Seni Ukir Melayu Memang Elegan, dan Ini Lem Paling Tepat untuk Digunakan

0
107
Seni Ukir Melayu

Terdapat sangat banyak jenis ukiran di Indonesia. Salah satunya adalah seni ukir khas melayu. Seperti apa ciri ukiran melayu dan apa saja tipenya? Ayo simak penjelasannya di bawah ini.

Tak banyak negara yang memiliki keragaman seperti Indonesia. Apalagi keragaman dari segi etnis dengan jumlah bahasa hingga ratusan jenis. Keragaman Indonesia ini juga bisa dilihat pada berbagai produk budayanya. Misalnya saja ukiran.

Mengukir adalah keterampilan yang sudah dilakukan manusia sejak zaman dahulu kala. Teknik ini akan menghasilkan suatu bentuk gambar 3 dimensi pada sebuah bidang yang biasanya terbuat dari kayu atau batu.

Di Indonesia, terdapat sangat banyak jenis ukiran. Salah satu yang paling menarik adalah seni ukir khas melayu yang banyak dijumpai di pulau Sumatra.

Ciri-ciri Ukiran Melayu

  1. Banyak menggunakan pola gambar flora seperti bunga dan juga daun-daunan. Pola ini makin sering dipakai seiring kedatangan islam. Masyarakat melayu yang dulu mengukir dengan bentuk manusia dan binatang mulai beralih ke bentuk tanaman agar tidak melanggar agama.
  2. Terpengaruh dari berbagai kebudayaan. Masyarakat melayu tinggal di daerah yang menjadi pusat perdagangan nusantara. Makanya, tak mengherankan budaya mereka (termasuk ukiran) juga dipengaruhi bangsa lain. Tiga budaya yang paling berpengaruh adalah arab, china, dan India.
  3. Pengaruh budaya china terlihat pada bentuk-bentuk naga di ukiran melayu yang lama. Pengaruh budaya India terlihat pada ukiran dewa-dewa. Sedangkan pengaruh budaya arab terlihat pada bentukan yang mirip kaligrafi sampai trend penerapan pola flora dibanding manusia dan binatang.
  4. Terdiri dari beberapa varian atau ragam.
  5. Mencerminkan kehalusan dan keharmonisan. Penggunaan gambar bunga menunjukkan bahwa etnis melayu menyenangi kelembutan dan tak menyukai kekerasan.

Di Mana Ukiran Melayu Diterapkan?

CS Lem Kayu

Secara tradisional, seni ukir melayu diterapkan pada aspek-aspek tertentu saja. Itupun, jenis ukiran untuk satu keperluan bisa berbeda dengan yang lain. Misalnya:

  1. Di rumah-rumah tradisional
  2. Di istana
  3. Di masjid dan tempat persembayangan yang lain
  4. Di batu nisan
  5. Di furniture, terutama furniture milik kerajaan
  6. Di senjata seperti keris
  7. Di perahu-perahu mereka
  8. Di berbagai perkakas lainnya

Ukiran kadang diterapkann di kayu ataupun batu sesuai dengan kebutuhan. Tingkat keindahan ukiran juga berbeda-beda. Ukiran untuk istana, misalnya jelas dibuat lebih indah dibanding untuk rumah warga biasa.

Seni Ukir Melayu

Varian Ukiran Melayu

Ada berbagai tipe ukiran melayu. Berikut ini 3 contoh di antaranya.

  1. Haut Relief. Haut relief adalah ukiran yang kadang menyerupai patung. Hal ini karena cara membuatnya benar-benar mengedepankan tampilan yang 3 dimensi. Umumnya, haut relief diterapkan pada istana, masjid, pilar rumah, nisan, dan berbagai bangunan penting dan sakral lainnya. Dahulu, haut relief banyak memanfaatkan pola gambar dewa, manusia, serta hewan-hewan. Namun semenjak kedatangan islam, pola haut relief didominasi dengan gambar tetumbuhan dan bunga.
  2. Demi Relief. Jenis ukiran melayu demi sering ditemukan di istiana dan masjid. Pola yang dipakai pada demi relief juga mengalami evolusi seperti haut relief, yakni penggunaan motif flora sejak kedatangan islam.
  3. Relief Encreuse. Relief encreuse sangatlah unik. Relief ini tipe ukiran yang tenggelam. Biasanya, encreuse diterapkan pada senjata milik orang melayu mulai dari keris melayu, tombak, pedang, dan juga perisai. Relief ini sangat jarang diterapkan pada perabot rumah tangga.

Seni Ukir Melayu Diterapkan di Era Modern

Di era modern ini, ukiran melayu bisa diterapkan ke bidang-bidang yang lebih luas. Apabila dulunya ukiran hanya dipakai di rumah-rumah hingga istana, kini ukiran juga bisa diterapkan dalam pembuatan berbagai jenis cindera mata. Ada banyak lho produk souvenir yang bisa dihias menggunakan ukiran khas melayu ini. Misalnya saja:

  1. Jam tangan kayu dengan motif khas ukiran melayu.
  2. Gantungan kunci
  3. Vas bunga
  4. Hiasan dinding
  5. Asbak

Selain itu, kayu konstruksi dan furniture khas melayu juga perlu dipopulerkan. Kalau Jepara dan Bali bisa mengekspor mebel berukirnya yang indah ke luar negeri, kenapa warga Sumatra tidak? Apalagi ukiran melayu pun tak kalah indah dengan ukiran Bali ataupun Jepara.

Buat Produk dengan Ukiran Khas Melayu Bersama Crossbond

Untuk membuat ukiran yang bagus, jelas dibutuhkan 3 hal. Pertama, bakat dan keterampilan si pembuat ukiran, kedua kualitas kayu, dan ketiga kondisi alat yang dipakai. Apabila ketiga hal tersebut berkualitas semua, maka ukiran melayu yang dihasilkan pun pasti juga sangat bagus.

Nah, setelah ukiran tersebut jadi, kita tinggal mengaplikasikannya pada produk yang lebih besar. Misalnya diaplikasikan pada bangunan, mebel, hingga pada cinderamata apabila bentuknya kecil. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa mengandalkan adhesive yang kami sediakan, yakni Crossbond.

Crossbond didesain sebagai perekat untuk industri woodworking modern. Lem ini sangat efektif digunakan dan sudah lama menjadi andalan berbagai pelaku usaha baik usaha furniture ataupun usaha kerajinan. Salah satu keunggulan lem ini adalah sifatnya yang lebih aman sehingga Anda bisa menghasilkan produk eco friendly.

Lem Crossbond terbagi atas dua varian. Keduanya sama-sama bisa digunakan dalam pembuatan produk berhiasan seni ukir melayu.

lem kayu untuk finger joint terbaik

Crossbond X3

Crossbond X3 adalah lem untuk penyambungan. Lem ini berguna bagi Anda yang ingin membuat cinderamata hingga mebel kayu berhiasan seni ukir melayu. Crossbond sangat mudah diterapkan, berbahan dasar PVAc yang aman digunakan, dan tidak menyebabkan bau yang menyengat. Lem ini juga sangat rekat sehingga produk Anda pun tidak akan mudah rusak.

Crossbond X4

Lem Crossbond X4 juga merupakan lem PVAc water based sebagaimana Crossbond X3. Namun demikian, adhesive ini didesain untuk perekatan pada permukaan yang lebar. Crossbond X4 bisa Anda gunakan untuk mengelem ukiran yang lebar pada media lain seperti dinding ataupun furniture. Adhesive ini sangat berkualitas dan juga tahan lama. Apalagi Crossbond merupakan lem yang bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor.

Beli Crossbond Yuk, Mudah lho Caranya

Bagaimana? Mudah sekali ya membeli Crossbond X3 dan Crossbond X4? Tak hanya mudah, Crossbond juga bisa membuat produk dengan hiasan ukiran melayu Anda menjadi lebih baik dan juga menarik. Ya, ukiran melayu memiliki potensi besar untuk dikenal dunia sebagaimana ukiran Bali dan Jepara. Apalagi peminat ukiran melayu pun banyak terdapat di Malaysia hingga Brunei Darussalam.

Di zaman modern seperti sekarang ini, ukiran melayu juga bisa diterapkan pada berbagai produk lho mulai dari mebel sampai souvenir. Aplikasi ini akan membantu warga lokal agar meningkat taraf ekonominya. Hanya saja untuk membuat seni ukir melayu yang baik, memang diperlukan adhesive yang tepat. Dan Crossbond adalah lem yang paling cocok untuk kebutuhan Anda tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here