Tutorial Cara Membuat Rak Buku Mini yang Super Mudah!

0
540
cara membuat rak buku

Membuat rak buku mini susah? Kata siapa? Bersama Crossbond, Anda bisa menghasilkan lusinan bahkan puluhan rak buku mini. Anda pun bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Penasaran? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Kehadiran berbagai perabot sangat diperlukan untuk menunjang berbagai kebutuhan. Sering kita dewasa, kebutuhan akan aneka perabot ini pun makin banyak dan makin beragam. Contohnya saja kebutuhan kita akan rak buku mini. Perabot ini biasanya dibutuhkan oleh mereka yang sedang bersekolah atau kuliah. Pemiliknya biasanya sudah memiliki meja belajar yang bisa digunakan untuk meletakkan bukunya. Tapi karena berbagai alasan, rak yang mungil tetap dibutuhkan. Misalnya saja untuk mahasiswa yang kost. Tentu saja dengan ruang kost yang terbatas, mereka tak bisa membawa barang besar seperti meja belajar. Oleh sebab itu, sebagai gantinya mereka menggunakan meja lipat untuk belajar dan rak mungil untuk meletakkan buku-buku yang sedang diperlukan.

Yang dimaksud rak buku kecil sendiri sebenarnya punya ambiguasi dalam pengertiannya. Ada yang mengasosiasikan istilah ini dengan rak yang hanya berbentuk huruf L seperti pembatas buku saja, potongan kayu yang ditempelkan di dinding, hingga rak menyerupai rak untuk sepatu tetapi ukurannya lebih kecil dan didesain untuk meletakkan buku-buku. Di kesempatan ini, yang dimaksud dengan rak buku mungil adalah rak seperti rak sepatu dalam versi yang lebih kecil dan didesain untuk buku. Dan pada kesempatan ini, lemkayu.net akan membantu Anda untuk membuat produk menarik yang sangat berguna tersebut.

Cara Membuat Rak Buku Mini

Sebelum menerapkan langkah-langkah yang akan kami sampaikan, siapkan dulu keseluruhan alat dan bahannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

  • 16 potongan kayu dengan rincian; 4 potongan kayu dengan ukuran panjang 40 cm, 4 potongan berukuran panjang 50 cm, 6 potongan kayu dengan ukuran panjang 15 cm, dan 2 papan kayu. Perlu diusahakan untuk mendapatkan potongan kayu yang tebal. Dengan kayu yang tebal, aplikasi wood joint akan mudah dilakukan dengan hasil yang jauh lebih stabil.
  • Adhesive Crossbond X3. Lem Crossbond X3 adalah lem kayu terbaik untuk para pencita proyek DIY hingga pelaku usaha mebel. Lem ini bisa Anda beli di lemkayu.net secara langsung. Kami tidak merekomendasikan lem yang lain karena hasilnya belum tentu sebaik Crossbond.
  • Kuas untuk aplikasi lem lem Crossbond X3
  • Amplas untuk menghaluskan kayu
  • Dowel dan bor. Tapi Anda bisa tidak menggunakannya bila Anda menggunakan tipe sambungan yang lain seperti sambungan dado.
  • Gergaji
  • Alat tulis serta penggaris
  • Clamp press. Bila Anda tidak memiliki alat ini, pakailah alat dan bahan sederhana pengganti. Contohnya saja tali untuk mengikat area penyambungan supaya stabil sampai lem benar-benar kering.

Langkah-langkah Cara Membuat Rak Buku Mini

CS Lem Kayu

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa rak yang akan dibuat adalah rak buku mini dengan panjang 50 cm dan tinggi 50 cm. Sedangkan lebar rak adalah 15 cm dengan 2 tingkat. Tingkat pertama bisa digunakan untuk meletakkan buku yang panjang, misalnya panduan praktikum dan laporan penelitian. Sedangkan tingkat kedua bisa dipakai untuk meletakkan buku yang pendek. Karenanya, jarak tingkat satu dengan titik terbawah kaki rak adalah 5 cm, sedangkan jarak tingkat 2 dengan titik terbawah adalah 25 cm.

Langkah 1: Menyiapkan Potongan Kayu

  • Untuk 4 potongan kayu 40 cm, lakukan pengamplasan agar kayu lebih halus dan rata. Setelah itu, buat titik 5 cm dari bawah, 25 cm dari bawah, dan 3 cm dari atas. Titik pertama dan kedua diberikan di dua sisi kayu, sedangkan titik ketiga di salah satu sisi kayu tiap potongan saja.
  • Buat desain penyambungan pada area yang sudah diberi titik. Anda bisa mengaplikasikan dado atau sambungan dowel. Untuk dowel, Anda perlu menyiapkan dowelnya sendiri dengan lubangnya. Sedangkan untuk dado, Anda perlu membuat lubang kotak pada titik-titik tersebut.
  • Ambil potongan kayu berukuran 50 cm sebanyak 4 buah. Pada tiap ujungnya, modifikasilah dengan desain sambungan kayu, tergantung tipe sambungan yang Anda putuskan di langkah kedua.
  • Ambil potongan kayu dengan ukuran 15 cm sebanyak 4 buah. Modifikasi juga ujungnya sesui tipe potongan kayu yang Anda pilih. Kemudian pada bagian tengahnya, buat lubang seperti pada potongan kayu berukuran 40 cm.
  • Ambil papan kayu, ukur sisa ruang yang tersisa dan potonglah papan kayu tersebut. Rekatkan dengan wood joint yang cocok.
  • Ambil potongan kayu berukuran 15 cm sisa (2 buah). Modifikasi ujungnya tanpa perlu membuat lubang di bagian tengah.

Langkah 2: Aplikasikan Penyambungan

Pada dasarnya, Anda perlu menyambungkan keseluruhan kayu di atas. Ini tidak akan sulit dilakukan bila Anda bisa membuat desain sambungan yang presisi. Mulailah satu demi potongan kayu dengan awalan pada potongan kayu sebagai rangka rak yang berukuran 40 cm.

Ingat! Saat menyambungkan, gunakan lem Crossbond X3. Aplikasikan lem dengan cara dikuaskan pada area sambungan tersebut secukupnya. Setelah itu, biarkan lem mengering dulu. Tapi, pastikan area sambungan stabil dan antara satu kayu dengan yang lainnya benar-benar direkatkan dengan kuat. Oleh sebab itu, gunakanlah clamp press. Bila Anda tidak memiliki alat tersebut, ganti dengan alat yang lain yang punya fungsi serupa, bahkan bila itu hanya berupa tali modifikasi untuk kebutuhan itu saja.

Cara Membuat Rak Buku Mini Lebih Menarik

Dengan mengikuti tutorial yang ditampilkan di atas, Anda sudah bisa menghasilkan banyak rak buku berukuran kecil. Tetapi, tentu saja, cara di atas masih bisa ditindak lanjuti lagi agar rak yang dihasilkan menjadi lebih menarik. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan finishing yang sekiranya cocok dan sesuai selera. Teknik finishing sendiri sangat beragam dan masing-masing bisa memberikan hasil yang bagus, misalnya:

  • Finishing warna solid atau solid color dengan warna pink, merah, biru, putih, dan lain sebagainya
  • Finishing natural transparan, misalnya warna salak transparan atau warna jati transparan
  • Finishing dengan efek-efek khusus, misalnya efek patina, whitewash, rustic, dan masih banyak lagi

Selain finishing, Anda juga bisa membuat rak tersebut lebih menarik dengan menghiasinya di sana-sini dengan beberapa benda. Misalnya dengan menggunakan pita atau renda-renda. Bila Anda pandai melukis, Anda juga bisa menggambarinya agar semakin menarik. Misalnya dengan motif bunga. Cara ini bukan hanya akan membuat orang lebih tertarik dengan rak Anda, tetapi Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang jauh lebih tinggi. Sangat menarik, bukan?

Nah, sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuat rak buku mini. Secara umum, proses pembuatannya tidak sulit sama sekali. Apalagi ditemani lem kesayangan, Crossbond. Semoga bermanfaat. Simak terus berbagai artikel menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here