Harus Tepat Gunakan Lem Kayu untuk Finger Joint

0
1645
Lem Kayu Untuk Finger Joint

Ada banyak keuntungan mengaplikasikan sambungan finger joint. Namun berbagai keuntungan tersebut tak akan bisa Anda nikmati bila Anda salah menggunakan lem kayu untuk finger joint.

Lem Kayu Untuk Finger JointBoks joint atau finger joint merupakan salah satu teknik wood joinery yang paling banyak diterapkan. Bentuk sambungan menyerupai jari yang bila disatukan seperti orang bersalaman. Tipe ini menjadi salah satu sambungan yang memiliki banyak keuntungan. Setidaknya, di bawah ini adalah 3 keuntungan umum yang biasa diasosiasikan dengan finger joint:

  1. Mudah bila diaplikasikan dengan teknik, alat, dan bahan yang tepat
  2. Kuat
  3. Memiliki estetika menarik. Finger joint bisa dibilang sangat cantik bila dibandingkan dengan wood joinery lainnya yang bisa merusak keindahan produk.

Sambungan ini dapat diaplikasikan ke berbagai kebutuhan pengolahan kayu. Pembuatan furniture seperti meja hingga konstruksi atap adalah contoh-contoh aplikasi finger joint dalam kehidupan sehari-hari.

Pentingnya Lem Kayu untuk Finger Joint

Seperti disebutkan di atas, salah satu keuntungan finger joint adalah kemudahannya dikerjakan. Namun, kemudahan ini memerlukan syarat teknik, alat, dan bahan yang tepat. Untuk masalah teknik, tentu kita harus mempelajarinya secara perlahan. Bagaimana dengan alat dan bahan?

Lem yang menjadi bahan wajib sambungan ini memiliki dampak besar pada kualitas sambungan finger joint yang dilakukan. Keberhasilan sambungan ini pun tak jarang terkait dengan adhesive yang dipakai. Lem bukan sekedar mendukung terikatnya jari-jari finger joint, namun juga membantunya menjadi lebih stabil.

Lantas lem apa yang tepat dipilih?

Karena finger joint masuk dalam kategori sambungan konstruksi, maka lem yang bisa digunakan adalah Crossbond X3. Dengan bahan dasar PVAc termodifikasi, Crossbond akan memberikan performa unggulan sebagai lem kayu untuk finger joint:

  1. Memiliki daya rekat kuat
  2. Stabil dan tahan lama
  3. Mudah diaplikasikan
  4. Murah
  5. Aman dengan standar internasional
  6. Penggunaan hemat

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, tentu sambungan Anda akan jauh lebih baik.

Tips lainnyaLem Kayu Untuk Finger Joint

Selain masalah lem, ada faktor lain yang harus diperhatikan saat mengaplikasikan finger joint. Yang pertama adalah jenis kayunya. Beberapa kayu seperti pinus termasuk mudah diaplikasikan dengan teknik ini. Sedangkan kayu lain yang lebih keras seperti oak cenderung memberikan kesulitan ketika coba dikenakan teknik ini.

Faktor kedua yang tak kalah penting diperhatikan adalah presisi pembuatan jari-jari sambungan. Semakin tepat, tentu juga akan semakin baik. Ketepatan seperti ini bila berkombinasi dengan lem kayu untuk finger joint yang tepat jelas akan menghasilkan kemantapan sambungan yang luar biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here