Mengenal Aneka Jenis Dinding Kayu yang Perlu Anda Tahu

0
1098
dinding kayu (2)

Sama seperti lantai kayu, jenis dinding kayu pun beragam dan bisa berlainan satu sama lain. Di kesempatan ini, lemkayu.net akan membahas ragam varian tipe-tipe wooden wall tersebut.

Menjadi komponen penting pada bangunan, bagian dinding harus selalu terlihat menarik. Salah satu material yang bisa membuat bagian ini terlihat menarik adalah material kayu

Siapa yang tak terpikat dengan dinding yang dibuat dengan komponen kayu? Beda dengan dinding biasa yang merupakan dinding semen lalu dicat, kayu bisa memberikan suasana berbeda. Penggunaan kayu akan berimplikasi positif pada berbagai kesan penting seperti ketenangan dan kehangatan. Dan karena itulah, beberapa penelitian sampai menyebut bahwa penggunaan kayu pada bangunan bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan. Bayangkan saja bagaimana relaksnya beristirahat di ruangan dengan dinding kayu setelah sibuk seharian dengan suasana kota yang padat.

Jadi, jangan segan untuk memilih dinding ini dibanding dinding lainnya. Apalagi, selain menarik, saat ini pemakaian dinding berbahan kayu juga sudah mulai trending. Sehingga, semakin mudah untuk menemukan produk di pasaran dengan harga lebih kompetitif. Para tukang yang membuatnya pun lebih banyak ditemukan.

CS Lem Kayu

Meski demikian, saat hendak menggunakan dinding kayu di rumah, jangan sembarangan memilih wooden wall yang dijual. Cermati dulu dinding kayu yang ditawarkan tersebut. Ada baiknya, Anda juga memperhatikan tipe-tipe wooden wall tersebut. Nah, kali ini, kami akan bagikan macam dinding kayu berdasarkan dua hal.

Pertama: Berdasarkan Ukuran Komponen Kayunya

Sebetulnya, ada beragam tipe dinding kayu berdasarkan ukurannya. Namun setidaknya, kita bisa membaginya dalam 3 kategori utama, yaitu:

Tipe Panel

Pernah melihat dinding kayu dengan plang kayu panjang? Inilah jenis dinding berbahan kayu pertama. Kayu yang dipakai tersedia dalam bentuk potongan plang memanjang.

Patterned Panel

Tipe ini memiliki ukuran jauh lebih kecil dibanding tipe panel. Dengan ukurannya yang lebih kecil tersebut, pemasangan memang lebih lama. Namun hasilnya pun bisa jadi sangat menarik.

jenis dinding kayu

Tipe Papan

Yang terakhir ini memiliki ukuran paling luas. Bentuknya sudah menyerupai papan. Aplikasinya cocok dipakai untuk pemasangan pada ruangan dengan area yang luas.

jenis dinding kayu papan

Kedua Berdasarkan Jenis Kayu yang Dipakai

Berdasarkan jenis kayunya, kita bisa membedakan dinding kayu setidaknya dalam dua kategori besar.

  1. Pertama adalah dinding kayu dari material solid. Jenis dinding kayu ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibanding kategori kedua. Penggunaan kayu solid akan memberikan poin keunggulan mulai dari estetika yang lebih bagus, kekuatan yang lebih baik, sampai dengan ketahanannya pada berbagai hama. Namun tentu saja, kualitasnya pun bisa berbeda tergantung kayu yang digunakan. Dinding kayu jati, misalnya, jelas lebih baik dibanding dinding kayu dengan kualitas di bawah jati.
  2. Jenis tembok kayu kedua menggunakan kayu olahan atau engineered wood. Dalam hal ini, kayu yang digunakan dominan atau bagian paling luar adalah kayu olahan tersebut. Jenis kayu olahan yang bisa dipakai beragam mulai dari MDF hingga HDF. Kayu-kayu ini umumnya sudah dibuat sedemikian rupa dan difinish dengan lapisan veneer atau HPL. Kualitasnya secara umum memang lebih rendah dianding tipe dinding kayu yang pertama. Akan tetapi, karena kualitasnya yang lebih rendah itulah, harga dinding kayu yang kedua ini pun umumnya lebih murah.

Silahkan pilih jenis dinding kayu yang tepat baik berdasarkan ukuran ruangan sampai dengan material yang digunakan. Untuk pemasangannya, jangan lupa gunakan selalu Crossbond X4.

lem untuk dinding kayu

Adhesive Crossbond X4 adalah lem kayu khusus untuk laminasi. Adhesive ini bisa dipakai untuk instalasi aneka jenis dinding berbahan kayu lho. Sebab selain formulanya tepat, Crossbond X4 juga merupakan lem dengan banyak keunggulan. Lem ini memiliki daya rekat kuat, hemat digunakan, tahan lama, cepat kering, tidak glue line, dan bisa Anda pakai dengan harga yang lebih terjangkau!

Begini Cara Memesan Crossbond X4!

Ayo, segera gunakan lem untuk laminasi yang baik, Crossbond X4. Anda bisa memesannya dengan cara yang sangat mudah. Terdapat 3 opsi yang bisa Anda pilih antara lain:

Pemesanan di Toko Daring / Marketplace

Anda bisa membeli lem ini di berbagai marketplace. Kunjungi saja marketplace atau online shop yang menjadi langganan Anda untuk memesan adhesive ini. Untuk prosedur pemesanannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di toko online terkait.

Pemesanan secara online di lemkayu

Anda juga bisa secara langsung melakukan pemesanan secara online di lemkayu.net. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu:

a. Kirimkan data yang diperlukan. Data meliputih nama Anda sebagai pemesan, produk adhesive Crossbond X4 yang dipesan, jumlah Crossbond X4 yang ingin dipesan, serta tujuan pengiriman atau alamat pengiriman. Tentukan juga kurir pengiriman yang Anda kehendaki.
b. Berdasarkan data yang Anda berikan tersebut, Customer Service (CS) kami untuk memberikan hitungan yang harus dibayar dan lama pengiriman. Biaya yang harus Anda bayar sendiri meliputi harga lem Crossbond X4 dan biaya kurir pengiriman.
c. Sekiranya Anda telah setuju dengan estimasi dan lama proses pengiriman, Customer Service akan segera memberikan nomor rekening untuk tujuan pembayaran.
d. Silahkan lakukan pembayaran dan kirimkan bukti pembayaran tersebut kepada kami.
e. Tunggu CS untuk memverifikasi bukti tersebut. Setelah verifikasi selesai, pesanan Anda akan segera kami proses. Produk pesanan Anda juga akan segera kami berikan ke kurir yang telah Anda pilih.
f. Tunggu kami mengirimkan nomor resi pengiriman kepada Anda.
g. Tunggu Crossbond X4 sampai di rumah Anda (alamat tujuan pengiriman), kami akan turut memantau sampai Crossbond X4 bena-benar sampai.

Pembelian secara Langsung atau Konvensional di Bio Service Point

Anda juga bisa membeli lem ini secara langsung. Lakukan pembelian di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain bisa bertemu tatap muka dengan CS dan teknisi kami, Anda juga bisa memilih produk lainnya yang disediakan di Bio Service Point mulai dari bahan pengawet, bahan finishing, hingga pemutih kayu atau wood bleaching.

Kesimpulan

Meskipun sama-sama tergolong sebagai dinding kayu, namun terdapat variasi antar berbagai jenis dinding kayu tersebut. Untuk memilihnya, dibutuhkan pengetahuan akan berbagai tipe tersebut. Dan informasi di atas bisa Anda gunakan untuk hal tersebut. Selain itu, yang perlu diingat adalah diperlukannya lem yang tepat. Adhesive yang bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut adalah Crossbond X4. Lem ini selain lem yang cocok digunakan untuk kebutuhan pemasangan lantai, juga merupakan lem yang memiliki berbagai kelebihan seperti daya rekat yang kuat, tidak mudah rusak, tidak menyebabkan glue line, cepat kering, lebih hemat, dan juga tersedia dalam harga yang lebih murah.

Nah, demikian informasi mengenai aneka jenis dinding kayu. Terlepas dari berbagai jenisnya, lem yang paling tepat digunakan untuk kebutuhan ini adalah Crossbond X4. Semoga bermanfaat ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here