Cara Pemasangan Lantai Kayu yang Sangat Mudah Dilakukan

0
303
lantai kayu


Nyatanya, cara pemasangan lantai kayu memang mudah dilakukan. Jadi, meskipun tak banyak yang memiliki jenis lantai ini, jangan segan untuk menerapkannya di rumah atau pada bangunan milik Anda. Cukup lakukan dengan cermat dan jangan lupa untuk senantiasa menggunakan lem Crossbond X4.

Ada banyak material yang digunakan manusia untuk membuat lantai. Ada yang menggunakan semen, keramik, atau malah sekedar menggunakan tanah saja. Kini, kebanyakan orang menggunakan lantai keramik. Di Indonesia pemakaian keramik memang dianggap pas. Lantai ini bisa menimbulkan kesan dingin yang bisa mengimbangi cuaca di Indonesia yang panas dan lembab.

Tutorial Cara Pemasangan Lantai Kayu

Alat dan Bahan Cara Pemasangan Lantai Kayu

  1. Panel atau plank lantai kayu yang Anda beli.
  2. Pisau skrap untuk mengaplikasikan lem
  3. Paku
  4. Pukul
  5. Kain dan sapu untuk membersihkan lantai
  6. Lem kayu laminasi Crossbond X4
  7. Alat tulis dan pemotong kayu

Langkah-langkah Cara Pemasangan Lantai Kayu

Sebelumnya, Anda harus memastikan luas lantai yang akan ditutupi lantai kayu dan ukuran potongan lantai kayu yang tersedia. Bila perlu, buatlah sketsa untuk mempermudah penghitungan jumlah panel kayu. Anda biasanya juga harus melakukan pemotongan khusus pada potongan lantai untuk area-area yang terlalu sempit. Setelah ini disiapkan, kita hanya perlu mengaplikasikan cara pemasangan lantai kayu saja menggunakan lem Crossbond X4.

  1. Bersihkan dulu lantai yang akan dipasangi lantai kayu. Ada dua tipe lantai yang akan dipasangi. Yang pertama lantai concentrate atau semen, dan yang kedua lantai yang sudah dipasangi subfloor berupa papan seperti kayu lapis. Keduanya harus bersih dan juga rata.
  2. Siapkan pisau skrap dan lem. Mulailah dulu dari bagian paling pojok. Oleskan lem dengan cara skrap (lihat gambar) untuk beberapa panel lantai sekaligus. Kemudian, tempelkan lantai tersebut satu per satu.
  3. Tekan potongan lantai tersebut, pastikan permukaannya datar dan merata.
  4. Setelah itu, oleskan lem di bagian lainnya dan aplikasikan lantai kayu. Tekan juga potongan lantai yang baru diaplikasikan dan pastikan permukaannya rata.
  5. Terus lakukan sampai seluruh lantai tertutup oleh panel lantai kayu.

Anda juga bisa mengaplikasikan paku supaya lantai lebih stabil. Beberapa orang tak jarang menggunakan alat ini di beberapa bagian lantai. Misalnya di bagian sudut-sudut ruangan. Namun bila Anda merasa kesulitan (misalnya, lantainya terlalu keras), maka langkah ini bisa dilewati saja.

lantai kayu 2

Tips Pemasangan Lantai Kayu Tambahan

  1. Pastikan Anda memasang lantai kayu dalam kondisi cuaca yang tepat. Tingkat kecepatan pengeringan lem bagaimanapun juga dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban udara. Bila lem lama kering akibat suhu yang terlalu rendah (misalnya), hasil pemasangan lantai akan menjadi kurang bagus. Karenanya, instal lantai kayu Anda kala cuaca sedang cerah dan ideal.
  2. Usahakan supaya jumlah lem yang diaplikasikan mencukupi tapi tetap tidak berlebihan.
  3. Lakukan pengukuran dengan tepat dan cermat. Sebaiknya, Anda mencermati langkah awal ini sebab bila tidak, Anda akan mengalami kerepotan besar ketika harus mulai mengelem kayu di lantai.
  4. Pasca pemasangan semua panel lantai, jangan langsung berpikir bahwa pemasangan lantai kayu sudah selesai. Perhatikan area-area yang kurang rapi atau perlu dibersihkan dari noda lem.
  5. Jangan lupa untuk membersihkan semua perlengkapan woodworking Anda segera setelah langkah-langkah cara pemasangan lantai kayu di atas selesai dilakukan.

Crossbond X4, Lem yang Tepat untuk Cara Pemasangan Lantai Kayu

CS Lem Kayu

Crossbond X4 merupakan lem yang paling cocok digunakan untuk pemasangan lantai kayu, baik itu parket ataupun decking. Lem ini memiliki karakter ideal yang dibutuhkan dalam pemasangan atau instalasi lantai seperti:

Daya Rekat Kuat

lem untuk dinding kayu

Lem ini memiliki daya rekat kuat dan secara khusus bisa bekerja secara maksimal pada material berbasis kayu. Crossbond X4 adalah lem PVA atau PVAc (polyvinyl acetate). Adhesive ini mampu bereaksi dengan baik dan kuat dengan bahan selulosa. Sifat ikatannya rangkap ganda dan akan memberikan kestabilan pada seluruh area pengeleman baik itu area kohesi, adhesi, atau intermedia.

Tahan Lama, Ikatan Tak Mudah Rusak

Lem ini memiliki ketahanan yang sangat baik dan tidak mudah rusak. Ikatan yang dihasilkan Crossbond X4 resisten udara lembab, hingga suhu udara panas. Oleh karena itulah, lem ini bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor dan heavy duty, misalnya:

  1. Pengeleman lantai decking kayu
  2. Pengeleman lantai kayu dekat kolam renang, di area kebun yang lembab, dan sejenisnya
  3. Pemasangan lantai kayu kapal dan berbagai alat transportasi
  4. Pemasangan dinding kayu luar ruangan

Ramah Lingkungan

Lem ini merupakan lem yang memiliki tingkat keamanan baik. Adhesive Crossbond X4 tidak menggunakan formula toksik dalam adhesive-nya. Lem ini selalu bisa diandalkan untuk pengeleman produk dengan sifat yang eco friendly.

Cepat Kering

Lem ini memiliki kecepatan kering ideal, standar mesin, yang tergolong cepat. Dengan demikian, penggunaannya sesuai dengan timeline pengerjaan produk yang biasa diterapkan berbagai perusahaan woodworking dan konstruksi bangunan.

Cover Area Luas

Cara pemasangan lantai kayu dengan Crossbond akan membuat Anda berhemat lebih banyak. Pasalnya, lem ini hadir dengan cover area yang luas. Satu kemasan Crossbond dengan produk lain akan mampu digunakan untuk pemasangan lebih banyak area lantai kayu.

Murah

Lem ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dibanding kebanyakan lem untuk pemasangan lantai kayu. Apalagi lem ini juga hadir dalam kualitas yang bagus. Indiktor murahnya Crossbond X4 sendiri dipengaruhi oleh setidaknya dua hal. Yang pertama, lem ini sangat hemat digunakan sehingga tidak boros, dan yang kedua nominal harganya yang terjangkau.

Praktis dan Mudah

Adhesive ini juga praktis dan mudah digunakan. Aplikasinya tak memerlukan alat dan bahan khusus melainkan hanya perlengkapan standar untuk cara pemasangan lantai kayu. Jadi, Anda tak perlu keluar biaya tambahan atau menghabiskan waktu terlalu lama saat memasang lantai kayu.

Lebih Aman

Lem ini juga sangat aman. Tingkat keamanan Crossbond X4 didukung oleh formula dasar lem yang merupakan polyvinyl acetate atau PVAc. Lem juga tidak menggunakan bahan tambahan toksik. Ruangan pun akan lebih aman untuk para penghuninya. Bau solvent menyengat juga tak akan didapati karena lem ini adalah lem water based.

Kesimpulan

Cara pemasangan lantai kayu pada dasarnya bisa dibagi menjadi dua metode. Yang pertama, tanpa lem, dan yang kedua, dengan lem. Hal ini tergantung pada tipe lantai yang Anda gunakan. Ada kelebihan dan kekurangan pada tiap tipe lantai. Yang jelas, untuk pemasangan lantai yang menggunakan lem, pastikanlah adhesive yang dipakai benar-benar kuat. Andalkan adhesive yang tepat seperti Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem kayu laminasi water based. Lem ini telah banyak digunakan oleh berbagai pihak dalam pemasangan lantai parket dan decking di Indonesia. Tanpa aplikasi lem yang tepat, keunggulan lantai kayu yang aplikasinya dengan lem tak akan optimal.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara pemasangan lantai kayu. Gunakan selalu Crossbond X4 agar lantai kayu Anda hadir dalam kualitas terbaiknya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here