Begini Cara Membuat Rak Piring Mini

0
901
rak piring mini

Pada artikel sebelumnya, kami telah menyajikan tutorial cara membuat rak sepatu dan rak buku. Nah, di artikel kali ini, lemkayu.net akan membagikan tutorial cara membuat rak piring mini. Tak seperti yang disangka kebanyakan orang, rupanya untuk membuat rak piring mini tak dibutuhkan bahan yang mahal dan teknik yang sulit lho!

Kehidupan kita terus berubah seiring berjalannya waktu. Berbagai hal telah ditinggalkan dan digantikan dengan yang lainnya. Kadang, berbagai hal baru juga muncul untuk memenuhi zaman yang terus berganti. Bagi pelaku usaha, kondisi perubahan ini jelas tak bisa diabaikan. Sebab, produk yang dibuat nantinya akan dilemparkan ke pasar. Dan seperti yang kita tahu, pasar selalu sensitif terhadap kebutuhan konsumen.

Salah satu yang menonjol adalah bagaimana permintaan akan produk yang praktis makin meningkat saat ini. Dulu orang sudah puas dengan adanya perkakas seperti termos. Namun kini, manusia membutuhkan perabot yang lebih praktis seperti dispenser yang bisa menyediakan minuman panas serta dingin. Di usaha mebel, kita juga bisa mendapatkan contoh yang lainnya. Misalnya pemakaian rak piring. Dulu, rak-rak besar selalu lebih disukai. Tapi sekarang, rak-rak piring mini punya tempatnya sendiri bagi beberapa kalangan masyarakat. Rak piring mini yang mungkin hanya muat untuk beberapa piring tersebut banyak dibutuhkan oleh mereka yang kost sampai mereka yang baru mulai mandiri (hidup sendiri). Di artikel ini, secara khusus lemkayu.net akan membagikan tutorial cara membuat rak piring mini tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja, simak tutorialnya di bawah ini.

Tutorial Cara Membuat Rak Piring Mini

Rak yang akan dibuat hanya merupakan rak piring kecil seperti dijelaskan di atas. Rak ini bukan rak besar seperti yang banyak terdapat di rumah-rumah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. 4 potong kayu. Masing-masing 2 dengan ukuran 30 cm dan dua dengan ukuran 15 cm.
  2. Lem Crossbond X3. Gunakan adhesive ini, sebab kami tidak menyarankan pemakaian adhesive lainnya
  3. Kuas untuk aplikasi lem
  4. Bor dan berbagai perlengkapan woodworking standar lainnya
  5. Penggaris dan alat tulis

Langkah-langkah Cara Membuat Rak Piring Mini dengan Crossbond

Pengukuran

CS Lem Kayu

Pertama-tama, ukurlah dulu piring Anda. Ukur diameternya. Di atas, kami memang menyarankan penggunaan potongan kayu dengan ukuan 15 cm untuk lebar rak. Tapi nilai ini juga bisa dimodifikasi agar menyesuaikan dengan ukuran piring Anda. Selanjutnya, tentukan berapa banyak piring yang akan diletakkan. Jumlah piring Anda akan menentukan ukuran panjang rak.

Dari data di atas, kemudian buatlah rancangan sederhana. Dalam rancangan tersebut, pastikan untuk membuat titik letak tiang-tiang rak akan ditancapkan. Beri jeda atau sela pada tiap titik dengan ukuran yang sama.

Memotong Kayu

Potong kayu sesuai rancangan yang dibuat. Sediakan 4 potongan rangka dasar dan beberapa potongan tambahan untuk “tiang” rak.

Membuat Sambungan

Buat sambungan untuk tiap rangka dasar rak. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat contoh desain sambungan pada gambar. Intinya, Anda hanya perlu memotong masing-masing setengah ujung tiap kayu. Bagian tersebut nantinya dilem satu sama lain menggunakan adhesive Crossbond. Pastikanlah bahwa ukuran tiap sambungan benar-benar tepat. Keberhasilan Anda dalam membuat rak piring mini ini akan sangat ditentukan kecermatan Anda. Agar bisa mendapatkan ukuran yang presisi sendiri, Anda bisa memanfaatkan penggaris dan alat tulis yang disediakan daripada serta merta memotongnya begitu saja. Berikutnya, beri tanda untuk lubang yang nantinya akan dimasuki oleh tiang kecil rak piring.

Mengelem Komponen Rak

Terakhir, Anda tinggal mengelem keseluruhan komponen yang sudah dipersiapkan di atas. Namun sebelumnya pastikan bahwa seluruh komponen rak dalam keadaan bersih dan kering. Apabila ada yang kurang bersih dan kering, tahanlah dulu untuk mengelem. Sebab, keberhasilan pengeleman juga dipengaruhi kondisi media.

Untuk proses pengeleman sendiri, Anda bisa memulai dari keempat rangka produk. Lakukan pengeleman lalu gunakan clamp press bila Anda memilikinya. Bila tidak, gunakan bahan substitusi yang lain yang sekiranya punya fungsi sama. Barulah setelah itu, lem tiang rak kecil untuk perabot yang Anda buat tersebut. Ingat, gunakan lem Crossbond X3 untuk proses pengeleman ini. Gunakan dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan juga tidak lebih.

Finishing

Sebelum langkah-langkah Anda membuat rak piring mini selesai, dibutuhkan langkah terakhir yang harus dilakukan. Langkah tersebut adalah finishing. Finishing tidak melulu harus diterapkan menggunakan cat. Selain cat, kita juga bisa menggunakan bahan yang lain seperti polish kayu dan juga plitur. Yang utama adalah bahwa bahan finishing yang dipakai aman digunakan. Sebab, rak yang dibuat itu nantinya akan digunakan untuk meletakkan piring. Cermatilah kandungan pada bahan finishing. Cermati apakah ada kandungan toksik dan jaminan bahwa bahan tersebut aman dipakai untuk peralatan dapur dan makan.

Gunakan Crossbond agar Rak Piring Mini Anda Lebih Awet!

Seperti yang kami jelaskan di atas, untuk membuat rak piring tersebut, lem yang kami rekomendasikan adalah Crossbond. Lem PVA ini kami sarankan karena memiliki beberapa poin ideal yang dibutuhkan agar rak yang dihasilkan lebih berkualitas. Crossbond memiliki daya rekat yang baik, tidak mudah rusak terpapar kelembaban dan juga lebih aman digunakan. Lem ini juga tidak menyebabkan bau dan tidak merusak estetika produk. Kami tidak menyarankan penggunaan lem yang lain karena belum tentu kualitasnya sebaik Crossbond. Apalagi lem ini juga lebih unggul dari segi harga. Crossbond bukan hanya lebih terjangkau, tetapi pemakaiannya juga jauh lebih hemat.

Kesimpulan

Di era seperti sekarang ini, kebutuhan manusia akan perabot yang lebih ringkas makin meningkat. Sebab, banyak pihak yang sekarang harus merantau dan juga menghemat budget. Pelaku usaha mebel sudah pasti semestinya paham akan kondisi ini. Dengan memahami fakta tersebut, keuntungan juga bisa diperoleh. Misalnya, selain membuat rak piring besar, pelaku usaha mebel juga bisa membuat rak piring mini. Rak-rak tersebut dapat dipasarkan untuk mereka yang kost atau mereka yang memang membutuhkan perabot dengan ukuran kecil. Rak-rak ini pun bisa dipakai sebagai pelengkap rak besar. Rak piring mini bisa diletakkan di meja makan supaya display atau tampilan ruang makan lebih menarik sekaligus praktis.

Cara membuat perabot seperti rak mini sendiri secara umum mudah dilakukan. Akan tetapi, agar hasilnya lebih baik, jangan salah saat memilih lem. Sebab lem berpengaruh pada banyak aspek. Lem mempengaruhi kekokohan rak mini sampai estetika serta keamanannya. Oleh sebab itulah, khusus untuk kebutuhan ini, lem yang kami rekomendasikan adalah lem Ultra Phaethon.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara membuat rak piring mini, tips, sampai rekomendasi lemnya. Semoga bermanfaat ya. Terus ikuti artikel di lemkayu.net untuk update berbagai informasi serta tutorial menarik lainnya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here