Tips Menggunakan Lem Kayu Laminasi untuk Lantai hingga Paneling

0
850
Lem Kayu Laminasi
Wooden Veneer

Bicara mengenai teknik pengolahan kayu, kita tak akan pernah bisa lepas dari teknik laminasi. Pada teknik ini, selain diperlukan keterampilan yang baik, juga diperlukan penggunaan lem kayu laminasi yang juga baik. Oleh sebab itulah, pada kesempatan ini akan diulas mengenai aplikasi lem tersebut pada vinir, panel, hingga tripleks.

Sekilas Mengenai Laminasi Kayu dan Manfaatnya

Laminasi kayu atau wood lamination sebenarnya dapat merujuk ke setidaknya dua tipe yang berbeda. Menurut laman homesguide, laminasi dapat berupa pembuatan kayu lapis  di mana kayu disatukan pada posisi atas dan bahwa maupun  perekatan produk untuk membentuk media yang lebih luas. Contohnya adalah pembuatan lantai dan panel kayu.

Sejak lama teknik ini telah memberikan manfaat yang besar pada manusia. Selain lantai, panel, dan kayu lapis, teknik ini juga bisa diterapkan pada jembatan, konstruksi bangunan (misal atapnya), penggunaan vinir, hingga hpl.

Dengan banyaknya manfaat kayu laminasi, permintaan akan produk ini di pasaran termasuk tinggi. Apalagi untuk produk-produk seperti multipleks yang banyak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan kita. Kualitas produk tentunya harus diutamakan agar tidak kalah saing dengan usaha lainnya.

Lem Kayu Laminasi
Wooden Veneer

Aplikasi Lem Kayu Laminasi Crossbond dalam Pembuatan Panel hingga Multipleks

CS Lem Kayu

Untuk menghasilkan produk laminasi yang bagus tentu diperlukan banyak usaha yang lebih dari biasanya. Selain menerapkan teknik yang baik, juga diperlukan lem yang bagus. Lantaran, lem-lah yang merupakan bahan pendukung utama dalam pembentukan produk.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai pembuatan produk laminasi kayu dengan lem kayu laminasi Crossbond X4. Crossbond X4 yang didesain dengan viskositas medium dan daya sebar luas adalah adhesive yang memang secara khusus diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Wood Paneling

Panel kayu atau wood paneling sering diaplikasikan dalam pembuatan dinding. Proses pembuatan produk ini tidak begitu rumit. Anda hanya perlu menyiapkan kuda-kuda untuk digunakan sebagai penyangga komponen panel yang akan dilem. Jajarkan panel-panel secara mendatar agar berhimpitan satu sama lain setelah dilem dengan Crossbond. Gunakan clamp press, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu lem mengering kurang lebih 1 jam.

VinirLem Kayu Laminasi

Vinir atau lapisan tipis kayu memiliki beragam fungsi yang sangat menarik. Produk ini dapat diterapkan pada kayu-kayu olahan mulai dari mdf, hdf, hingga plywood. Cara memanfaatkan Crossbond X4 pada vinir juga tidak rumit. Secara umum Anda hanya perlu mengoleskannya secara merata.

Tripleks

Tripleks atau multipleks atau kayu lapis ialah produk kayu yang dicirikan dengan adanya pelapisan lembaran-lembaran kayu dengan ketebalan umum 1,875 cm. Setelah salah satu lembaran kayu diolesi lem, timpa dengan lembaran lainnya. Clamp press bisa digunakan namun secara umum tidak diperlukan tekanan yang kuat. Biasanya dnegan lem kayu laminasi yang kuat, maka kualitas tripleks sudah pasti akan meningkat.

Sama sekali tidak sulit bukan? Dengan lem seperti Crossbond, produk laminasi dijamin bagus tanpa kita harus kerepotan mengaplikasikannya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here