Make Over Mebel dengan Finishing Charcoal dan Decoupage

0
1535
furniture charcoal

Make over mebel ternyata bisa dilakukan dengan cara mudah dan menawan. Caranya adalah dengan menerapkan finishing charcoal dan tambahan aplikasi decoupage.

Make Over Mebel Sendiri?

Bosan dengan tampilan furniture yang itu-itu saja? Kenapa tidak coba melakukan make over sendiri? Dengan cara ini, Anda bisa menghemat jutaan rupiah yang biasanya dipakai untuk membeli produk baru.

Masih ragu? Jangan khawatir. Ikuti tips-tips di bawah ini bila Anda masih ragu untuk melakukan make over sendiri:

CS Lem Kayu

1. Terapkan saja make over yang sederhana tapi bisa memberikan hasil yang bagus. Misalnya sekedar mengganti warna cat saja.
2. Bila Anda pun ragu mengganti warna cat, coba latihan dulu pada kayu-kayu yang tidak terpakai.
3. Lakukan make over pada furniture yang sederhana dan mudah dikerjakan. Misalnya, pada meja atau pada lemari kecil. Bila Anda masih awam, memang sebaiknya Anda hindari dulu produk yang sulit dikerjakan seperti sofa. Salah-salah, Anda malah menumpahkan cat pada bagian dudukan sofa.
4. Lakukan make over pada mebel yang sudah tua sehingga lapisan finishingnya rusak.
5. Lakukan make over pada produk yang tidak membahayakan. Misalnya, kami tidak merekomendasikan Anda mempercantik produk yang sudah berkarat. Bisa-bisa Anda terkena musibah gara-gara menangani karat pada mebel tersebut.

Intinya adalah, Anda bisa memulai dari hal-hal yang sederhana dan metode sederhana pula saat akan melakukan make over mebel. Jadi, Anda bisa meminimalisir kesalahan dan memastikan produk benar-benar terlihat makin bagus, bukannya makin buruk.

Aneka Warna Baru yang Bisa Anda Terapkan

Seperti dijelaskan di atas, salah satu cara yang bisa diterapkan dengan mudah untuk make over mebel terlihat seperti baru adalah melakukan refinishing atau pengecatan. Tapi tahukah Anda bahwa pilihan warna yang diterapkan sangat banyak tak sekedar merah, hijau, atau biru? Di luar warna finishing yang terlalu konvensional tersebut, ada banyak sekali warna yang bisa diterapkan untuk make over mebel. Beberapa di antaranya adalah:

1. Natural color atau warna natural. Warna ini sebenarnya banyak digunakan. Anda bisa melihatnya pada berbagai mebel kayu yang dicat kecoklatan dengan masih memperlihatkan alur kayunya.
2. Metallic color atau warna logam. Meski warna ini jarang diterapkan, tapi warna ini bisa menjadi pilihan sangat unik. Beberapa contoh warna metallic antara lain warna emas, perak, hingga tembaga.
3. Warna solid pastel seperti merah, kuning, ungu, hingga oranye.
4. Warna patina. Patina merupakan warna kayu teroksidasi. Warna ini sedang menjadi trend finishing dunia tahun 2018.

5. Warna charcoal atau warna arang. Warna ini menampilkan aksen gelap seperti arang bekas dibakar. Seperti patina, warna ini juga sedang populer tahun ini.
6. Warna rustic atau warna-warna tua.
7. Warna white wash

Aneka produk finishing juga tersedia untuk Anda. Jadi ada banyak sekali opsi yang bisa diambil untuk melakukan make over mebel. Misalnya saja opsi pemakaian cat, high pressure laminate atau HPL, shellac gum atau plitur tradisional, hingga pemakaian lilin lebah atau beeswax sebagai bahan finishing. Pilih saja yang menurut Anda paling pas digunakan dan sesuai selera Anda.

Finishing Charcoal untuk Make Over Mebel

Salah satu warna “tak biasa” yang bisa diaplikasikan untuk make over furniture adalah warna charcoal. Warna ini, sebagaimana dijelaskan di atas, memiliki aksen gelap seperti arang habis terbakar. Dan memang charcoal memiliki makna literal seperti itu.

Pada artikel ini, kami fokus pada cara make over furniture lama dengan warna charcoal ini. Kalau Anda bosan dengan warna solid atau natural coklat yang itu-itu saja, coba saja warna ini. Selain unik, furniture juga akan terlihat lebih megah.

Adapun untuk langkah-langkahnya, ikuti metode di bawah ini.

1. Siapkan semua bahan finishing yang dibutuhkan meliputi: BioColours Sanding Sealer, BioVarnish wood stain sonokeling, dan BioColours Glaze warna hitam.
2. Untuk peralatan yang dibutuhkan, sediakanlah alat woodworking standar seperti amplas, kuas, hingga wadah tempat cat.
3. Untuk memulai make over mebel, lakukan dulu pengamplasan pada bahan finishing yang lama. Agar makin mudah, gunakan juga pengencer produk cat lama.
4. Pastikan lapisan finishing yang lama benar-benar sudah hilang.
5. Siapkan BioVarnish warna Sonokeling. Encerkan menggunakan air suling memakai perbandingan 1 : 1 saja. Berikutnya, ketika permukaan cat telah kering, lakukan pengamplasan agar permukaannya halus. Jadi lakukan pengamplasan secara ambang saja
6. Siapkan Glaze warna Black.
7. Encerkan dulu Glaze warna hitam dengan perbandingan 1 banding 5. Aplikasikan secara merata namun sebentar saja hingga 5 menit lalu usap dengan kain lap yang bersih.
8. Tunggu sisa Glaze hingga mengering. Berikutnya, ketika permukaan cat telah kering, lakukan pengamplasan agar permukaannya halus. Jadi lakukan pengamplasan secara ambang saja
9. Aplikasikan BioColours Top Coat dengan tingkat kilau matte. Berikutnya, ketika permukaan cat telah kering, lakukan pengamplasan agar permukaannya halus. Jadi lakukan pengamplasan secara ambang saja.
10. Selesai! Kini make over mebel Anda sudah selesai dilakukan dan furniture Anda pun tampak baru dengan warna memikat charcoal.

Aplikasikan Decoupage

Ingin agar hasil make over mebel dengan finishing warna charcoal makin menawan? Bisa. Anda bisa memadukannya dengan teknik lain seperti decoupage. Pada teknik ini, gambar yang menurut Anda bagus ditempelkan di mebel lalu dicoating dengan clear coat. Teknik ini akan membuat mebel Anda seperti dilukis dengan lukisan sangat indah.

Agar terintegrasi dengan aplikasi finishing Anda sebetulnya hanya menempelkan gambar sebelum aplikasi clear coat. Jadi penampilan gambar terlihat benar-benar seperti lukisan

Eits, Perbaiki Dulu yang Rusak dengan Crossbond!

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Bagaimana make over mebel dikatakan berhasil bila masih ada bagian yang rusak? Jadi, coba mundur sejenak dan sebelum Anda melakukan proses refinishing sebaiknya perbaikan pada mebel dilakukan terlebih dahulu. Caranya:

1. Periksa kondisi mebel secara umum. Temukan bagian-bagian rusak yang perlu diganti.
2. Perbaiki kerusakan tersebut. Misal, ada bagian furniture yang patah, maka Anda bisa menyambungnya kembali menggunakan Crossbond.

Proses perbaikan atau make over furniture memang hampir selalu melibatkan pemakaian lem dan pemakuan. Jadi, pastikan Anda senantiasa menggunakan lem atau adhesive yang tepat.

Adhesive yang kami sarankan untuk kebutuhan make over mebel ini adalah Crossbond. Sebagai lem PVAc water based, adhesive ini sangat kuat, tahan lama, cepat kering, dan mudah digunakan. Crossbond juga akan bekerja secara molekuler dengan mengikat kayu secara kimiawi dengan kuat. Jadi bilapun ada bagian yang patah pada furniture Anda, Anda tak perlu khawatir lagi. Toh dengan Crossbond, Anda bisa melakukan make over mebel bagian yang patah dengan mudah.

Make Over Mebel

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here