Tips Membeli Lem Panel Kayu yang Bagus

0
1222
panel kayu
Keindahan dinding panel kayu hanya akan tercipta dengan adhesive berkualitas.
panel kayu
Keindahan dinding panel kayu hanya akan tercipta dengan adhesive berkualitas.

Keindahan panel kayu atau wood panelling tak akan terwujud dengan lem berkualitas rendahan. Seperti apa lem panel kayu yang bagus? Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda tahu sebelum membeli produk terkait.

Jangan Pilih Lem Kental

Jangan termakan anggapan di masyarakat bahwa lem yang kuat adalah lem yang kental. Justru untuk panel kayu dibutuhkan lem yang encer. Karakter lem encer dibutuhkan agar produk tersebut tidak membentuk lapisan film lem dan agar lem meresap dengan baik ke dalam kayu. Viskositas medium hingga encer sangat dibutuhkan. Contoh lem kayu yang bagus untuk fungsi perekatan ini adalah Crossbond™ X4. Produk ini memiliki kekentalan sangat pas untuk tipe perekatan tersebut dengan daya rekat yang baik.

Perhatikan Daya Sebarnya untuk Mengehemat Ongkos

Karena area yang perlu dilem luas, pilihlah lem dengan daya sebar yang juga luas. Karakter lem ini perlu Anda perhatikan bila Anda sedang ingin berhemat. Ingat, jangan sekali-kali membeli sebuah produk dari nominalnya saja bila sedang ingin menghemat dana. Perhatikan karakter lainnya seperti daya sebar dan berat kering produk terkait.

Belilah Lem Panel Kayu yang Aman untuk Kesehatan

Wood panelling umumnya diterapkan untuk dinding dalam rumah. Karena itu, memilih lem yang aman sangat perlu Anda perhatikan. Hindari lem dengan kandungan membahayakan, terutama formalin. Formalin dalam lem bukanlah isu yang baru menguak. Senyawa tersebut pernah mengakibatkan keracunan massal di Amerika Serikat karena terdapat dalam produk adhesive yang digunakan untuk mengelem bahan bangunan. Meski efek yang Anda dapat tidak sebesar yang dialami korban di Amerika, tapi bukan berarti Anda tidak berada dalam bahaya. Justru efek yang sangat perlahan dan sulit teridentifikasi lebih membahayakan karena bersifat silent damage.

Pilih Lem Tak Berbau

CS Lem Kayu

Sama seperti alasan pembelian lem yang aman untuk kesehatan, ada baiknya kita juga memilih lem yang tidak bau. Membeli lem yang tidak bau pun sebenarnya satu paket dengan membeli lem panel kayu aman. Sebab, timbulnya bau menyengat pada lem seringkali berasal dari senyawa membahayakannya, termasuk formalin.

Beli Lem yang Tak Menyebabkan Cacat Finishing

Warna lem seringkali menyebabkan cacat finishing. Hal ini jelas menurunkan estetika ruangan. Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ini. Pertama membeli lem yang tidak menyebabkan cacat finishing, dan yang kedua memodifikasi cara finishing yang konvensional. Cara pertama jauh lebih praktis dilakukan. Anda bisa menggunakan lem Crossbond™ X4 untuk menerapkan cara tersebut.

lem panel kayu

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here