Tutorial Cara Membuat Ranjang Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Terbaik

0
6035
pembuatan ranjang bambu tutorial

Pada tutorial ini, kami akan membagikan langkah-langkah membuat ranjang atau tempat tidur dari bahan bambu. Dua bahan utama yang diperlukan adalah bambu itu sendiri serta lem yang kuat untuk bambu terbaik.

ranjang bambu

Alat dan Bahan

CS Lem Kayu

1. Bambu berbagai ukuran (lihat gambar)
2. Crossbond
3. Pernis dan Biopolish
4. Gergaji
5. Catut
6. Pemotong
7. Palu
8. Bor

ukuran bambu yang dibutuhkan

Langkah-langkah Membuat Ranjang Bambu dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Terbaik

Langkah 1

Sediakan bambu berukuran panjang 220 cm. Lubangi pada kedua bagian ujungnya dengan jarak dari sisi pinggir 8 cm. Pastikan diameter lubang 7 cm.

langkah 1 membuat ranjang bambu

Langkah 2

Putar bambu 90 derajat, dan buat 4 lubang sejajar. Jaraknya silahkan lihat pada gambar di bawah ini. Pastikan diameter lubang 7 cm.

langkah 2 cara membuat ranjang dari bambu

Langkah 3

Buat rangka bambu untuk bagian lebar 105 cm. Bentuk dengan memotong 45 derajat pada kedua ujungnya, mula-mula bagian atas, lalu bagian bawahnya. Selanjutnya potong ujung bambu yang runcing agar bentuknya membulat. Terakhir untuk bagian ini, buat lubang pada bagian tengah bambu tersebut.

langkah 3 cara membuat ranjang bambu

Langkah 4

Untuk rangka bambu bagian lebar bagian atas, lubangilah sesuai jarak yang terdapat pada gambar di bawah ini. Diameter lubangnya masih 7 cm.

langkah 4 membuat ranjang bambu

 

Langkah 5

Siapkan kembali rangka panjang bambu yang sudah dilubangi pada langkah pertama. Masukkan 4 bambu berdiameter 7 cm ke 4 lubang yang sudah dibuat.

langkah 5 membuat ranjang bambu

Langkah 6

Tempatkan rangka lebar bambu bagian atas salah satu lubang pada rangka panjang, setelah itu masukkan bambu lainnya. Untuk rangka lebar bambu bagian bawah, letakkanlah di bagian lubang lain di ranjang seperti gambar di bawah ini. Kuatkan dengan tali dulu.

pembuatan ranjang bambu tutorial

Langkah 7

Buat dowel dari bahan bambu yang tersedia.

Langkah 8

Dengan bor, masukkan dowel bambu ke tiap lubang pada rangka memanjang bambu. Jangan lupa oleskan dulu lem yang kuat untuk bambu terbaik Crossbond agar sambungan dowel lebih kokoh. Potong dowel yang memanjang dengan gunting khusus atau pemotong kayu.

langkah 8 membuat ranjang bambu

Langkah 9

Buat kaki-kaki bambu dengan memotongnya meruncing pada bagian ujung. Masukkan bambu dengan ukuran lebih kecil dulu, lalu setelah itu tutupi dengan kaki-kaki tersebut. Anda bisa mengaplikasikan dowel agar bagian ini menjadi lebih kuat. Jangan lupa gunakan Crossbond.

langkah 9 membuat ranjang dari bambu

Langkah 10

Agar ranjang terlihat lebih menarik, tambahkan bambu tambahan pada kedua rangka lebar seperti di bawah ini. Selanjutnya, pada bagian atas, tambahkan tiang bambu yang juga akan membuat ranjang lebih cantik.

Selesai!

Setelah ke sepuluh langkah di atas dilakukan, ranjang Anda sudah siap meski masih harus dipercantik lagi. Anda bisa memperhalus bagian ujung bambu dengan amplas, menggunakan pernis, atau mengaplikasikan Biopolish. Ranjang bambu pun siap untuk ditambahkan dengan alasnya supaya segera bisa digunakan.

Mudah bukan cara membuat ranjang bambu di atas? Dengan sambungan dowel serta lem yang kuat untuk bambu terbaik Crossbond, ranjang pun bisa lebih tahan lama.

Sumber gambar: bambooimport(.)com.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here