di sini pembahasan mengenai cara membuat meja ruang tamu. Proses pembuatan meja seperti ini sebenarnya tidak sulit. Apalagi bila kita menggunakan peralatan dengan kondisi dan kualitas yang baik.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here