Mudah! Ini Dia Tutorial Cara Mengelem Kayu Lapis

0
375
kayu lapis (2)

Bagaimana cara mengelem kayu lapis? Plywood atau kayu lapis adalah salah satu jenis kayu lapis yang banyak digunakan untuk berbagia kebutuhan. Di bawah ini kami akan jelaskan cara mengelem kayu engineered tersebut untuk beberapa contoh pengeleman yang berbeda.

Mengenal Kayu Lapis

Kebanyakan dari kita pasti sudah biasa mendengar istilah kayu lapis. Tapi untuk bisa mendefinisikannya, jelas sebuah perkara lain. Plywood atau kayu lapis adalah material yang dibuat dari lapisan sangat tipis kayu atau veneer. Veneer-veneer ini dilem satu sama lain dengan pola serat yang arahnya beda sampai 90 derajat. Bisa dibilang, kayu lapis tergolong sebagai kayu olahan yang dalam kategorinya juga termasuk fiberboard seperti MDF. Tetapi, MDF beda dengan kayu lapis lantaran bahan tersebut tidak terbuat dari lapisan kayu yang dilem secara menumpuk.

Semua golongan kayu lapis disatukan menggunakan resin yang pada akhirnya akan membentuk material komposit. Salah satu keunggulan kayu lapis ini meski punya lapisan yang tipis dan permukaan sangat lebar, adalah sifatnya yang stabil dari kembang susut. Hal ini dilakukan dengan memastikan pola serat antar satu lapis kayu dengan yang lainnya berlainan arah (seperti telah dituliskan di atas, yakni berlawanan 90 derajat). Namun tak bisa dipungkiri bahwa di pasaran, banyak kayu lapis yang arah seratnya tidak berlawanan sampai 90 derajat. Beberapa yang kualitasnya rendah malah direkatkan dengan arah serat yang sama. Sedangkan yang lainnya ada juga yang arahnya berlawanan hanya 45 derajat saja atau bahkan di atas 90 derajat.

Kayu lapis merupakan kayu yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kayu ini telah digunakan untuk pembuatan aneka jenis mebel hingga untuk kebutuhan konstruksi. Anda bisa menemukan penggunaan kayu ini dalam berbagai produk mulai dari dinding bangunan, dinding kereta api, lemari, sampai untuk meja.

CS Lem Kayu

Aneka kebutuhan tersebut membuktikan bahwa kayu lapis merupakan bahan yang punya banyak manfaat, sebagaimana disebut di atas. Akan tetapi, agar pemakaian kayu lapis benar-benar baik, tentu dibutuhkan dukungan yang baik. Dukungan yang dimaksud bisa berupa keterampilan saat menggunakan kayu lapis sampai bahan pendukung yang dibutuhkan. Salah satu yang krusial tapi sering diabaikan adalah lemnya. Dan khusus untuk kebutuhan ini, lem yang kami rekomendasikan adalah lem Crossbond X4.

Keunggulan Crossbond X4 sebagai Lem Kayu Lapis yang Bagus

lem untuk dinding kayu

Pertama-tama, rekomendasi kami atas Crossbond X4 terletak pada fakta bahwa lem ini merupakan lem jenis laminasi. Pada kebutuhan untuk mengelem kayu lapis, jenis lem yang diperlukan memang lem laminasi. Tipe lem ini didesain khusus untuk merekatkan media dengan permukaan yang luas. Jadi, penggunaan Crossbond X4 sudah tepat dari jenis adhesive yang dibutuhkan.

Kedua, Crossbond memiliki berbagai poin unggul yang membuatnya cocok dipakai untuk menghasilkan kualitas pengeleman yang baik. Berikut ini beberapa contoh kelebihan Crossbond untuk mengelem kayu lapis dengan hasil terbaik.

Cara Mengelem Kayu Lapis dengan Crossbond X4 untuk Berbagai Kebutuhan

Metode pengeleman kayu lapis menggunakan Crossbond akan membuat proses pengerjaan menjadi lebih cepat. Agar lebih jelas, di bawah ini kami jelaskan langkah-langkahnya.

  1. Persiapan. Langkah ini meliputi persiapan segala peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Selain itu, media kayu lapis dengan bahan lainnya (yang akan dilem bersama) juga harus disiapkan. Artinya, kedua bahan tersebut harus bersih, kering, dan tidak terkena noda minyak sama sekali. Pastikan juga permukaan kedua media tersebut rata.
  2. Aplikasi lem. Aplikasi lem cukup dilakukan di salah satu sisi media. Pilih salah satu sisi media yang lebih stabil posisinya supaya perekatan menjadi lebih lancar. Langkah ini menunjukkan keunggulan Crossbond X4. Sebab, tak semua lem laminasi bisa diaplikasikan di salah satu sisi media saja. Kebanyakan lem di pasaran harus diaplikasikan pada kedua sisi media.
  3. Secara hati-hati, satukan kedua media yang dilem tersebut. Pengeleman yang baik adalah pengeleman yang hasilnya juga baik. Dan, salah satu syarat supaya hasil pengeleman baik adalah lem harus tersebar merata dan jumlahnya cukup. Cirinya, akan ada muncratan lem ketika kedua media disatukan dan ditekan. Jangan khawatir akan noda lem yang diakibatkan muncratan tersebut. Sebab, bila tak ada muncratan, dimungkinkan justru cara mengelem kayu lapis yang Anda lakukan kurang tepat.
  4. Biarkan lem mengering. Sebaiknya selama proses ini, kedua media harus diposisikan stabil dan benar-benar menyatu. Biasanya, untuk kebutuhan yang profesional, digunakan alat seperti clamp press. Namun bila Anda tidak punya atau memang tidak dimungkinkan (karena posisi perekatannya), gunakan saja bahan yang punya fungsi menyatukan kedua media. Misalnya dengan memberikan beban atau tali.
  5. Selesai!
plywood

Nah, tak sulit bukan cara mengelem kayu lapis dengan Crossbond? Seperti telah disebutkan, salah satu keunggulan adhesive ini adalah kepraktisannya saat digunakan. Selain itu, lem ini juga memiliki kecepatan kering yang ideal sehingga proses pengerjaan tak akan terhambat.

Segera Pesan Crossbond X4 Sekarang Juga!

Bagaimana? Mudah bukan cara mengelem kayu lapis dengan menggunakan Crossbond X4? Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, penggunaan Crossbond X4 akan membuat pengeleman berjalan lebih cepat dan praktis. Sebab, lem ini hanya perlu diaplikasikan pada salah satu sisi media saja. Yang makin menarik, selain mudah penggunaannya, Crossbond X4 juga mudah dipesan!

Adhesive Crossbond X4 yang dulunya hanya tersedia untuk penjualan antara perusahaan (B2B) skala besar, kini sudah tersedia untuk kebutuhan yang lebih kecil. Anda sudah bisa mendapatkannya untuk kemasan yang lebih kecil. Caranya juga lebih mudah karena sudah bisa dipesan secara online. Adhesive ini bisa Anda dapatkan setelah melakukan tahapan pemesanan yang akan dipandu oleh Customer Service kami. Kontak saja CS kami yang nomornya tercantum pada situs ini.

Kesimpulan

Kayu lapis merupakan salah satu jenis kayu olahan yang memiliki banyak fungsi. Tak mengherankan sebatulnya, lantaran kayu ini dibuat dengan berbagai keunggulan. Misalnya saja sifatnya yang lebar tapi cenderung stabil. Oleh sebab itulah, kayu ini bisa digunakan untuk kebutuhan usaha konstruksi ataupun untuk usaha pembuatan aneka jenis mebel. Dalam penggunaannya tersebut, lem hampir selalu diperlukan. Pemilihan lem yang tepat, dengan begitu sangat krusial untuk memastikan kayu lapis bisa dimanfaatkan secara optimal. Lem harus merupakan jenis lem kayu laminasi yang kuat, tahan lama, tidak merusak estetika, dan juga tidak menyebabkan toksisitas. Lem yang cocok dengan karakter tersebut adalah Crossbond X4. Selain memiliki berbagai poin ideal sebagai lem untuk triplek dan multipleks, Crossbond X4 juga bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Cara mengelem kayu lapis dengan Crossbond juga lebih mudah dilakukan. Yang lebih menarik, sekarang Crossbond bisa didapatkan dengan cara yang lebih mudah, yakni dengan cara pemesanan secara online.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here