Cara Membelah Bambu Tanpa Alat Khusus

0
175
Cara Membelah Bambu
Image: majikkunotecho.wordpress.com

Bagaimana cara membelah bambu yang cepat dan mudah? Simak di sini tutorialnya.

Bambu bukan kayu. Meskipun dianggap sebagai alternative selain kayu, namun mengolah bambu membutuhkan teknik yang sangat berbeda dibanding saat Anda mengolah kayu. Bambu tidak padat sebagaimana kayu, memiliki nodul, dan substratnya pun secara umum memiliki densitas yang lebih rendah.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa bahan ini memang bisa menggantikan fungsi kayu. Apalagi dalam bidang konstruksi bangunan, furniture, dan juga jembatan. Yang penting diingat adalah penguasaan keterampilan bambu saat memanfaatkannya. Dan hal ini harus diperhatikan dari hal yang benar-benar sepele misalnya mengenai cara untuk membelah bahan tersebut. Anda boleh saja bangga bisa membelah kayu dengan mudah. Tapi bambu?

Sulitkah Cara Membelah Bambu?

CS Lem Kayu

Membelah bambu memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun keterampilan atau kemampuan untuk membelah bambu sangatlah penting, sebab berbeda dengan kayu, bambu seringkali harus dibelah. Misalnya dalam pembuatan pagar, mebel, rangka bangunan, dan lain sebagainya.

Di lapangan, para pekerja konstruksi yang masih awam dalam memakai bambu acap kali melakukan pembelahan dengan cara yang salah. Alhasil, belahan menjadi tidak lurus, patah, retak, dan lain sebagainya.

Padahal bila dilakukan dengan tepat, pembelahan material ini hanya akan memakan waktu beberapa puluh detik saja lho. Dan tak perlu pula mesin khusus untuk melakukannya. Agar lebih jelas, langsung saja simak cara pembelahan bahan bambu di bawah ini.

Langkah-langkah Cara Membelah Bambu

  1. Langkah pertama, tekan bambu dengan kuat dan sandarkan / tegaskan pada dinding atau benda lainnya yang kokoh dan tidak bergerak.
  2. Cari ujung bambu yang paling tipis. Dari ujung yang paling tipis inilah pembelahan mesti dimulai, jadi jangan mulai membelah dari ujung yang lebih tebal,
  3. Ambil pembelah (pisau, golok dan sejenisnya) lalu belah dari ujung yang paling tipis.
  4. Gunakan pukul dan lakukan terus pembelahan secara perlahan-lahan.
  5. Seiring pembelahan sampai di pertengahan bambu, biasanya ketebalan antara dua belahan akan terlihat tidak seimbang. Dan ini tentu tak bisa kita biarkan.
  6. Untuk mengoreksi kesalahan ini, sekarang cek dua belahan bambu. Tentukan belahan mana yang lebih besar dibanding yang lain.
  7. Posisikan belahan yang tipis menghadap ke bawah (lihat gambar ilustrasi).
  8. Sekarang, injak salah satu ujung bambu lalu teruskan pembelahannya dengan menekan belahan tipis ke atas dan menghadap ke bawah.
  9. Lakukan terus sampai kemudian seluruh bambu sudah terbelah dengan baik.
Image: guaduabamboo.com
Image: guaduabamboo.com

Tips Tambahan

Kita perlu ingat bahwa bambu bisa dilihat dari dua sisi. Sekarang begini. Misalnya, Anda sudah memiliki dua belahan bambu. Letakkanlah potongan tersebut dengan bagian belahan menghadap ke bawah. Perhatikan apakah ia terlihat sudah lurus? Bisa iya, dan bisa tidak.

Kemudian, letakkan bambu secara menyamping (bagian belahan tidak menghadap bawah). Perhatikan apakah ia terlihat lurus atau tidak?

Belahan bambu, ketika diletakkan di sisi yang berbeda bisa terlihat berbeda pula tingkat kelurusannya. Dan ini sangat amat penting untuk Anda perhatikan. Misalnya saja Anda butuh rangka horizontal dengan belahan menghadap bawah. Otomatis, Anda perlu bambu yang lurus ketika diletakkan dengan belahan menghadap bawah pula.

Nah, berikut ini cara membelah bambu pada sisi yang berbeda tersebut yang akan dijelaskan lewat ilustrasi. Yang pertama disebut pembelahan straight front, dan yang kedua disebut pembelahan straight cut surface.

Image: guaduabamboo.com
Image: guaduabamboo.com

Untuk Lem Bambu, Gunakan Crossbond

Secara umum, bagi mereka yang masih awam, cara menyambung bambu memang tidak begitu mudah dilakukan. Namun bagi yang sudah ahli, 20 detik saja cukup untuk membelah bambu yang panjang! Itupun dengan hasil yang sangat memuaskan.

Nah, selain masalah pembelahan ini, kita juga harus ingat bahwa pengolahan bambu pun perlu berbagai bahan pendukung yang lain. Misalnya saja lem.

Di banyak kesempatan kami sudah menerangkan bahwa sambungan bahan ini pun memerlukan lem yang bagus sebagaimana sambungan untuk kayu. Sambungan untuk bambu yang stabil, tidak berdecit, dan tahan lama perlu dukungan adhesive dengan kualitas yang baik. Dan, di antara berbagai lem yang tersedia di pasaran, lem yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah lem Crossbond X3.

Keunggulan Crossbond X3: Kuat dan Aman

Berikut ini berbagai kelebihan yang ditawarkan lem untuk bambu Crossbond X3:

crossbond x3
  1. Crossbond X3 merupakan lem PVAc water based yang sangat kuat digunakan
  2. Lem ini tahan lama dan tidak mudah rusak oleh berbagai faktor
  3. Lem indoor ini sangat aman digunakan sehingga cocok untuk perekatan mebel bambu interior dan aneka jenis kerajinan
  4. Merupakan adhesive yang mudah digunakan tanpa perlu pencampuran bahan yang lain
  5. Sangat hemat dan juga sangat terjangkau
  6. Tidak menyebabkan masalah glue line
  7. Tidak menyebabkan bau menyengat yang pedas sebagaimana sering ditemui pada bahan pengolahan bambu yang solvent based.

Kontak dan Pemesanan

Ayo beli lem Crossbond X3 sekarang juga. Meski Anda sudah menguasai cara membelah bambu yang bagus, namun Anda pun tetap harus bisa memilih adhesive yang tepat digunakan. Di sini, di lemkayu.net, kami merekomendasikan adhesive untuk Anda yang bisa dibeli secara online ataupun secara langsung.

Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point. Kalau mau beli secara online? Mudah! Anda tinggal menghubungi CS kami lewat kontak yang sudah disediakan.

Lem Crossbond X3 telah diandalkan oleh berbagai pelaku usaha. Lem kami telah digunakan untuk pembuatan konstruksi bangunan, aneka mainan kayu seperti rmah boneka, sampai berbagai produk furniture bambu, rotan, dan kayu. Jadilah Anda salah satu orang yang mendapatkan keuntungan dengan menggunakan lem Crossbond X3.

Simpulan

Bisa disimpulkan dari penjelasan di atas bahwasanya

  1. Pengolahan bambu memiliki berbagai tantangan tersendiri yang berbeda dari pengolahan kayu.
  2. Untuk mengolah bambu kita harus mengenali sifat-sifatnya dan menerapkannya untuk hal yang paling sederhana sekalipun seperti saat kita hendak membelah bambu.
  3. Cara membelah bambu tak semudah yang orang pikirkan. Mereka yang amatir seringkali membutuhkan waktu amat lama hanya untuk mendapatkan hasil yang jelek.
  4. Di sisi lain, mereka yang sudah mahir, bisa melakukan pembelahan kurang dari 1 menit dengan hasil yang sangat bagus.
  5. Karenanya, di kesempatan ini lemkayu.net berbagi tutorial cara membelah bambu yang benar dan mudah dilakukan.
  6. Tapi jangan lupa, selain harus pintar membelah bahan ini, kita pun harus bisa menemukan adhesive yang tepat digunakan.
  7. Dan untuk kebutuhan perekatan bambu, kami sarankan Anda untuk menggunakan lem Crossbond X3.

Kiranya, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya. Ikuti terus berbagai tutorial dan informasi menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here