Membuat Rumah Tradisional? Kenapa Tidak

0
1207
rumah tradisional (3)

Rumah adalah istana kita, tempat kita berkumpul bersama keluarga. Mengupayakan rumah supaya dibangun dengan desain tradisional pun bukan hal yang salah. Justru rumah tradisional menawarkan suasana lain daripada yang lain. Kesan rileks, natural, dan hangat pasti akan lebih terasa. Rumah pun bisa dinikmati bak resot-resot yang memang sering didesain dalam desain tersebut. Bayangkan beristirahat di rumah dengan suasana seperti itu. Asyik bukan?

rumah tradisional (3)

Tapi apa yang sebenarnya membedakan rumah jenis ini dengan rumah jenis modern? Secara umum, desain dan bentuk rumah zaman dulu sangat berbeda dengan desain rumah masa kini. Bila Anda ingin mengaplikasikan rumah dengan desain ini pun Anda bisa mencari referensi berbagai bangunan adat masa lampau.

Agar lebih jelas, silahkan simak bedanya rumah tradisional dengan rumah modern berikut ini.

Perbedaan Rumah Tradisional dan Modern

Material

Bambu, akar, kayu, dan tanah adalah material yang sangat dominan dalam rumah zaman dulu. Jangan salah! Justru penggunaan material inilah yang membuat rumah tradisional memiliki daya pikat kuat. Kita hanya perlu memodifikasinya seperti menggunakan lem kayu yang baik agar perekatan antar komponen lem lebih kuat.

Desain dan Tata Letak Bangunan

Umumnya, rumah adat atau tradisional memiliki tata letak bangunan khusus yang tidak secara langsung tersambung satu sama lain.

Corak

Trend desain rumah modern semakin lama semakin menuju ke arah minimalis. Trend ini bisa dipahami mengingat gaya hidup dan aktivitas manusia di era modern yang memang membutuhkan gerak cepat dan keefisienan dalam berbagai aspek kehidupan. Corak-corak dalam rumahnya pun ikut trend ini menjadi lebih sederhana namun tetap menawan. Jelas sekali bedanya dengan rumah tradisional yang lebih fleksibel dalam menerapkan berbagai corak estetik seperti penggunaan ukir-ukiran. Namun tentu saja tidak salah mengaplikasikan rumah tradisional di era ini. Justru kita dapat memanfaatkannya untuk suasana yang benar-benar rileks.

Simbolik dan Non Simbolik

Rumah tradisional dibangun dengan filosofi tertentu. Biasanya setiap bangunan rumah merupakan simbol yang mengandung makna tersendiri. Hal ini sangat berbeda dengan rumah modern yang tak lagi menggunakan simbol-simbol dan pemberian makna secara tersirat.

rumah tradisional (3)

Jadi, mana yang akan Anda pilih sebagai tempat bernaung bersama keluarga? Apapun pilihan Anda, pilihlah dnegan bijak dan bangunlah rumah tersebut dengan kuat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here