Buat Kerajinan Tripleks dengan Lem untuk Kayu Terjangkau Ini!

0
3630
rak tripleks

Ingin membuat kerajinan tripleks dengan mudah dan murah? Jawabannya, gunakanlah Crossbond! Lem untuk kayu terjangkau ini bisa meminimalisir budget yang diperlukan. Selengkapnya, yuk simak cara pembuatannya di bawah ini.

rak tripleks

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Alat dan Bahan

Siapkan alat dan bahan berikut ini: kayu lapis (tripleks atau multipleks), pemotong seperti gergaji, pensil, penggaris panjang, lem kayu Crossbond, cat warna, cat dasar, top coat, amplas, pengencer cat, dan kuas.

Langkah Membuat Kerajinan Tripleks dengan Lem untuk Kayu Terjangkau Crossbond

Pemotongan Tripleks

perawatan kayu alami natural oil

Potong tripleks dengan ukuran tertentu. Buat potongan di bagian tengah sepanjang lebar buku Anda dan beberapa potongan lainnya. Setelah itu, amplas bagian pinggir bekas pemotongan agar lebih rapi. Lakukan langkah ini hingga menghasilkan beberapa potongan multipleks. Salah satu atau dua potongan dibiarkan tanpa lubang.

Baca Juga : cara membuat tempat pensil dari kayu triplek

Pengeleman dengan Lem untuk Kayu Terjangkau Crossbond

Siapkan Crossbond X4. Oleskan secara merata Crossbond pada salah satu tripleks. Setelah itu rekatkan dengan tripleks lainnya. Lakukan hingga semua kayu lapis digunakan, dan pastikan kayu lapis yang tak berlubang menjadi dasarannya.

promo produk biovarnish wood filler

Baca Juga : lem yang digunakan untuk membuat kerajinan dari stik es krim

Biarkan mengering. Bila memungkinkan gunakan clamp press atau tekan/ikat multipleks hingga lem benar-bena kering. Setelah lem benar-benar kering, Anda bisa segera menggunakannya. Namun bila Anda ingin mengubah tampilannya, ikuti langkah di bawah ini lebih lanjut.

lem untuk kayu terjangkau

Aplikasi Cat Dasar (opsional)

Amplas bagian paling atas kayu lapis. Aplikasikan cat dasar sesuai dengan pilihan warna pada cat kedua. Tunggu kering, amplas supaya cat merata.

Aplikasi Cat Warna

Aplikasikan warna yang Anda suka. Anda bisa memilih warna natural, metalik, hingga pastel. Tunggu kering, lalu amplas. Bila warna kurang tajam, aplikasikan lagi langkah ini.

Baca Juga : beberapa contoh prakarya dari kayu

Aplikasi Coating

Agar produk benar-benar terlindung, jangan lupa aplikasikan coating. Perhatikan tingkat kilaunya dari mate hingga super glossy. Pilih yang sesuai selera Anda.

rak dari tripleks kayu lapis

Nah, sangat mudah bukan membuat kerajinan di atas? Budget yang dibutuhkan pun sangat terjangkau. Sebab, bahan utama yang dibutuhkan, yakni Crossbond memang sangat murah. Namun tentu saja lem untuk kayu terjangkau ini tetap memiliki kualitas yang baik.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here