Ingin Gunakan Bambu? Gunakan Dulu Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond!

2
1784
bangunan bambu

Bagaimana bisa sebuah gazebo dan bangunan berbahan bambu lainnya dibangun dengan lem yang daya rekatnya lemah? Penggunaan lem yang kuat untuk bambu Crossbond merupakan syarat utama untuk bangunan bambu yang kokoh.

bangunan bambu

Penggunaan bambu sebagai bahan konstruksi bisa diaplikasikan untuk bangunan permanen maupun non permanen. Di zaman ini, biasanya fungsi bambu sebagai material konstruksi diterapkan untuk berbagai restoran tradisional, resort, dan bangunan-bangunan rekreatif lainnya. Contoh lainnya adalah gazebo dan pergola. Pemanfaatan bambu dianggap mampu menampilkan keindahan khas Indonesia dan membuat suasana menjadi lebih rileks.

CS Lem Kayu

Namun demikian, pemanfaatan bambu sebagai bahan konstruksi memiliki tantangan tersendiri. Pertama, harus dipahami bahwa menggunakan bambu akan menyebabkan perubahan drastis dari proses pembuatan gedung seperti saat kita menggunakan semen dan batu-bata. Apalagi bila keseluruhan bangunan tersebut terbuat dari material bambu. Di sini, Anda akan sangat memerlukan bahan yang barangkali tak banyak digunakan saat membangun bangunan konvensional. Bahan tersebut adalah lem atau adhesive.

Fungsi adhesive dalam pemanfaatan bambu sebagai bahan konstruksi akan turut berpengaruh terhadap kekokohan bangunan. Memang sambungan bambu berbeda dari sambungan kayu yang seringkali sangat menentukan kekokohannya. Namun, fungsi lem pada sambungan bambu juga tak bisa diabaikan. Lem setidaknya akan berperan menstabilkan sambungan dan menyatukan sambungan-sambungan tersebut sehingga meminimalisir kerusakan. Selain itu, fungsi lem juga diperlukan untuk komponen bangunan lainnya seperti dalam pemasangan lantai dan bamboo paneling.

Perlunya Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond

Ada setidaknya dua tipe lem yang diperlukan untuk membuat gazebo dan bangunan berbahan bambu lainnya lebih kuat. Yang pertama adalah lem konstruksi untuk berbagai macam sambungan. Sedangkan yang kedua adalah lem laminasi untuk berbagai macam proses laminasi mulai dari pemasangan lantai, pemasangan vinir bambu, dan produk bambu laminasi lainnya.
Dalam hal ini, kami merekomendasikan dua produk lem untuk kebutuhan tersebut.

lem kayu untuk gitar ekspor

Crossbond X3 untuk berbagai sambungan bambu. Crossbond X3 juga bisa digunakan untuk membuat berbagai mebel dari bambu seperti meja, kursi, dan rak.

Crossbond X4 untuk pemasangan lantai, penempelan vinir, hingga penggunaan bamboo paneling.
Kedua lem yang kuat untuk bambu Crossbond tersebut akan mendukung bangunan bambu (bahkan gazebo) agar lebih kuat dan kokoh.

Tapi bagaimana dengan ketahanannya?

Crossbond memiliki ketahanan terhadap air, panas, dan solvent. Sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkan bagaimana keawetan berbagai lem yang kuat untuk bambu tersebut.

ruang bambu

CS Lem Kayu

2 COMMENTS

    • Dear Pak Toto, lem yang digunakan bisa menggunakan Phaeton atau Crossbond sesuai kebutuhan. Silahkan Pak Toto menghubungi kami untuk penjelasan lebih lengkap di 082167600692. Semoga bermanfaat ya Pak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here