Membuat Meja Antik dengan Mudah? Kenapa Tidak?

0
1063
meja antik

Salah satu mebel dengan harga paling mahal pastilah berbagai varian meja antik. Agar lebih murah dan mudah didapat, pengrajin seringkali menyediakan meja reproduksi, yakni meja baru tapi dibuat dengan kesan antik. Sulitkah membuat berbagai meja seperti itu? Pada kesempatan ini, lemkayu.net akan membagikan tips super mudah untuk menghasiilkan meja shabby chic berkesan antik.

Meja menjadi salah satu produk furniture yang paling banyak digunakan oleh manusia. Sebagaimana furniture lainnya, meja pun bisa dibagi menjadi berbagai tipe. Misalnya berdasarkan fungsi, bentuk, sampai bahan pembuatnya. Selain itu ada juga pembagian meja berdasarkan usia dan tampilannya. Berdasarkan kategori tersebut, kita mengenal meja menjadi beberapa kelompok, yakni:

  1. Meja baru, yakni meja yang dibuat dengan desain baru (belum terlalu lawas hingga yang paling baru) dari bahan baru.
  2. Meja antik, yakni meja yang sudah berusia lama dan karenanya memiliki tampilan antik sesuai zaman pembuatannya.
  3. Meja reproduksi, yakni meja baru yang dibuat dengan kesan antik.

Di antara ketiga meja di atas, jenis antique table atau meja yang antik memiliki jumlah paling sedikit dan biasanya digemari oleh segmen khusus di masyarakat. Meja-meja seperti ini kadang juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sehingga meskipun sudah sangat tua, tapi ia justru jadi buruan bagi beberapa kalangan.

Meja Reproduksi sebagai Alternatif Meja Antik

Secara estetika, meja dengan rupa antik memang memiliki kesan memikat tersendiri. Sayangnya, sebagaimana disebut di atas, meja seperti ini tidak banyak. Umumnya, furniture meja di masa lalu sudah rusak dimakan zaman. Kalaupun ada, biasanya pun harganya selangit dan sudah diburu oleh banyak penggemar sejarah.

Melihat fenomena ini, industri furniture sebetulnya sudah hadir dengan sebuah solusi. Adalah meja reproduksi yang sebetulnya dibuat untuk memenuhi permintaan pasar akan meja dengan kesan antik tapi bukan benar-benar barang lawas. Meja seperti ini memang tak punya nilai sejarah. Tapi nilai jualnya memang bukan pada hal tersebut, melainkan pada keindahannya. Segmen penggemarnya juga lebih luas. Sebab banyak juga masyarakat awam yang tidak secara khusus menyukai keantikan tapi bisa menginginkan furniture antik sebagai penghias di rumahnya. Selain itu, secara umum, meja reproduksi bisa dijadikan alternative dengan kelebihan sebagai berikut:

Kelebihan Meja Reproduksi

  1. Harga lebih terjangkau karena tidak memiliki nilai sejarah seperti antique table sehingga lebih terjangkau bagi banyak kalangan
  2. Supply lebih banyak dan bisa terus dibuat, sehingga tidak mudah untuk membelinya
  3. Produk lebih kokoh dan awet sebab dibuat dengan material baru
  4. Bila dibandingkan dengan meja baru, meja seperti ini memiliki keindahan tersendiri yang sangat khas dan tak biasa

Dalam aplikasinya, meja-meja seperti ini pun kadang tidak hanya dipakai untuk kebutuhan personal saja. Beberapa usaha juga sering mengandalkannya, seperti:

  1. Kafe, terutama dengan desain lawas
    Kedai kopi
  2. Warung makan dan restaurant
  3. Hotel dan berbagai tempat penginapan
  4. Toko buku
  5. Dan berbagai jenis usaha lainnya

Membuat Meja Antik Reproduksi dengan Ultra Phaethon

Keberadaan meja reproduksi adalah sebuah alternative yang ditawarkan industri woodworking. Sebagai pelaku usaha, Anda pun bisa mencoba membuatnya. Tak susah lho. Proses pembuatan mebel ini pada dasarnya mengutamakan tampilan tua. Tampilan tua sendiri bisa dihasilkan dari desain produk hingga warna dan tampilannya. Nah, bagi yang berminat untuk membuat meja seperti ini, berikut ini kami contohkan caranya.

Finishing: Whitewash, Patina, Shabby Chic sampai Charcoal

Agar terkesan tua, Anda bisa mengaplikasikan jenis finishing yang menampakkan kesan tersebut. Beberapa yang bisa diaplikasikan antara lain adalah finishing whitewash, patina, shabby chic, dan charcoal. Untuk cara aplikasi finishing tersebut, silahkan simak penjelasannya pada artikel kami sebagai berikut.

Decoupage

Beberapa meja antik zaman dulu dibuat dengan motif klasik seperti motif floral (bunga) hingga garis-garis. Anda juga bisa menerapkan motif ini agar meja semakin manis. Apalagi bila dipadukan dengan konsep meja shabby chic yang memang memiliki karakter lawas tapi lembut.

Aplikasi decoupage dilakukan dengan menempelkan napkin bergambar pada meja sebelum dicoating atau divarnish. Dengan metode ini, meja akan seperti dilukis padahal sebenarnya hanya ditempeli gambar saja. Berikut ini cara aplikasi decoupage:

  1. Lakukan finishing sampai sebelum clear varnish atau top coat atau clear coat diterapkan.
  2. Tempelkan napkin decoupage pilihan di tempat yang Anda inginkan. Gunakan lem khusus decoupage yang bagus.
  3. Biarkan kering.
  4. Aplikasikan top coat
  5. Biarkan kering, lalu lakukan pengamplasan supaya halus dan merata
  6. selesai

meja antik decoupage

Dapatkan Ultra Phaethon di Sini!

Menjadi lem dengan kualitas yang baik untuk kerajinan, kami rekomendasikan pemakaian lem Ultra Phaethon untuk membuat meja antik dengan teknik decoupage. Adhesive ini memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya bisa dipakai untuk decoupage, pembuatan kerajinan serat alam, tas anyaman, dan berbagai jenis produk craft lainnya.

Ultra Phaethon adalah lem PVAc water based dengan inner cross linker yang dibuat khusus sehingga daya rekatnya sesuai dengan kebutuhan craft. Berbeda dengan lem PVAc lainnya, adhesive ini memiliki daya tahan atau resistensi yang sangat baik terhadap air. Selain itu, Ultra Phaethon juga memiliki kecepatan kering yang baik, aman digunakan, tahan lama, tahan panas, solid content tinggi, dan cover area-nya yang luas.

Bonding atau ikatan Ultra Phaethon pun bersifat stabil yang membuat produk Anda lebih awet. Lem ini sekarang juga bisa didapatkan dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa membelinya di Bio Service Point yang berlokasi di tiga kota, yakni Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa membeli di agen-agen resmi Bio Industries yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Ingin belanja online? Pemesanan secara online untuk Ultra Phaethon dilayani dengan menghubungi CS kami secara langsung. Berikutnya, Anda akan diminta mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pengiriman detil pesanan mulai dari nama pemesan, produk, jumlah produk, dan alamat pengiriman.
  2. Penerimaan invoice dari CS kami berisi tagihan total pembayaran.
  3. Pembayaran via no rek yang kami berikan.
  4. Pengiriman bukti pembayaran
  5. Penerimaan nomor resi pengiriman dari CS kami
  6. Anda bisa memantau progress pengiriman dari nomor resi tersebut. Kami juga akan selalu kooperatif sampai Ultra Phaethon benar-benar tiba di rumah Anda.

Nah, demikianlah proses pembuatan meja antik dengan dipercantik aplikasi decoupage. Mudah bukan? Yang Anda perlukan hanya meja baik yang baru atau make over meja lawas, aplikasi finishing tua seperti patina sampai whitewash, dan tentu saja aplikasi decoupage dengan lem kerajinan Ultra Phaethon. Tak mahal dan tak sulit, Anda bisa menikmati keindahan meja tersebut atau malah menjualnya untuk mendapatkan untung besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here