Ini Kelebihan dan Kekurangan Dinding Batu Alam yang Perlu Anda Tahu

0
322

Tertarikkah Anda memasang dinding dengan material natural stone? Apabila jawabannya iya, coba simak dulu kelebihan dan kekurangan dinding batu alam tersebut.

Untuk membuat bangunan terlihat menarik, beragam cara dilakukan oleh manusia. Ada yang melakukan pengecatan hingga menggunakan hiasan-hiasan gantung yang cantik.

Pada masa lalu, sebelum cat ditemukan dan rumah-rumah masih berbahan kayu, seringkali plitur menjadi andalan utama untuk mempercantik rumah. Kini, pilihan yang tersedia sudah semakin banyak. Salah satunya, pilihan untuk memasang tembok berpelapis batu alam.

Batu alam sendiri sebenarnya merupakan suatu istilah yang spesifik. Secara literal, kita bisa menerjemahkan istilah ini ke dalam Bahasa Inggris sebagai natural stone. Dengan demikian, menurut pengertian literalnya, hampir semua batu yang kita kenal adalah batu alam.

CS Lem Kayu

Namun, di masyarakat, yang disebut dengan istilah ini biasanya sangat khusus, Yang dimaksud dengan istilah ini, sebagaimana dijelaskan di artikel tentang batu alam yang lalu adalah bebatuan yang indah dan kokoh sehingga bisa digunakan untuk bahan tembok atau lantai bangunan.

Pernahkah Anda melihat rumah yang memiliki tembok warna hitam arang dan berbentuk balok-balok seperti candi? Atau, pernahkah Anda melihat tembok sebuah ruangan yang terdiri dari batu berwarna krem mengkilap?

Ya itulah contoh batu alam. Dinding batu alam sendiri bisa terbuat dari beragam jenis natural stone. Contoh jenis-jenis batu alam ialah marmer, candi, gamping, palimanan, sabak, dan granit.

Bisa dikatakan bahwa dibanding dinding biasa yang terbuat dari batu-bata atau batako berlapis semen, dinding seperti ini menawarkan suatu keindahan tersendiri. Tak mengherankan, banyak yang menginginkannya.

Bagaimana dengan Anda? Apa Anda juga berencana memasang tembok seperti ini?

Baca juga: Lem untuk Batu Alam yang Bagus

Alangkah lebih baik bila Anda memang ingin memasang dinding ini, faktor selain estetika juga harus dipertimbangkan. Misalnya poin-poin kelebihan dan kekurangan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Dinding Batu Alam

Kelebihan

  1. Memiliki estetika yang sangat menarik. Secara umum, ruangan akan hadir dengan nuansa yang khas. Batu candi akan membuat rumah terlihat lebih elegan dan berkelas, sedangkan batu granit akan membuat rumah terlihat lebih mewah sekaligus bersahabat.
  2. Jenis yang sangat beragam. Ada yang berwarna hitam pekat, putih mengkilap, merah muda, kehijauan, dan lain sebagainya.
  3. Harga dan kualitas yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan budget kita
  4. Bisa menaikkan harga jual rumah, sebab penggunaan natural stone dipersepsi dengan baik di masyarakat
  5. Perawatan yang mudah. Hal ini berbeda dengan dinding lapis wallpaper yang harus diperlakukan dengan hati-hati agar tidak terlihat kumuh.
  6. Tak perlu dicat secara berkala, dinding hanya perlu dicoating dengan pelapis khusus
  7. Memiliki pola natural yang indah

Secara umum, memang tak sedikit kelebihan dinding natural stone. Namun agar lebih berimbang, tentu kita juga harus memerhatikan keseluruhan kelebihan dan kekurangan dinding batu alam tersebut. Berikut ini beberapa poin negatif yang harus Anda timbang-timbang tatkala hendak menggunakan tembok natural stone.

Kekurangan

  1. Pembuatan tembok batu alam, bagaimanapun juga lebih mahal dibanding tembok biasa. Harga bahan dan pemasangannya bisa beberapa kali lipat harga dinding batu-bata.
  2. Tampilannya memang indah, namun Anda akan kesulitan bila suatu saat bermaksud mengecatnya dengan warna yang lain atau ingin memasang wallpaper.
  3. Bobot yang berat sehingga pemasangannya harus dilakukan hati-hati supaya tidak membahayakan. Pemasangan di lantai 2 dan atasnya pun tak boleh dilakukan secara sembarangan.
  4. Warna tidak seragam. Meski hal ini kadang dianggap sebagai kelebihan, namun beberapa kalangan mungkin merasa keberatan.
  5. Pori-pori besar sehingga wajib dilakukan pelapisan agar awet dan tidak berlumut

Apakah Tembok Batu Alam Worth It?

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa kelebihan dan kekurangan dinding batu alam cukup berimbang. Dengan kata lain, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Apakah Anda memang amat menyukai tampilan dinding tersebut? Apakah Anda tak bermasalah dengan bobotnya yang berat? Atau, Anda berencana menggunakannya untuk investasi rumah baru? Tentunya setiap orang memiliki pertimbangan tersendiri. Jadi silahkan ambil keputusan berdasarkan pertimbangan subjektif Anda.

Gunakan Selalu Lem Eva Phaethon

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dinding batu alam, dalam pemasangannya tentu dibutuhkan lem dengan kualitas yang baik. Dan untuk keperluan ini, lemkayu.net menyarankan penggunaan adhesive andalan kami, Eva Phaethon.

Lem Eva Phaethon adalah lem berbasis ethylene vinyl acetate. Lem multipurpose ini menawarkan kemampuan menyatukan benda-benda dengan porositas beragam, termasuk antara batu alam yang satu dengan batu alam yang lainnya.

kelebihan dan kekurangan dinding batu alam

Berikut ini secara rinci keunggulan lem Eva Phaethon:

  1. Memiliki daya rekat yang sangat baik untuk batu alam
  2. Tidak menyebabkan fenomena glue line yang merusak estetika produk batu alam
  3. Merupakan adhesive yang mudah digunakan
  4. Sangat hemat, aplikasinya bisa dilakukan di salah satu sisi media saja
  5. Diformulasikan dengan memerhatikan rambu-rambu safety berstandar tinggi
  6. Ikatan yang diciptakan sangat stabil
  7. Harga terjangkau, tersedia dalam kemasan yang pas untuk perekatan dinding batu alam

Sekadar memerhatikan kelebihan dan kekurangan dinding batu alam saja, dengan kata lain tidaklah cukup. Agar keunggulan natural stone wall lebih optimal, maka lem yang digunakan harus benar-benar memiliki kualitas yang baik seperti lem Eva Phaethon.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli silahkan hubungi kami via kontak CS yang disediakan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung. Caranya dengan mengunjungi kami di Bio Service Point yang tersebar di beberapa kota.

Bagaimana dengan pembelian di online shop? Tentu saja bisa. Produk kami memang telah tersedia di berbagai toko daring. Jadi silahkan cari dan pesan produk kami di online shop yang menjadi langganan Anda dalam belanja.

Simpulan tentang Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam

Beberapa poin bisa disimpulkan berdasarkan penjelasan di atas:

  1. Material batu alam adalah salah satu material yang paling sering digunakan untuk membuat lantai hingga dinding bangunan.
  2. Tembok batu alam menawarkan berbagai hal yang berbeda dari tembok biasa yang terbuat dari batu bata atau batako dilapisi semen.
  3. Bila Anda hendak memasangnya, tentu akan lebih baik mengetahui dan memahami dulu kelebihan dan kekurangan dinding batu alam tersebut.
  4. Kelebihan tembok natural stone antara lain terletak pada estetikanya yang menarik dan bisa membuat harga jual rumah meningkat. Sedangkan kekurangannya antara lain terletak pada harganya yang mahal dan pemasangannya yang tak boleh dilakukan sembarangan.
  5. Berdasarkan penjelasan di atas, tentu sebaiknya kita menentukan memasang natural stone wall berdasarkan kecocokannya dengan kebutuhan kita. Yang jelas, untuk natural stone yang cantik, perekatannya harus didukung dengan lem yang bagus seperti Eva Phaethon.

Semoga informasi ini bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here