Ayo Bikin Kotak Cantik dengan Lem Kayu untuk Finger Joint Terbaik!

0
1121
clamp press finger joint

Yuk, buat kotak cantik dengan sambungan finger joint. Hanya dengan lem kayu untuk finger joint terbaik Crossbond, Anda sudah bisa menghasilkan aneka kotak menarik yang serba guna. Berbagai kotak yang Anda hasilkan nantinya bisa digunakan untuk keperluan pribadi maupun untuk dijual. Simak saja langkah-langkahnya di bawah ini.

finger joint kotak bagus

Alat dan Bahan

Sediakan lem kayu Crossbond, material kayu yang dibutuhkan (banyaknya sesuai jumlah dan luas kotak), clamp press, table saw, finishing, kuas, penggaris, alat tulis, dan amplas.

Langkah-langkah Membuat Kotak dengan Lem Kayu untuk Finger Joint Terbaik

Potong Kayu

Pertama, potong kayu berbentuk kotak sesuai desain yang Anda inginkan. Amplas permukaan kayu agar lebih halus dan rata.

CS Lem Kayu

cara aplikasi finger joint pemotongan

Buat “Finger” atau Jari-jari

Dengan table saw, buat jari-jari pada tiap ujung papan kayu yang sudah Anda amplas. Sesuaikan ukurannya agar sama pada semua kayu yang akan disambung. Pastikan ujung kayu satu bisa disambungkan dengan ujung kayu lain seperti ketika kedua tangan kita ditangkupkan.

Finishing (Opsional)

Langkah ini merupakan langkah opsional. Jadi Anda tak perlu selalu harus mengaplikasikannya saat membuat kotak.

Nah, bagi Anda yang ingin menghasilkan kotak dengan box joint (nama lain finger joint) yang warnanya berbeda, aplikasikanlah cat yang berbeda. Bila warnanya cenderung sama, aplikasikan saja pada bagian akhir langkah ini.

Pengeleman

Aplikasikan lem kayu untuk finger joint terbaik Crossbond pada jari-jari dan sela jari box joint. Oleskan dengan merata menggunakan kuas atau alat lainnya yang sekiranya mudah digunakan. Bila perlu, biarkan sebagian finger terlalu mencuat. Nantinya bagian yang terlalu maju ini bisa diamplas.

cara membuat finger joint

Perekatan

Tangkupkan kotak-kotak Anda.

Clamp Press

Gunakan clamp press agar posisi media yang dilem stabil dan tertahan. Sehingga pengeleman bisa benar-benar menghasilkan perekatan yang kuat.

clamp press finger joint

Demikianlah cara membuat kotak dengan lem Crossbond. Agar kotak makin cantik, proses finishing atau pelukisan bisa dilakukan. Anda juga bisa menggunakan dua kayu yang berlainan agar hasilnya lebih menarik. Namun ingat, pastikan kedua kayu tersebut cocok disambungkan bersama dengan joinery ini. Mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi? Yuk, buat kotak dengan lem kayu untuk finger joint terbaik Crossbond!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here