Bagaimana Cara Memperbaiki Lantai Kayu Rusak?

0
1437
lantai kayu rusak

Bagaimana cara memperbaiki lantai kayu rusak? Ternyata tak sesulit yang kita bayangkan. Cara yang bisa ditempuh pun beragam dan tergantung pada kerusakan yang terjadi pada lantai. Supaya lebih jelas, langsung saja simak beberapa cara memperbaiki lantai decking atau parquet yang rusak di bawah ini.

Lantai kayu memiliki keindahan tersendiri. Baik itu parquet di bagian dalam rumah atau deking di luar rumah, kesemuanya hadir dengan membawa kesan lebih hangat dan natural. Trend pemakaiannya pun terus meningkat. Penggemar lantai seperti ini pun kian banyak karena keunggulannya yang memang menarik.

Tapi bagaimana bila lantai kayu mengalami kerusakan? Kerusakan bisa terjadi karena berbagai penyebab. Yang jelas, kerusakan pada lantai akan berdampak pada ketidaknyamanan hingga menurunnya kualitas keindahan sebuah ruangan. Oleh sebab itu, tatkala menghadapi wooden floor yang rusak, ada baiknya kita mengusahakan cara untuk menyelesaikan persoalan tersebut sesegera mungkin. Anda bisa mengikuti beberapa cara perbaikan di bawah ini berdasarkan penyebab kerusakan yang terjadi.

Aneka Cara Memperbaiki Lantai Kayu Rusak

Memasang Ulang dengan Crossbond X4

lem untuk dinding kayu

CS Lem Kayu

Kadangkala, sumber eror pada lantai kayu Anda adalah pemasangan yang kurang tepat pada masa lalu. Misalnya memanfaatkan lem yang kurang bisa merekat dengan kuat atau teknik perekatan yang sama sekali tidak tepat. Untuk lemnya sendiri, perlu diketahui, tak banyak lem kayu di pasaran yang bisa digunakan untuk memasang panel-panel lantai kayu. Oleh sebab itu, kita harus memilih lem yang tepat dengan teliti.

Kesalahan membeli lem bisa berdampak pada aneka kerusakan dengan beberapa di antaranya adalah berbunyinya lantai ketika diinjak dan meregangnya panel-panel lantai tersebut. Bila sudah demikian, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah memperbaiki lantai kayu rusak dengan langkah yang tepat. Bagaimana caranya?

Pertama, copot saja lantai-lantai di tempat Anda. Mintalah bantuan pada tukang yang profesional bila diperlukan. Setelah itu, minta mereka melakukan perekatan ulang dengan lem yang benar. Lem yang kami sarankan sendiri adalah Crossbond X4. Sebagai lem laminasi, Crossbond X4 adalah satu dari sedikit adhesive yang dapat diandalkan untuk merekatkan potongan-potongan lantai. Lem ini:

1. Kuat
2. Tahan lama, tahan air, solvent, dan panas
3. Mudah digunakan tak perlu alat dan bahan lainnya
4. Cepat kering
5. Tak menyebabkan lapisan film tebal
6. Harga terjangkau
7. Aman digunakan

Lem ini sebaiknya juga disarankan untuk memasang lantai kayu baru, baik parquet atau decking. Dengan lem ini, lantai kayu pasti akan lebih awet.

Menambal Kayu Rusak dengan Filler atau Kayu Pengganti

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada lantai kayu adalah rusaknya fisik beberapa bagian wooden flor tersebut. Kerusakannya sendiri bisa disebabkan karena:

1. Aktivitas jamur
2. Bakteri
3. Rayap
4. Faktor cuaca
5. Kombinasi dua atau lebih berbagai faktor di atas

Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini, langkah perbaikan harus segera dilakukan. Bagaimana cara melakukannya? Secara prinsipil, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Untuk kerusakan akibat faktor biologis atau hama, Anda perlu membasmi hama-hama tersebut lebih dulu. Gunakanlah dengan hati-hati pestisida atau obat pembasmi hama kayu yang bagus dan juga efektif digunakan.
2. Siapkan pengganti area yang rusak.
3. Lakukan penambalan baik dengan kayu dan Crossbond, ataupun menggunakan wood filler. Pilih solusi yang tepat yang bisa Anda ambil.

Memfinish Ulang Lantai Kayu yang Jelek

Rusak juga bisa mengandung makna rusak secara estetika. Kerusakan secara estetika sendiri biasanya diakibatkan lapisan finishing yang sudah mulai tampil jelek. Lapisan tersebut bisa saja sudah mulai pudar, mengalami perubahan warna, telah terkelupas, dan berbagai bentuk kerusakan yang lain.
Untuk masalah ini, maka cara memperbaiki lantai kayu yang rusak adalah dengan melakukan finishing ulang. Pilih warna finishing yang paling Anda suka lalu aplikasikan dengan hati-hati.

Tapi ingat, yang disebut finishing bukanlah sekedar mempercantik suatu produk saja dengan beragam jenis cat. Finishing juga memiliki fungsi proteksi atau perlindungan. Lapisan cat yang terbentuk akan melindungi bahan kayu yang dipakai.

Khusus untuk lantai, aspek finishing sebagai pemberi perlindungan atau proteksi sangatlah penting. Sebab lantai sebagaimana yang kita tahu rentan rusak oleh berbagai faktor yang menakannya, seperti:

1. Kelembaban udara dari bawah
2. Tumpahan-tumpahan
3. Tekanan berat dari perabot

Berbagai bentuk kerusakan bisa terjadi mulai dari munculnya jamur yang dipicu kelembaban udara hingga adanya beragam goresan di atas permukaan lantai tersebut. Nah untuk mengatasi hal inilah diperlukan bahan finishing yang tepat. Idealnya, lantai difinish dengan:

1. Finishing yang memiliki karakter anti gores
2. Tak mudah rusak terkena air atau solvent

Sudah Beres? Yuk Percantik Lantai Kayu dengan Cara ini!

Bagaimana? Apakah Anda sudah berhasil memperbaiki lantai kayu rusak mengikuti beberapa cara di atas? Apapun masalahnya, jelas kerusakan pada lantai kayu nan cantik perlu diperbaiki. Untuk itulah kami menerangkan beberapa cara di atas.

Nah supaya lebih afdol, tak lupa kami berikan tips supaya lantai parquet kayu Anda di rumah lebih menawan. Berikut ini dua cara di antaranya.

Perawatan Rutin dan Biopolish

Jangan lupa melakukan perawatan rutin. Bagus tidaknya lantai kayu Anda hingga keawetannya secara umum sangat tergantung pada perawatan rutin yang Anda lakukan. Yang dimaksud perawatan rutin sendiri tak hanya sekedar menyapu lantai saja, tapi juga mencakup:

1. Pembersihan harian dengan menyapu lantai
2. Pembersihan mingguan dengan intensitas lebih tinggi (lebih detil dalam membersihkan)
3. Penghindaran lantai kayu dari paparan air atau solvent
4. Memastikan bahwa lantai tidak rusak akibat tekanan perabot berat
5. Refinishing setiap beberapa waktu tertentu

mengecat ulang lantai kayu

Perawatan secara berkala juga bisa dilakukan dnegan wax seperti Biopolish. Semir kayu seperti ini ternyata mampu membuat serat kayu lebih halus dan warna lantai lebih kuat. Kayu pun tak pecah dan keindahannya lebih terjaga.

Tambahkan Aksen Cantik dengan Bunga atau Lukisan

Untuk keindahan yang lebih baik, hias lantai kayu Anda dengan menerapkan decoupage. Decoupage adalah kerajinan menempelkan gambar yang kemudian dilapisi dengan coating. Tapi bila Anda pandai dan suka melukis, cara tersebut pun sangat bisa dilakukan. Bayangkan, lukisan seperti mawar cantik yang tertera di lantai parquet atau decking Anda. Pasti cantik sekali! Makin menawan bila Anda memanfaatkan beberapa tanaman hias yang cocok untuk indoor. Kesan natural akan makin terkuatkan dengan hadirnya tanaman tersebut.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki lantai kayu rusak sekaligus bagaimana agar lantai decking atau parquet Anda lebih menarik. Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus artikel menarik dari kami lainnya di lemkayu.net. Kami akan terus memberikan informasi bermanfaat seputar dunia perkayuan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here