Pilih Lem Kayu untuk Finger Joint yang Kuat namun Mudah Meresap!

0
1610
finger joint

Apakah cukup memilih lem kayu untuk finger joint yang kuat saja? Nyatanya tidak demikian. Selain daya rekat, Anda juga harus memperhatikan tingkat peresapan lem.

finger joint

Tingkat peresapan atau daya resap memang aspek yang jarang diperhatikan. Padahal aspek ini memiliki peran luar biasa menentukan estetika produk yang dilem dengan finger joint. Coba saja bayangkan bila lem tidak mudah meresap. Apa yang akan terjadi? Sudah barang tentu akan timbul lapisan film lem pada sambungan itu. Lapisan film lem ini bukan hanya membuat produk nampak buruk, namun juga menyebabkan perekatan menjadi tidak stabil.

Idealnya, perekat yang digunakan bisa masuk ke dalam substrat kayu. Kemudian bahan lem tersebut mengikat material kayu untuk kemudian berikatan saling silang dengan monomer sesama lemnya. Dengan cara ini, finger joint akan lebih kuat namun tidak tampak buruk. Produkpun terlihat lebih rapi dan menarik karena tidak ada lapisan film lem yang muncul.

Bagaimana dengan Lem Kayu untuk Finger Joint yang Kuat Crossbond?

Lantas bagaimana dengan Crossbond? Pada berbagai artikel sebelumnya, kami sering merekomendasikan Crossbond karena tingkat kekuatannya yang sangat baik. Adhesive ini didesain dengan inner cross linker yang membuatnya ekstra kuat. Namun bukan itu saja kelebihan Crossbond. Dilihat dari daya serapnya, Crossbond juga merupakan tipe lem yang bisa merasuk dengan baik ke dalam material kayu. Sehingga adhesive ini memang cocok digunakan untuk penyambungan finger joint.

crossbond

Ada setidaknya dua hal yang membuat Crossbond memiliki daya resap yang baik dan tidak menyebabkan lapisan film lem.

Viskositas Sesuai

Crossbond didesain dengan viskositas yang cocok untuk aplikasi finger joint. Sehingga lem ini akan lebih mudah diaplikasikan karena tidak sukar merasuk gara-gara viskositas yang tak sesuai.

Bisa Digunakan pada Berbagai Jenis Kayu

Secara kimiawi, Crossbond cocok digunakan untuk berbagai jenis kayu. Asalkan tidak ada kasus-kasus khusus, lem kayu ini pasti akan memberikan performa terbaiknya.

finger joint (5)

Nah, demikianlah mengapa Crossbond bisa meresap dengan baik ke dalam kayu. Lem kayu untuk finger joint yang kuat ini rupanya memiliki fitur unggulan untuk sambungan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here